Berita

Menumbuhkan Karakter Diri ala Leader, Tentang Berbagi, dan EVOLVE

Percaya nggak, sosok pemimpin itu mudah kita temui di kehidupan sehari-hari? Sebagai contoh, kakak yang diberi tanggung jawab menjaga adiknya, itu juga adalah sisi kepemimpinan dalam dirinya.

 

Pemimpin tidak harus menjadi atasan dalam perusahaan atau tertua di organisasi, setiap orang bahkan bisa menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri.

 

Menjadi leader atau pemimpin memang tidak mudah. Banyak tantangan baik dari luar maupun dari dalam diri. Dasar dari dalam diri kita harus kuat agar tidak mudah terpengaruh. Karakter pemimpin harus ditumbuhkan mulai dari sekarang.

 

Berikut ini tips menumbuhkan karakter diri dari leader HDI, bicara tentang berbagi dan evolve atau pengembangan diri ke arah yang lebih baik, dirangkum dalam sesi LOVE acara EVOLVE di bulan September 2022 lalu.

 

Tips Menumbuhkan Karakter Diri dari Mulyadi Hartono

Mulyadi Wicke

Leader dengan status recognition Star Crown ini menjadi penampil pertama di EVOLVE pada sesi LEARN untuk membawakan materi, bersama dengan istrinya, Wicke Arinta.

 

Keduanya tampil kompak sembari bernyanyi dan mengajak peserta untuk turut serta. Disambut antusias, pasangan ini membagikan tips-tips inspiratif yang dapat diaplikasikan untuk mencapai kesuksesan di bisnis HDI.

 

Salah satunya adalah tips menumbuhkan karakter diri. “Sering baca buku, sering dengar hal positif, sering ikut pertemuan,” ungkap Mulyadi.

 

Karakter diri harus dipupuk dari pola pikir, dan ketiga hal tadi adalah kegiatan yang bisa dilakukan secara rutin hingga menjadi kebiasaan baik.

 

“Setelahnya, buat komunitas positif, ambil peran di sana,” lanjutnya. Menjadi seorang pemimpin tidak harus memulai dari hal besar, tapi juga dari hal kecil. Dengan fokus mengambil peran di komunitas, kamu dapat menumbuhkan karakter pemimpin dalam diri.

 

“Berani gagal, harus berani action. Dengan kita berani mencoba, walaupun gagal, kita dapat belajar sesuatu hal yang baru, dan itu membuat kita bertumbuh. Jadi, jangan takut gagal,” katanya meyakinkan.

 

Tentang Berbagi oleh Anggraini Linggodigdo

Lion Anggrek

Sesi kedua LOVE ini dibawakan oleh pasangan Royal Crown, yakni Anggraini Linggodigdo dan Lion Djajono.

 

Beliau memaparkan materi dan membagikan pandangannya tentang konsep berbagi. “Yuk, kita belajar mindset  yang benar, tentang kita memberi. Pada saat memberi sesuatu dan ternyata orang itu menolak apa yang kita berikan, yaitu kesempatan di HDI, peluang untuk mereka bisa mengubah kehidupan mereka, lalu mereka menolak, apakah kita harus kecewa?” katanya.

 

Anggraini menegaskan, memberi itu bukan hanya tentang memberi barang-barang yang kita miliki kepada orang lain. “Memberi bisa dari apa yang kita tahu, dari apa yang kitab isa, dari apa yang kita pelajari,” ujarnya.

 

“Darisini kita tahu, kalau kita punya sesuatu yang banyak di dalam hati kita, kita kasih (kepada orang itu) semakin banyak, kita tabur semakin banyak, kita tidak pernah tahu taburan mana yang tumbuh, berbuah dan berbunga. Hasilnya nanti akan semakin banyak, dan akhirnya bisa dipetik sehingga bermanfaat untuk orang lain,” jelasnya lagi.

 

Hal ini disambut oleh peserta dengan antusias, tidak sedikit menganggukan kepala menandakan materi ini membuka pikiran dan menginspirasi mereka.

 

Tidak hanya sekadar pemaparan materi, beliau juga membawakannya dengan interaktif, mengajak para peserta untuk turut serta mengerti materinya dengan baik menggunakan analogi tentang kesuksesan dan berbagi itu sendiri.

 

Tentang EVOLVE oleh Lion Djajono

Melanjutkan sesi yang dibawakan istrinya, Lion Djajono berbagi pandangannya tentang kata EVOLVE.

 

“Kalau kita lihat, EVOLVE, ada 2 kata, yang pertama adalah EVOL jika di-mirror maka kata ini akan berubah menjadi LOVE.

 

Sedangkan kata yang berikutnya, OLVE. Kalau L digeser ke depan maka akan menjadi kata LOVE.

 

Jadi dalam kata EVOLVE, sebuah perubahan, sebuah pertumbuhan dibutuhkan dua kali cinta untuk Anda bisa melakukan perubahan yang jauh lebih dahsyat, jauh lebih luar biasa,” ungkapnya.

 

Tak sedikit dari peserta yang terpukau dengan materi ini. Beliau juga melanjutkan bagaimana LOVE atau cinta itu berhubungan dengan EVOLVE.

 

“Jika Anda memiliki dua kali cinta, Anda punya cinta terhadap orang tua Anda, Anda punya cinta terhadap anak-anak Anda, Anda punya cinta terhadap pasangan hidup Anda, saya percaya  perubahan luar biasa akan Anda lakukan demi orang-orang yang Anda cintai,” terangnya.

 

Banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dari sosok para leader HDI. Mulailah perubahan dari diri sendiri, untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi pemimpin sejati, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

 

Ingin tahu tips leader lainnya? Bergabung bersama HDI dalam kampanye The Leader Within untuk meraih kesuksesan dan berdampak bagi sesama.

 

Perubahan dimulai dari sekarang, untuk masa depan yang lebih baik.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com