Berita

Bikin Batuk dan Radang Tenggorokan, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Berpemanis

Minuman berpemanis dalam kemasan hadir dalam banyak varian dan mudah ditemui di minimarket terdekat domisili kita. Saat cuaca sedang panas-panasnya, nggak jarang pilihan untuk menyegarkan tenggorokan jatuh ke minuman berpemanis ini.

 

Tapi, tahukah kamu, jika sering mengonsumsi dalam jumlah yang banyak, ada efek samping dari kebiasaan minum minuman berpemanis tersebut. Salah satunya adalah kamu bisa mudah batuk dan terserang radang tenggorokan.

 

Apakah memang benar, mengonsumsi minuman berpemanis bisa bikin batuk dan radang tenggorokan? Ketahui faktanya, yuk.

 

61% Warga Indonesia Konsumsi Lebih dari 1 Minuman Manis per Hari

Dilansir dari CNN Indonesia, per September 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat setidaknya 61,27% penduduk Indonesia usia 3 tahun ke atas mengonsumsi minuman manis lebih dari 1 kali per hari.

 

Kemudian, 30,22% orang mengonsumsi minuman manis sebanyak 1-6 kali per minggu, dan hanya 8,51% orang mengonsumsi minuman manis kurang dari 3 kali per bulan.

 

Penyebab Minuman Berpemanis dalam Kemasan Picu Batuk dan Radang Tenggorokan

Beberapa jenis makanan dan minuman memang bisa memicu iritasi pada tenggorokan sehingga membuat batuk. Tidak hanya batuk, makanan dan minuman ini juga bisa membuat tenggorokan terasa gatal, berlendir, bahkan sesak dan mual.

 

Radang tenggorokan atau yang disebut faringitis adalah kondisi umum yang sering terjadi pada anak hingga orang dewasa. Biasanya, kondisi ini menyebabkan gejala seperti tenggorokan kering atau gatal.

 

Dilansir dari alodokter.com, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan mengungkapkan bahwa pemanis buatan sucralose juga bisa menyebabkan batuk dan radang tenggorokan.

 

Faktanya, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan memang dapat memicu radang tenggorokan. Kondisi ini mungkin sering terjadi jika kamu menderita GERD alias asam lambung, dan asam tersebut naik ke kerongkongan.

 

Menurut Oesophageal Patients Association, mengonsumsi makanan atau minuman bergula dalam jumlah yang sedikit tidak berisiko memengaruhi asam lambung. Terlebih, jika makanan tersebut merupakan pemanis alami, seperti madu murni.

 

Kandungan gula yang berlebih bisa merusak saraf vagus yaitu saraf yang mengontrol otot dalam sistem pencernaan.

 

Akibatnya, waktu pengosongan perut akan tertunda sehingga produksi asam lambung meningkat dan menyebabkan penyakit GERD. Asam lambung yang naik kemudian bisa menimbulkan radang di tenggorokan.

 

Terlebih, bila sistem imun kita sedang tidak baik, minuman berpemanis bisa meningkatkan resiko batuk dan radang tenggorokan itu sendiri.

 

Tips Mencegah dan Mengatasi Batuk dan Radang Tenggorokan Akibat Minuman Berpemanis

• Kurangi asupan minuman berpemanis

• Ganti minuman manis yang disukai dengan air putih atau teh hangat

• Istirahat yang cukup

• Banyak makan buah-buahan yang mengandung Vitamin C

• Konsumsi obat batuk alami

 

HOW HDI HELPS?

Brosur HDI NaturalsTM Herbal Remedy

 

HDI Naturals™ Herbal Remedy telah memiliki sertifikasi halal dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) dengan nomor ID00410000403710722.

 

Selain sertifikasi halal, HDI Naturals™ Herbal Remedy juga telah memiliki sertifikat BPOM, No Edar BPOM, dan CPOB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik).

 

Jadi kamu nggak perlu khawatir untuk mengonsumsi HDI Naturals™ Herbal Remedy! Produk ini dapat dikonsumsi seluruh keluarga termasuk anak-anak, serta aman untuk penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui. Beli sekarang di HDI Store atau kunjungi Center terdekat di kotamu.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com