Berita

4 Malam Penuh Kesan di Korea Selatan Bersama HDI Explore Summit 2022

Kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan oleh seluruh pemenang HDI Explore Summit 2022. Kami pun berangkat ke Korea Selatan dan mengikuti rangkaian perjalanan penuh kesan yang disiapkan oleh HDI sebagai bentuk penghargaan akan kerja keras mereka.

 

HDI Explore Summit 2022 Korea Selatan ini juga merupakan grup terbesar pertama setelah pandemi yang melakukan perjalanan incentive trip ke Korea Selatan, dengan total 201 peserta.   

 

Seperti apa keseruan mereka? Yuk, kita simak ceritanya!

From CGK to ICN

Bandara Incheon Korea

Hari pertama, para peserta HDI berkumpul di Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, untuk proses pendaftaran dan check in. Perjalanan menempuh waktu kurang lebih 7 jam, dan sampailah para peserta di Bandara Incheon, Korea Selatan.

 

Belajar Kebudayaan Korea

Pagi hari, memasuki hari kedua, para peserta mengunjungi kawasan wisata di Seoul untuk berkenalan dengan budaya Korea Selatan. Disana, mereka belajar untuk membuat makanan tradisional yaitu Gimbap dan mencoba mengenakan pakaian khas Korea Selatan yakni Hanbok.

 

Gimbap Hanbok Experience1

 

Gimbap adalah jenis makanan Korea Selatan yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut, Gimbap popular sebagai makanan yang dibawa piknik, mendaki, atau aktivtias lain di luar ruangan. Bentuknya mirip dengan Sushi, makanan tradisional Jepang.

 

Setelah itu, para peserta menuju ruang ganti untuk mencoba memakai baju khas Korea Selatan, Hanbok. Hanbok sendiri biasanya dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional. Para peserta terlihat antusias mengabadikan momen mengenakan baju tradisional tersebut.

 

Gimbap Hanbok Experience1

 

Perjalanan wisata berlanjut ke Bukchon Hanok Village. Desa Bukchon Hanok adalah sebuah kampung rumah tradisional Korea di Seoul, Korea Selatan. Bukchon, bermakna Kampung Utara karena berlokasi di sebelah utara Kali Cheonggye dan Jongno. Area ini merupakan permukiman dan tempat tinggal para pejabat serta anggota keluarga kerajaan Dinasti Joseon.

 

Menikmati bangunan tua yang terjaga kelestariannya, membuat para peserta langsung mengabadikan momen tersebut sambil menikmati keindahan Desa Bukchon Hanok.

 

Bukchon Hanok Village

 

Kemudian, para peserta melanjutkan perjalanan hari itu ke kawasan belanja Dongdaemun, yakni pusat perbelanjaan yang berada di tengah kota Seoul. Wisata pun berakhir di Lotte City Hotel, tempat mereka beristirahat dan menyiapkan diri untuk hari berikutnya.

 

Bersenang-senang di Everland Theme Park

Perjalanan hari ini diawali dengan agenda berbelanja di toko kosmetik terkenal di Korea Selatan, yang dilanjutkan dengan kunjungan ke Everland Theme Park, sebuah taman hiburan terbesar di Korea Selatan, menempati peringkat ke-19 di seluruh dunia, berlokasi di komplek Everland Resort di Yongin.

 

Everland Theme Park

 

Selain wahana hiburan, Everland dilengkapi dengan kebun binatang dan taman air yang diberi nama Caribbean Bay. Setelah puas bermain di kawasan ini, para peserta berangkat untuk berwisata belanja di Hongdae.

 

Hongdae merupakan salah satu tempat nongkrong populer kaum muda Korea, karena berlokasi dekat dengan Universitas Hongik. Disana ada banyak toko yang menjual merek lokal, mulai dari kosmetik sampai baju.

 

Hari ditutup dengan para peserta menikmati santapan menu khas Korea untuk makan malam dan kembali menuju hotel untuk beristirahat.

