Berita

Pink Month, Bulan Kesadaran Kanker Payudara

Sering melihat simbol pita pink? Kerap muncul di bulan Oktober, kamu tahu nggak sih, pita pink ini artinya apa? Ternyata, pita ini melambangkan Bulan Kesadaran Kanker Payudara, atau yang biasa disebut sebagai Pink Month.

 

Pink Month, adalah bulan yang diperingati khusus untuk mengedukasi masyarakat umum mengenai kesadaran akan kanker payudara, gejalanya, dan pentingnya deteksi dini. Bulan ini diperingati setiap bulan Oktober dengan simbol pita pink.

 

Per tanggal 2 Februari 2022, dilansir dari artikel yang ditayangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia, serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

 

Data Globocan tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus.

 

Padahal sekitar 43% kematian akibat kanker bisa diatasi jika pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker. Menurut WHO, kanker payudara tahap awal sebenarnya bisa ditangani, asal sering melakukan pemeriksaan rutin secara fisik serta tes mammogram.

 

Bagaimana Cara Berpartisipasi Mendukung Pink Month, Bulan Kesadaran Kanker Payudara?

Sebagai perempuan, menyayangi diri sendiri bisa dimulai dengan peduli pada kesehatan tubuh, dalam hal ini, tentunya kesehatan payudara.

 

Mulailah gaya hidup sehat dan lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin, setidaknya sebulan sekali, seminggu setelah menstruasi selesai.

 

Caranya adalah dengan memerhatikan serta meraba payudara dengan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis untuk mencari tanda-tanda seperti munculnya benjolan / kerutan, serta adanya perubahan tekstur / bentuk payudara.

 

Apabila terdapat tanda-tanda yang mencurigakan, kunjungi dokter agar bisa dilakukan tes seperti ultrasonografi, mammogram, atau MRI payudara sebagai pemeriksaan tahap lanjutan.

 

Ajak teman atau keluargamu untuk memeriksakan kesehatan payudara secara teratur.

 

Apabila kamu memiliki teman yang merupakan penyintas kanker payudara, beri dukungan emosional bagi teman tersebut agar tetap semangat. Beri support secara konsisten, dari awal diagnosis hingga ia benar-benar pulih.

 

Mari bersama-sama meningkatkan kesadaran akan kanker payudara, sadari lebih dini untuk masa depan yang lebih baik.

 

BEE Aware Pink Set

Spesial di bulan Oktober atau Pink Month ini, HDI juga menghadirkan promo spesial untuk membantu meningkatkan kesadaran kanker payudara.

 

BEE AWARE PINK SET OCT 2022

 

Set yang terdiri dari Bee Botanics™ Propolis Hand & Body Lotion, HDI Origins™ Royale Jelly Liquid, dan Propoelix™ Plus ini merupakan produk-produk unggulan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan para penderita kanker, termasuk kanker payudara.

 

Yang istimewa, setiap pembelian set ini kamu bisa mendapatkan HDI Naturals™ Clover Honey 500gr secara gratis.

 

Set ini tersedia di HDI Store dan seluruh Center HDI di Indonesia. Dapatkan penawaran menariknya mulai dari tanggal 10 – 31 Oktober 2022.

 

Sumber Artikel:

http://p2ptm.kemkes.go.id/tag/enam-langkah-sadari-untuk-deteksi-dini-kanker-payudara

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20220202/1639254/kanker-payudaya-paling-banyak-di-indonesia-kemenkes-targetkan-pemerataan-layanan-kesehatan/

https://www.beraniberencana.com/artikel/pink-month-alias-bulan-kesadaran-kanker-payudara-darimana-sih-asalnya

https://www.afro.who.int/news/global-effort-raise-awareness-breast-cancer-october-has-been-designated-pink-month-pink-month

 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com