Berita

Si Kecil Hobi Menghisap Jempol Hingga Memasuki Usia Sekolah?

Si Kecil Hobi Menghisap Jempol Hingga Memasuki Usia Sekolah


Banyak anak yang memiliki kebiasaan menghisap jempol sebagai salah satu cara mereka mengatasi stres, rasa cemas, atau sekadar menghibur diri. Meskipun tampak sebagai kegiatan yang tidak berbahaya, menghisap jempol secara terus-menerus pada anak dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mereka loh bun! Yuk, kita cari tahu apa saja sih dampaknya bagi kesehatan si kecil?


Gangguan Posisi Gigi dan Mulut

Kebiasaan menghisap jempol dapat menyebabkan perubahan dalam posisi gigi dan pertumbuhan rahang pada anak. Tekanan yang konstan dari jempol yang disedot dapat menyebabkan gigi mengalami pergeseran ke depan atau maloklusi (ketidaksesuaian posisi gigi atas dan bawah). Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti gigitan terbalik atau celah di antara gigi.


Gangguan Pertumbuhan Tulang Wajah

Selain memengaruhi posisi gigi, kebiasaan menghisap jempol juga dapat memengaruhi pertumbuhan tulang wajah anak. Tekanan yang berulang-ulang pada rahang atas dapat menyebabkan rahang atas menjadi lebih sempit, dan mengganggu perkembangan tulang wajah secara keseluruhan.

Gangguan Berbicara

Kebiasaan menghisap jempol pada anak yang berlanjut dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi perkembangan bicara. Aktivitas menghisap jempol dapat mengganggu posisi lidah dan gerakan lidah yang penting dalam pengucapan suara yang jelas dan lancar.


Bakteri

Jempol atau ibu jari adalah bagian tubuh yang paling sering terpapar kuman dan bakteri. Misalnya, saat si kecil bermain, memegang tanah ataupun bermain di luar. Menghisap jempol yang kotor dapat meningkatkan risiko masuknya bakteri ke dalam tubuh. Bila dibiarkan, hal ini bisa menjadi celah baru bagi bakteri untuk berkembang dan membuat tubuh si kecil menjadi sering sakit.


Untuk itu, bunda harus bisa mengalihkan kebiasaan ini dengan memberikan pemahaman serta mengajarkan si kecil untuk hidup lebih sehat. Beberapa hal yang bisa bunda lakukan diantaranya adalah membantu si kecil untuk menemukan cara lain untuk mengatasi stres atau rasa cemas tanpa harus menghisap jempol. Ajak mereka untuk mencoba aktivitas yang lebih positif seperti memegang mainan, merangkul boneka, atau berbicara dengan orang tua atau teman.


Penting diingat untuk menghindari menghukum atau menakut-nakuti anak agar berhenti menghisap jempol. Pendekatan yang lebih positif dan penuh dukungan akan lebih efektif dalam membantu anak mengatasi kebiasaan tersebut.


Selain itu, bantu si kecil jaga kesehatan tubuhnya dengan Propoelix™!

Propoelix™ sangat baik untuk bantu menjaga kesehatan si kecil karena memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kaya akan anti-oksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.


Jika dirasa terlalu pahit, bunda juga bisa loh mencampurnya dengan 120ml HDI Naturals™ Clover Honey.


Yuk, bunda kita terapkan kebiasaan sehat mulai dari sekarang bersama Propoelix™, Imun Booster Terfavorit Indonesia!

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com