 

Melihat Langsung Lokasi Shooting "Winter Sonata", Nami Island

Hari keempat, para peserta melanjutkan petualangan wisatanya untuk berkunjung ke Nami Island. Pulau Nami yang terletak di dekat Sungai Bukhangang di Bangha-ri, Namsan-myeon, Chuncheon, yang terkenal sebagai objek wisata bertema ekosistem di Korea Selatan.

 

Awalnya, pulau ini merupakan sebuah daratan yang terbentuk karena dibanjiri oleh air yang naik di Sungai Han Utara sebagai hasil pembangunan Bendungan Cheongpyeong.

 

Nami Island, diambil dari nama seorang jenderal yang meninggal karena dituduh telah berkhianat pada pemerintahan Raja Sejo (raja ketujuh dari Dinasti Joseon) yaitu Jenderal Nami yang juga dimakamkan di pulau tersebut.

 

Nami Island

 

Selain itu, Nami Island juga dikenal dunia berkat drama Winter Sonata, dimana pulau ini menjadi lokasi shooting dalam drama tersebut.

 

Mereka juga berkesempatan untuk mencoba aktivitas rail bike, yaitu wisata bersepeda dengan menikmati pemandangan asri sepanjang jalan. Setelah mengunjungi pulau Nami, para peserta kembali ke hotel untuk beristirahat.

 

Nami Island Railpark

 

Wisata Sejarah dan Modern

Di hari terakhir perjalanan HDI Explore Summit 2022, para peserta berkesempatan mengunjungi Gyeongbokgung Palace dan melakukan foto group bersama. Turut hadir, CEO & Chairman HDI, Brandon Chia untuk menyapa para peserta.

 

Gyeongbukgong Palace

 

Merupakan salah satu dari 5 istana terbesar di Korea, Gyeongbok merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Para peserta dapat melihat nuansa kerajaan yang megah dan luas, sambil menikmati dan mempelajari budaya Korea Selatan.

 

Setelah mengunjungi Gyeongbokgung Palace, para peserta juga mengunjungi N Seoul Tower atau Namsan Tower. Tempat ini terletak di atas gunung Namsan dengan ketinggian 479 meter di atas permukaan laut dan menjadi landmark paling mencolok di Seoul. Tinggi menaranya sendiri sekitar 237 meter.

 

Awalnya difungsikan sebagai menara radio, kini N Seoul Tower atau Namsan Tower dikenal sebagai lokasi wisata romantis. Pasalnya, pasangan yang sedang jatuh cinta akan menulis namanya di gembok dan menguncinya di tower ini, lalu kuncinya dibuang sebagai simbolis “pengikatan cinta” mereka.

 

N Seoul Tower

 

Gala Dinner yang Seru

Acara utama di hari kelima tersebut adalah Intimate Dinner bersama leader dan CEO & Chairman HDI, Brandon Chia. Acara Intimate Dinner diadakan di K TURTLE, hall ternama di Korea Selatan. Sepanjang menikmati menu makanan Korea yang lezat, rangkaian acara yang seru dan menarik juga dihelat.

 

Mengenakan dresscode  bertemakan K-Pop, para peserta terlihat totalitas. HDI pun memberikan hadiah untuk mereka yang mengenakan kostum terbaik di malam itu.

 

Gala Dinner

 

Acara yang diadakan sangat beragam, mulai dari fun performance dari setiap kelompok peserta, penampilan dance cover, The Painters, hingga alunan musik pop balad yang menenangkan hati dari penyanyi lokal Korea.

 

Para peserta terlihat sangat antusias dan menikmati rangkaian acara dan perjalanan wisata HDI Explore Summit 2022 di Korea Selatan ini.

 

Perjalanan yang tidak hanya diadakan sebagai bentuk penghargaan HDI akan kerja keras mereka, tapi juga kesempatan untuk saling berkenalan, mendekatkan diri, dan mempererat hubungan satu sama lain sebagai satu keluarga.

 

Sampai jumpa di trip HDI tahun depan! 또 만나요~

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com