Berita

Penyakit Degeneratif, Pahami Jenis dan Penyebabnya

Kesehatan itu mahal, namun sakit bisa jadi lebih mahal. Ungkapan barusan pasti sering atau setidaknya pernah Anda dengar. Ada benarnya jika kita melihat fakta mahalnya biaya pengobatan saat ini, khususnya untuk menangani berbagai jenis penyakit degeneratif.

 

Apakah penyakit degeneratif itu? Penyakit degeneratif adalah kondisi atau penyakit yang terjadi ketika organ atau jaringan tertentu keadaannya terus menurun seiring berjalannya waktu. Lebih parahnya, organ dan jaringan tersebut mengalami kerusakan di mana kerusakan tersebut bersifat kronis (mengalami penghancuran).

 

BACA JUGA: Waspadai dan Cegah Wabah DBD dengan Cara Ini

 

Jenis-jenis Penyakit Degeneratif

 

Berikut ini beberapa jenis penyakit degeneratif yang seringkali dialami, terutama untuk kategori usia dewasa hingga lansia. Sejatinya ada banyak penyakit yang bisa digolongkan sebagai penyakit degeneratif, namun empat penyakit di bawah ini termasuk yang paling sering terjadi:

 

1. Kanker

 

penyakit degeneratif kanker

Sumber Gambar: Medical News Today 

 

Hingga kini, kanker adalah penyakit yang masih belum ditemukan obatnya. Ironisnya, penyakit yang satu ini termasuk salah satu yang paling banyak merenggut nyawa manusia. Penyakit ini sendiri terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan tubuh yang sehat.

 

Secara umum, hal itu bisa terjadi karena adanya mutasi (perubahan) gen dalam sel. Hal-hal yang memicu terjadinya mutasi gen antara lain kebiasaan merokok, jarang berolahraga, virus, paparan radiasi, kontaminasi bahan kimia, hormon, peradagangan bersifat kronis hingga obesitas.

 

2. Penyakit Jantung

 

penyakit degeneratif serangan jantung

Sumber Gambar: Diet Doctor 

 

Selain kanker, serangan jantung atau yang juga sering disebut kardiovaskuler juga jadi salah satu penyakit degeneratif yang banyak terjadi di masyarakat. Serangan jantung umumnya dipicu oleh penyumbatan pada pembuluh darah, gangguan irama jantung, cacat jantung bawaan atau berbagai kondisi jantung lainnya.

 

Penyakit ini juga tidak ada obatnya. Beragam jenis penindakan yang bisa dilakukan hanya bersifat mencegah atau menringankan gejala sakit yang timbul. Dalam beberapa kasus, operasi dibutuhkan untuk meredakan serangan ini. Alternatifnya antara lain menggunakan alat pacu jantung, membuka pembuluh darah yang tersumbat hingga memperbaiki katup.

 

3. Diabetes

 

penyakit degeneratif diabetes

Sumber Gambar: Michael Murray 

 

Penyakit berikutnya adalah diabetes. Terdiri dari berbagai jenis atau tipe, diabetes yang paling banyak dialami adalah diabetes tipe 2 atau yang populer dengan istilah penyakit kencing manis. Meski sekilas terlihat tidak terlalu parah, kencing manis jika dibiarkan tanpa pengobatan bisa memicu terjadinya kerusakan organ tubuh sebut saja ginjal, saraf, hati atau mata.

 

Pada umumnya, diabetes tipe 2 juga disebabkan oleh gaya atau pola hidup yang buruk atau tidak sehat. Selain jarang berolahraga, konsumsi makanan manis alias yang mengandung kadar gula tinggi jadi faktor utama yang memicu timbulnya diabetes tipe 2.

 

4. Osteoporosis 

 

penyakit degeneratif osteoporosis

Sumber Gambar: University Hosipitals

 

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah salah satu penyakit bersifat degeneratif yang menyerang hanya bagian tulang manusia. Meski begitu, penyakit yang satu ini bisa sangat menyulitkan dan menyakitkan untuk penderitanya. Bahayanya, penyakit yang satu ini memiliki gejala yang tergolong samar.

 

Pengeroposan tulang disebabkan oleh kerusakan jaringan tulang yang terjadi lebih cepat ketimbang produksi sel-sel tulang baru. Faktor penyebabnya antara lain gaya hidup yang malas bergerak, kalsium yang rendah, kurangnya hormon estrogen selama masa menopause hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

 

Penyebab penyakit degeneratif adalah.. 

 

Penyakit-penyakit di atas sejatinya bisa Anda hindari jika mengetahui dengan baik apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Seperti sudah sedikit disinggung pada penjelasan tiap penyakit, hal utama yang menyebabkan munculnya penyakit degeneratif umumnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Cara menghindarinya? Tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

 

Gaya dan pola hidup sehat bisa Anda terapkan dengan rajin berolahraga, menjaga istirahat cukup dan tentunya mengonsumsi makanan sehat. Imbangi pula konsumsi makanan sehat dengan vitamin atau suplemen pendukung. Menangkal risiko penyakit degeneratif, Anda bisa mengonsumsi secara rutin paket 4 STAR Pack yang terdiri dari HDI NaturalsTM Clover Honey, HDI OriginsTM Royal Jelly, HDI OriginsTM Pollenergy 520 dan HDI OriginsTM Bee Propolis

 

Referensi:

Jones, Chairmaine M. (2007). ScienceDirect. Degenerative Disease: an overview.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com