Berita

Hati-hati Dampak Cuaca Ekstrem pada Kulit!

BeeFams, sebagai organ terbesar tubuh, kulit memilki peran dan berbagai fungsi dalam melindungi tubuh kita. Karenanya, penting menjaga kesehatan kulit dari berbagai hal yang bisa mengganggu, contohnya perubahan cuaca ekstrem yang belakangan ini meningkat.

 

 

Hai, BeeFams! Mungkin di antara BeeFams pernah merasakan cuaca yang belakangan ini sangat panas, dan sebaliknya, curah hujan justru menurun atau tidak sebanyak biasanya di musim hujan.

 

Tahukah BeeFams? Ternyata kedua hal itu menjadi dua gejala terjadinya perubahan cuaca ekstrem, loh. Dari kejadian ini pula bisa menimbulkan berbagai gangguan di kehidupan kita, salah satunya bisa terjadi masalah pada kulit kita. Sebab, kulit kita memiliki tingkat kepekaan cukup tinggi terhadap perubahan cuaca dan menjadi organ terluar yang paling terpapar.

 

Hal tersebut bisa memicu masalah kesehatan dermatologis, sebab banyak penyakit kulit sensitif pada iklim. Misalnya, saat cuaca semakin panas, risiko terkena masalah kesehatan kulit pun makin besar.

 

Apa saja sih dampak lain saat terjadi perubahan cuaca ekstrem?

 

Nah, beberapa hal bisa terjadi mulai dari infeksi kulit, hingga lingkungan yang hangat dan lembab membuat rentannya perpindahan bakteri serta jamur penyebab penyakit kulit. Penyakit dermatitis kontak misalnya, rentan terjadi saat banjir karena air banjir sering terkontaminasi pestisida dan bahan kimia lain.

 

Begitu juga dengan lapisan ozon semakin menipis, sinar UV jadi lebih banyak menyinari bumi. Dampaknya, risiko kanker kulit bisa meningkat dan penuaan kulit sebelum waktunya karena kolagen mengalami kerusakan.

 

Saat sinar matahari berkepanjangan, kulit kamu bisa jadi sasaran utama dampak cuaca ekstrem. Namun, jangan khawatir, BeeFams! Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap segar dan sehat di bawah cuaca yang berubah-ubah:

  1. Jangan lupakan teman setiamu, tabir surya! Bukan hanya sebagai perlindungan, tetapi juga penyelamat kulit dari sinar UV yang membahayakan. Selain itu, pilihlah produk perawatan kulit yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori untuk menjaga keseimbangan kulit.
  2. Hindari paparan panas matahari secara langsung dengan menggunakan payung, topi, baju lengan panjang berbahan katun atau yang mudah menyerap keringat, dan kacamata hitam.
  3. Setelah beraktivitas di luar, jangan lupa mandi, ya! Mandi bisa membantu membersihkan kotoran dan keringat, serta menjaga kulitmu tetap segar dan terhindar dari iritasi.
  4. Konsumsi makanan tinggi antioksidan dan perbanyak minum air putih 1,5 – 2 liter setiap harinya.

 

Semoga tips-tips ini bisa bantu jaga kesehatan kulitmu dan keluarga ya, BeeFams! •

 

Sumber

 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com