Berita

5 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker!

Anda tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengar tentang madu. Ya, cairan yang dihasilkan lebah dan sering dijadikan bahan makanan ini sejak dulu memang dikenal memiliki banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia, khususnya dari segi kesehatan.

 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang kurang mengetahui khasiat positif madu dan hanya menggunakannya sebagai bahan makanan atau pemanis hidangan semata. Untuk itu, kali ini Anda akan diajak untuk mengenal lebih dekat sekaligus mengetahui lebih dalam lagi apa saja manfaat positif madu bagi kesehatan manusia. 

 

BACA JUGA: Madu Bisa Menghilangkan Hal Ini?

 

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Manusia

 

Madu sendiri sejatinya memiliki beberapa jenis dan kandungan yang punya manfaat masing-masing bagi para pengonsumsinya. Nutrisi, enzim, antiseptik dan antibakteri adalah beberapa contoh kandungan yang terdapat pada madu. Dari begitu banyak manfaat yang mungkin dihasilkan madu, berikut ini lima di antaranya: 

 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

manfaat madu 1

Sumber Gambar: GreenMedInfo

 

Memiliki tubuh yang kebal tentu menjadi impian semua orang. Punya kekebalan tubuh yang baik berarti mengurangi risiko terserang berbagai macam penyakit. Selain mengonsumsi berbagai jenis multivitamin atau suplemen, madu juga jadi pilihan ampuh untuk menjaga kekebalan tubuh.

 

Bukan hanya menjaga, kandungan yang ada di dalamnya bahkan juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Madu memiliki dua kandungan penting yaitu antioksidan dan antibakteri. Dua kandungan ini menjadikan madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. 

 

2. Meningkatkan Stamina dan Energi

 

Rasa manis yang ada madu disebabkan adanya unsur gula yang terkandung di dalamnya. Ya, gula adalah salah satu kandungan yang bisa meningkatkan stamina Anda. Madu sendiri memiliki kombinasi sempurna dari glukosa dan fruktosa yang masing-masing memberi sumber energi dan menjadikan sumber energi tersebut lebih stabil.

 

Kelebihan madu dibanding gula lainnya adalah lebih terkontrol dalam hal kadar gula darah. Komposisi gula yang ada pada madu jauh lebih baik dan memiliki risiko lebih kecil sehingga aman untuk dikonsumi, bahkan oleh penderita diabetes sekalipun.

 

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

 

manfaat madu 3

Sumber Gambar: Z Living 

 

Selain kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan dan segala hal yang terkait dengannya juga terjaga dengan mengonsumsi madu. Kaya akan fitonutrien, madu dapat mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan perut sebut saja diare atau luka di lambung.

 

Mengonsumsi madu di pagi hari sebelum sarapan, atau sebagai salah satu menu sarapan dengan roti, wafel atau pancake memberi manfaat baik bagi pencernaan. Tentunya sambil diimbangi dengan pola makan yang baik dan hindari mengonsumsi makanan kurang bersih.

 

4. Menyembuhkan dan Mengatasi Luka, Infeksi, Alergi

 

Selain di dalam, madu juga memiliki banyak manfaat positif untuk tubuh bagian luar. Meski terasa manis, madu nyatanya memiliki kandungan antibakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan, madu juga dapat mereduksi infeksi yang ada pada luka.

 

Anda yang memiliki masalah berupa alergi pada makanan atau hal tertentu, madu juga dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dibanding menggunakan plasebo, kandungan yang ada di dalam madu diyakini lebih mujarab untuk mengatasi alergi, khususnya yang bersifat musiman.

 

5. Mencegah Penyakit Degeneratif

 

manfaat madu 5

Sumber Gambar: Paradigm Pure Health 

 

Mengonsumi madu ternyata memiliki dampak luar biasa untuk mencegah penyakit. Tidak tanggung-tanggung, penyakit degeneratif yang tergolong berat nyatanya mampu Anda cegah atau setidaknya diminimalisir dengan mengonsumsi madu secara teratur.

 

Madu dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan koleterol jahat (LDL) sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebagai antioksidan dengan kandungan flavonoid yang tinggi, madu juga dapat meminimalisir sekaligus mencegah risiko penyakit kanker.

 

Madu Murni dan Alami 

 

Selain lima manfaat di atas, sejatinya masih banyak lagi khasiat positif madu bagi kehidupan, apalagi jika tingkat kemurnian dan kealamian madu tersebut lebih tinggi. Bicara madu murni dan alami, maka Anda tidak bisa melewatkan HDI NaturalsTM Clover Honey. Madu yang dibuat tanpa melalui proses penambahan air dan pengawet, serta tanpa proses pemanasan dan penyaringan mampu menghasilkan khasiat maksimal bagi kesehatan tubuh.

 

Referensi:

Gunnars, Kris. (2018). Healthline. Surprising Health Benefits of Honey.

 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com