Berita

Apa Yang Akan Terjadi Kalau Lebah Lenyap dari Bumi?

Hai BeeFams!


Happy World Bee Day!

Di hari yang spesial ini, MinDI mau tanya nih sama kalian, pernah nggak sih kalian membayangkan apa jadinya kalau dunia ini nggak ada lebah?


Kira-kira apa sih dampaknya bagi kehidupan manusia?


Ternyata, dampaknya besar banget loh BeeFams!


Di dunia ini, diperkirakan ada sekitar 20.000 spesies lebah. Mulai dari lebah Perdita minima yang mungil, hingga spesies lebah kayu yang seukuran buah jeruk. Semua lebah ini, memiliki tanggung jawab yang sama yaitu sebagai penyerbuk. 


Lebah bekerja dengan cara membawa serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya, bersamaan dengan proses tersebut, terjadilah proses produksi buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Bahkan, lebah memberi andil dari 35% produksi tanaman di dunia dan juga berperan dalam meningkatkan hasil produksi dari 87 tanaman pangan utama di seluruh penjuru bumi,

Banyak petani mengandalkan lebah dalam menyerbuki tanaman pertanian mereka, contohnya adalah apel. Kalau nggak ada apel di bumi, kita nggak bisa lagi menikmati apel loh! 

Selain itu, sejumlah ahli berpendapat, jika tidak ada lebah di bumi, sebanyak 80% pertanian dunia akan runtuh. Tanpa lebah, kita tak akan lagi bisa menikmati brokoli, asparagus, melon, mentimun, labu, blueberry, semangka, almond, ceri, apel, almond, jeruk dan alpukat.

Dengan mempertimbangkan sekitar 850 juta orang di seluruh dunia saat ini menderita kekurangan makanan, ditambah fakta bahwa populasi global akan membengkak menjadi sembilan miliar pada 2050 mendatang, peran lebah akan semakin dibutuhkan untuk menghindari kelangkaan bahan pangan. Kondisi ini berlaku baik untuk level lokal, nasional, regional, maupun global.

Selain itu, lebah juga menghasilkan berbagai zat yang bisa dimanfaat manusia untuk kesehatan seperti madu, serbuk sari (polen), royal jelly, propolis serta sarang lebah yang bisa dikonsumsi.

Lalu bagaimana cara menjaga kelestarian lebah?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Tapi, cara paling mudah adalah dengan tidak mengganggu lebah di habitatnya. Lebah nggak akan menyengat kalau nggak di ganggu loh, jadi tidak perlu takut kalau ketemu lebah ya!. Kamu juga bisa menanam tanaman yang disukai lebah di rumah.

Selain itu, kamu juga bisa mampir ke HDI Hive Garden loh!

 

Di HDI Hive Garden berada di bagian atap gedung HDI Hive. Di sana, kamu bisa menikmati suasana dan ketenangan alam di tengah hiruk pikuk kota. Ada berbagai jenis bunga-bunga cantik yang memikat mata. Nggak cuma itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan para lebah. 

Selain itu, HDI Hive Garden juga memiliki manfaat lain yaitu menjadikan pikiran jadi lebih tenang, mengurangi polusi dan cocok untuk tempat bersantai.

 

Tunggu apalagi? Yuk berkunjung ke HDI Hive Garden! 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com