Berita

Simple tapi Krusial! Ini Cara Tingkatkan Rasa Percaya Diri di 2024

BeeFams, tahu nggak? 


Bulan Februari ini adalah bulan paling menakutkan untuk para introvert.

Kenapa? Karena harus ketemu dan bersosialisasi dengan banyak orang. Mulai dari Imlek, Valentine, sampai Pemilu. Ketiganya menjadi ajang untuk bersosialisasi – dari ketemu keluarga besar, sampai para tetangga 1 RT. 

 

Jangan lupa siapin kesehatan, baterai energi biar gak gampang capek pas sosialisasi, dan paling penting: kepercayaan diri. Kepercayaan diri itu gak cuma penting untuk memotivasi diri sendiri loh, tapi saat harus berkomunikasi dengan orang lain juga. 

Faktanya, hampir 50% penduduk di Asia ini kekurangan kepercayaan diri loh.

 

Padahal, rasa percaya diri punya peran besar dalam menjalin relasi dengan orang lain dan meraih kesuksesan loh. Dengan kepercayaan diri pula kamu dapat meminimalisir rasa cemas, dan kamu juga tidak mudah jatuh saat dihadapkan dengan tantangan.

Faktor kekurangan rasa percaya diri bisa macam-macam: 

 

  1. Trauma pernah disepelekan saat kecil 
  2. Faktor lingkungan sosial yang tidak mendukung dalam pembentukan kepercayaan diri
  3. Kebiasaan berpikir negatif dan merasa lebih percaya omongan orang lain

 

Ada yang merasa pernah mengalami faktor-faktor diatas? 

Gak masalah, BeeFams. Yang penting kamu siap untuk berubah menjadi lebih percaya diri mulai sekarang! Jika kamu lebih percaya diri, kamu bisa menjadi orang yang: 

 

  1. Berani bersosialisasi dan menjalin relasi dengan banyak orang
  2. Mau dipuji atau dicaci, yang penting yakin sama diri sendiri! 
  3. Berani gagal dan mencoba sesuatu yang baru!
  4. Pantang iri sama orang lain karena yakin dirinya juga bisa mencapai kesuksesan

 

Nah, pastinya menjadi percaya diri akan membantu aspek hidup kamu dalam berbagai sisi. 

Tapi seperti yang kita semua yakini, gak ada yang instan di dunia ini. Untuk memupuk rasa kepercayaan diri pun butuh proses, dan kamu bisa mulai dari hal-hal yang simple TAPI krusial! 


Berikut tips-tips mudah tingkatin rasa PD versi MinDI:

  1. Kenali dan apresiasi diri sendiri! 
    Coba deh kenali dirimu lebih dalam. Gali kelebihan dan keunikanmu! Yakini bahwa semua orang punya peran dan kekuatan masing-masing. Kamu bisa mulai dengan menulis list pencapaian dan kesuksesanmu, sekecil apapun itu. 

  2. Atasi rasa takut, terjang tantanganmu
    Rasa berhasil mempelajari skill baru dan menyelesaikan tantangan menjadi 2 hal yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu. Pelan-pelan, setiap berhasil dalam melakukan sesuatu, kamu akan menjadi lebih kuat. Growth thinking is the way! Jangan jadikan kegagalan masa lalu sebagai hambatan, tapi jadikan hal itu motivasi untuk bertumbuh lebih baik kedepannya.  

  3.  Perhatikan penampilan diri 
    Merawat penampilan dan mempunyai postur tubuh yang baik dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri juga loh! Pilih pakaian yang kamu rasa paling cocok denganmu, dan jangan lupa jaga kebersihan tubuh, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pasti gak mau kan kalau penampilan kita terlihat tidak terawat (berantakan / bau) saat sedang berkomunikasi dengan orang lain?


Nah ngobrolin soal penampilan diri, gak afdol kalau gak ngomongin bau mulut dan gigi cerah. Apalagi kalau lagi mau ngobrol sama lawan jenis atau partner kerja, gak enak banget kalau sampai mereka gak nyaman sama kita. 

 

Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa coba rutin sikat gigi 2X sehari pakai Better Botanics Propolis Whitening Toothpaste dan kumur-kumur dengan Better Botanics Propolis Mouthwash. 2 produk unggulan HDI ini mengandung ekstrak propolis yang bekerja sebagai penangkal bakteri di mulut, mencegah bau mulutmu dan menjaga kesegarannya lebih tahan lama! Yakin deh hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri kamu saat harus berbicara dengan orang lain. 

 

Cuma khusus di bulan ini aja, kamu bisa coba 2 produk tersebut di Promo Healthy Smile. Beli 2 Better Botanics Propolis Whitening Toothpaste & 2 Better Botanics Propolis Mouthwash, bakal dapat GRATIS 2 Bamboo Toothbrush ramah lingkungan loh! 

 

Inget ya BeeFams, cuma di bulan ini! Jadiii pastiin kamu gak lupa atau ketinggalan promonya ya! 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com