Berita

Mengenal Sosok Peter Chia, Founder HDI Indonesia

Apa yang kamu ketahui tentang HDI? Mungkin kamu tahu seputar produk HDI dan bisnisnya. Kesuksesan yang diraih HDI hingga saat ini tentu tak lepas dari peranan pendirinya, Peter Chia. Yuk, kenalan lebih dekat dengan Peter Chia.

 

Peter Chia lahir pada tanggal 30 Desember di Singapura. Lahir di keluarga yang sederhana, ia merasa masa kecilnya menyenangkan. Meski dalam keterbatasan ekonomi, selalu bisa kreatif dalam menciptakan permainan. Peter Chia dan kawan-kawannya kerap bermain di luar rumah: menangkap laba-laba atau bermain dengan kecebong.

 

Peter Chia menjalani studi di Sekolah Menengah Queenstown. Sejak masih sekolah, ia sangat menyenangi bermain sepak bola, namun tidak terlalu suka belajar. Kemudian, beliau lanjut bersekolah di Beatty School Level A pada tahun 1965.

 

2 tahun kemudian, Peter Chia lulus dengan gelar General Science, Jurusan Matematika. Pada tahun 1971, ia meraih gelar Diploma Administrasi Bisnis dan sempat bekerja di universitas sebagai Administrator.

 

Orang tua Peter Chia adalah pasangan yang tradisional, keduanya mengajarkan Peter Chia untuk menjadi orang yang taat dan konservatif. Bagi mereka, mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan adalah salah satu tanda kesuksesan. Namun, Peter Chia tidak sependapat dengan mereka dalam hal itu dan memilih jalan berbeda.

 

Suatu ketika, Peter Chia bertemu dengan Armstrong Elizabeth Louise Kim. Pertemuan ini kemudian membawa mereka ke pelaminan pada 15 Juni 1973, dan hubungan ini membuat pribadi Peter Chia lebih berkembang. Beliau mengakui, bagaimana hidup secara harmonis. “Sejak bersamanya, saya menyadari bahwa kepribadian saya berkembang dan menjadi lebih introspektif,” ceritanya.

 

Peter Chia Wedding

 

Pada tahun 1980, Peter Chia meninggalkan pekerjaannya di IBM setelah 9 tahun mengabdi untuk memulai bisnisnya sendiri, yaitu menjual properti dan perlengkapan alat kantor 3M. Ia pun memulai Macroserve Pte Ltd.

 

Sekitar tahun 1984, Peter Chia membaca artikel di majalah TIME, tentang kisah presiden Amerika Serikat Ronald Reagan dan sang istri yang menyukai Bee Pollen. Beliau pun membuka hubungan dengan CC Pollen untuk membeli produk-produk yang akan dijual di Singapura. Namun sayangnya, penjualan dengan cara ritel konvensional sangat rendah.

 

Ronald Reagan Times

 

Tanpa anggaran untuk beriklan, beliau memutuskan untuk menyusun rencana pemasaran dasar (basic marketing plan) untuk mendistribusikan produk secara langsung melalui individu atau yang dikenal sebagai Jaringan Pemasaran (Network Marketing). Bahkan, hal ini juga dianggap secara luas sebagai perusahaan MLM pertama yang didirikan di Singapura.

 

Pada tanggal 3 Mei 1986 pertama kali diadakan Business Opportunity Meeting di YMCA Stevens Road. Di hari tersebut High Desert resmi berdiri.

 

Setahun kemudian, pada tahun 1987, Peter Chia memperluas bisnisnya dan membuka High Desert Malaysia, menyusul di Filipina pada tahun 1989, Hongkong pada tahun 1991, dan akhirnya pada tahun 1993 di Indonesia. Di tahun yang sama, produk-produk High Desert mendapat akreditasi Halal dari berbagai pihak yang berwenang.

 

Tahun 1994, HDI telah mencetak prestasi sebagai perusahaan network marketing yang perkembangannya paling pesat di Asia. HDI juga menjadi mitra suplemen kesehatan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

 

HDI KONI

 

Hingga akhirnya, pada tahun 2012, Peter Chia mundur sebagai Chairman HDI, dan secara bertahap mengalihkan tugasnya kepada putranya, Brandon Chia. Saat ini, Peter Chia membantu sebagai penasehat dan memberikan panduan mengenai arahan strategis dari keluarga perusahaan HDI.

 

Tidak bisa dipungkiri, Peter Chia telah dengan sepenuh hati membangun HDI. Pada awalnya, memang, ia tidak benar-benar menyadari apa yang ia lakukan dan tidak memiliki rencana besar. Mengikuti kata hati dan memberikan yang terbaik pada apa yang ia bangun, proses ini tak terlepas dari peran orang-orang yang mau tumbuh bersama-sama dan saling mendukung.

 

PC BC

 

“Apa yang paling saya ingat adalah kekeluargaan itu. Pada akhirnya, bisnis ini memang soal manusia dan kekeluargaan. Tanpa itu, kita tak akan memiliki apa-apa,” kata Peter Chia. Ke depan, ia ingin melihat HDI lebih berkembang dan menjadi sebuah keluarga yang lebih kuat. Ia percaya bahwa HDI berbeda dengan perusahaan lain, karena HDI dibangun dengan cinta dari hati yang terdalam.

 

Bersama, kita mulai awal yang lebih baik. Berdasarkan visi dan misi dari HDI, sejalan dengan harapan dari Peter Chia, kita bisa melakukan perubahan dan dampak untuk generasi yang akan datang: menciptakan lingkungan yang tepat untuk hidup, belajar, mencintai, serta berkembang.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com