Berita

Hati-hati! Ini Penyakit yang Menyerang Orang Terlalu Sibuk Bekerja!

Pekerjaan yang menumpuk, pekerjaan yang tiada hentinya datang, kerap membuat orang jadi lupa waktu dan terlalu sibuk bekerja. Jangankan waktu untuk me time, seringkali para pekerja juga lupa untuk makan dan beristirahat. Hati-hati, bekerja terlalu sibuk dapat mengundang penyakit menyerang tubuh kamu, loh.

 

Workaholism atau risiko kecanduan kerja umumnya dialami masyarakat dengan tuntutan tinggi dan berisiko mengalami masalah kesehatan akibat sibuk bekerja.

 

Pasalnya, orang yang terlalu sibuk kerja lupa menjaga kesehatan tubuh, seperti mengabaikan waktu istirahat, pola makan yang tidak teratur, sampai memaksakan diri menyelesaikan sisa pekerjaan kantor di rumah.

 

 Penyakit yang Menyerang Orang Terlalu Sibuk Bekerja

Beberapa penyakit yang kerap dialami pekerja yang terlalu sibuk, antara lain:

• Kecemasan

• Depresi

• Nyeri punggung

• Gangguan tidur

• Kelelahan

• Diabetes

• Maag atau GERD

• Gangguan jantung

 

Penyebab Penyakit yang Menyerang Orang Terlalu Sibuk Bekerja

Orang dengan intensitas pekerjaan yang sangat sibuk ini biasanya terserang penyakit akibat kebiasaan yang kurang sehat, antara lain:

 

Duduk terlalu lama

Pekerjaan yang padat biasanya menuntut orang untuk duduk sepanjang hari di depan komputer. Kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan kronis, seperti jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

 

Pastikan untuk selalu melakukan stretching atau pemanasan setiap beberapa jam sekali untuk memastikan tubuh bergerak dan tidak duduk terlalu lama.

 

Kurang aktivitas fisik

Akibat rutinitas padat, orang yang terlalu sibuk bekerja akan kesulitan meluangkan waktu berolahraga. Jika kita jarang berolahraga, hal ini akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

 

Kurang asupan gizi dan nutrisi

Keterbatasan waktu untuk makan bagi para pekerja yang sibuk, tidak jarang membuat mereka memesan makanan siap saji atau makanan kurang gizi dan nutrisi lainnya. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan, misalnya penambahan berat badan, diabetes, dan masalah jantung.

 

Bagaimana Solusinya?

Atur waktu sebaik mungkin

Jangan terlalu memaksakan diri mengerjakan semua pekerjaanmu dalam satu waktu. Atur waktu sebaik mungkin, salah satu caranya dengan membuat list prioritas. Seimbangkan juga dengan waktu beristirahat, me time, berkumpul dengan orang tersayang, dan melakukan hobi.

 

Kelola stres

Kunci utama tubuh yang sehat adalah jiwa yang sehat. Berada di bawah tekanan stres dapat berujung pada gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi. Tidurlah yang cukup, lakukan hal yang kamu senangi di waktu luang, dan bersosialisasi dengan orang tersayang.

 

Perhatikan postur tubuh saat bekerja

Sesuaikan ketinggian kursi dan layar komputer, usahakan posisi mata sejajar dengan bagian atas layar komputer, hindari postur tubuh membungkuk saat bekerja.

 

Atur pola makan dan minum cukup air

Asupan makanan yang sehat berfungsi untuk menjaga kadar gula tetap stabil dalam meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Minum cukup air dan makan sesuai jamnya, untuk menghindari terjadinya maag atau GERD.

 

Jaga imunitas tetap fit, penuhi asupan nutrisi dan gizi

Andalkan Propoelix™ untuk menjaga imunitasmu selama bekerja.

 

Propoelix™ adalah ekstraksi super dari propolis menggunakan proses ekstraksi unik yang disebut teknologi Continuous Multi-Stage Countercurrent Extraction (CMCE). Proses CMCE menghilangkan semua lilin dan resin dalam propolis, hanya menyisakan bahan aktif yang bermanfaat.

 

Propoelix™ adalah campuran ekstrak propolis dengan kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, natrium, seng, tembaga; 16 asam amino esensial, mengandung semua vitamin kecuali vitamin K.

 

Propoelix™ telah diidentifikasi oleh Intertek Food Service GmbH, Jerman memiliki 8 komponen bioaktif: CAPE (Caffeic Acid Phenethyl Ester), Naringenin, Chrysin, Galangin, Cinnamic Acid, Pinocembrin, Apigenin, dan Bioflavonoid.

 

8 komponen ini memperkuat manfaat kesehatan Propoelix™ untuk berbagai penyakit karena komponen bioaktif ini memiliki antioksidan yang tinggi, sifat anti-kanker, hepatoproteksi, antimikroba, antiinflamasi, antijamur, efek kardioprotektif dan antivirus.

 

Dengan khasiat yang bermanfaat ini, Propoelix™ efektif sebagai imunomodulator untuk pencegahan dan membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

 

Dapatkan Propoelix™ di HDI Store atau kunjungi Center terdekat di kotamu.

 

Sumber:

https://hellosehat.com/sehat/gejala-umum/penyakit-orang-sibuk-bekerja/

https://www.alodokter.com/terlalu-sibuk-bekerja-ini-bahayanya-bagi-kesehatan

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com