Berita

Cara Mudah Merawat Bekas Luka Operasi Caesar (Post SC)

Melahirkan dengan cara operasi caesar umumnya akan meninggalkan bekas luka sayatan di bagian perut. Luka ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan membutuhkan waktu pemulihan yang tidak sebentar. Namun, dengan perawatan yang tepat, luka jahitan operasi caesar dapat pulih dengan cepat.

 

Bagaimana caranya agar bekas luka cepat memudar dan kulit kembali seperti sediakala? Berikut informasi terkait bekas luka operasi Caesar atau Post SC.

 

Seperti Apa Bekas Luka Operasi Caesar (Post SC)?

Pada masa awal nifas atau periode pendarahan lokia, bekas luka jahitan operasi Caesar akan terlihat seperti sedikit timbul, bengkak, dan warnanya lebih gelap.

 

Nah, melakukan kegiatan atau pergerakan apapun yang memengaruhi otot-otot perut biasanya akan membuat bekas operasi Caesar terasa sakit dan nyeri.

 

Bekas luka operasi Caesar umumnya memiliki panjang sekitar 10-15 sentimeter (cm). Bila tidak terjadi infeksi, luka tersebut akan menutup dan pulih dalam jangka waktu 6 minggu.

 

Perawatan Bekas Luka Operasi Caesar (Post SC)

Bersihkan Luka Secara Teratur

Jaga kebersihan luka untuk menghindari resiko infeksi dan mempercepat proses pemulihan luka. Biasanya, dokter atau perawat akan memberikan info terkait cara pembersihan ini.

 

Bersihkan luka jahitan dengan cara mengusapnya menggunakan kain yang dibasahi air bersih. Lakukan secara lembut dan perlahan, hindari menggosok area luka jahitan. Setelah itu, keringkan menggunakan lap atau handuk yang kering, dengan cara tepuk perlahan.

 

Rutin Mengganti Perban

Jika menggunakan perban, rutinlah menggantinya sekali sehari. Segera ganti balutan perban bila kondisinya basah, lembap, atau terasa tidak nyaman sebagai cara merawat atau perawatan luka post SC (pasca operasi Caesar).

 

Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Pakaian yang ketat akan membuat tubuh mudah berkeringat, sehingga luka sayatan operasi Caesar berisiko mengalami iritasi. Gesekan antara luka dengan bahan pakaian juga dapat memicu terjadinya peradangan.

 

Kenakan pakaian yang longgar dan berbahan katun agar lebih nyaman dan dapat menyerap keringat. Cara ini dapat menjaga luka tetap kering dan bersih, serta sembuh lebih cepat.

 

Hindari Aktivitas Fisik Berat

Selama masa pemulihan pascaoperasi Caesar, sebaiknya batasi aktivitas fisik agar tidak kelelahan. Terlalu banyak beraktivitas akan membuat proses pemulihan luka sayatan atau jahitan operasi Caesar menjadi lebih lama.

 

Tunggulah kurang lebih 2 minggu untuk mulai beraktivitas seperti biasa. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk detailnya, untuk menghindari risiko bekas luka operasi bermasalah dan lama sembuh.

 

Gunakan Krim dengan Bahan Alami untuk Merawat Area Kulit Bekas Luka Operasi

Rawat kulit area bekas luka operasi Caesar (Post SC) agar tetap lembap, terhidrasi, dan ternutrisi. Hindari mengoleskannya langsung ke bagian luka, oles tipis-tipis di area sekitarnya.

 

Pastikan krim berbahan alami dan teruji klinis serta tanpa efek samping ya, bunda. Gunakan Bee BotanicsTM Aloe Propolis Cream with Honey Extract untuk bantu merawat bekas luka operasi Caesar (Post SC).

 

Bee BotanicsTM Aloe Propolis Cream with Honey Extract mengandung propolis yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan serta ekstrak madu untuk mengeringkan luka bernanah dan membunuh bakteri merugikan. Sehingga, krim antiseptik ini cocok untuk luka baru termasuk post operasi caesar, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan jahitan.

 

Jika lukanya sudah kering, oleskan Bee BotanicsTM Aloe Propolis Cream with Honey Extract tipis-tipis. Jika masih basah apalagi bernanah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke HDI Medical Consultant.

 

Dapatkan penawaran spesial belanja Bee BotanicsTM Aloe Propolis Cream with Honey Extract lebih hemat di promo Clearance Sale HDI.

 

Promo Desember 2022 Clearance Sale

 

Dapatkan sekarang di HDI Store dengan klik di sini atau kunjungi Center terdekat di kotamu!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/merawat-bekas-luka-operasi-caesar/

https://www.alodokter.com/tips-memulihkan-bekas-luka-setelah-operasi-caesar#:~:text=Luka%20sayatan%20operasi%20caesar%20biasanya,dalam%20jangka%20waktu%206%20minggu

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com