Berita

5 Jenis Batuk yang Perlu Kamu Tahu dan Cara Mengatasi

Batuk adalah gejala umum yang muncul ketika kamu mengalami masalah pada sistem pernapasan. Tapi, nggak semua batuk itu sama, loh.

 

Dilansir dari Health, Jonathan Parsons, MD., Direktur Klinik Batuk Ohio State University Wexner Medical Center, mengungkapkan bahwa batuk merupakan mekanisme perlindungan atau cara tubuh untuk membersihkan jalan napas. Seperti misalnya ketika ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan, kamu akan otomatis terbatuk, ‘kan?

 

Meskipun kelihatannya sepele, tapi dalam beberpa kondfisi, batuk bisa jadi suatu gejala dari suatu penyakit dan perlu ditangani serius. Berikut jenis batuk yang perlu kamu tahu.

 

Batuk Berdahak

Batuk berdahak umumnya menimbulkan gejala tenggorokan terasa mengganjal. Jenis batuk ini terjadi akibat adanya dahak atau lendir yang menggumpal pada sistem pernapasan. Batuk berdahak dikenal juga dengan batuk produktif karena adanya produksi dahak berlebih di dalam sistem respirasi.

 

Dahak sebenarnya berperan untuk mendukung kerja sistem pernapasan, seperti menjaga kelembapan tenggorokan dan paru-paru. Dahak juga berfungsi membersihkan jaringan tersebut dari partikel asing atau iritan berbahaya.

 

Pengobatan alami ala rumahan yang telah terbukti ampuh untuk sembuhkan batuk ini adalah dengan mengonsumsi ½ sendok madu setiap malam.

 

Batuk Kering

Berkebalikan dengan batuk berdahak, batuk kering tidak disertai dengan produksi lendir berlebih sehingga dikenal juga dengan sebutan batuk non-produktif. Batuk ini umumnya memburuk di malam hari. Berbeda dari batuk lainnya, frekuensi terjadinya batuk pada jenis batuk ini memang lebih tinggi, diperberat juga dengan rasa perih di bagian tenggorokkan.

 

Pengobatan alami yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan alat humidifier untuk melembapkan udara di dalam ruangan.

 

Post-nasal Drip

Batuk jenis ini disebabkan oleh lendir yang terakumulasi dan memenuhi area hidung dan tenggorokan. Sedikit informasi, pada kondisi normal, di dalam hidung dan tenggorokan, terdapat lendir yang berfungsi menjaga kelembapan. Namun, pada saat jumlah lendir yang diproduksi terlalu banyak, saluran tenggorokan pun menjadi tersumbat dan menyebabkan terjadinya batuk. Batuk yang disebabkan oleh kondisi inilah yang disebut sebagai post-nasal drip.

Untuk mengatasinya, cobalah menghangatkan diri dengan mengenakan pakaian hangat dan minum minuman hangat.

 

Batuk Akibat Asam Lambung

Gangguan refluks asam lambung atau juga dikenal dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD), merupakan gangguan pada produksi asam di lambung. Pada kondisi normal, asam lambung hanya akan berada di lambung saja. Namun pada penderita GERD, asam lambung itu seringkali naik hingga ke tenggorokan. Naiknya asam lambung ke tenggorokan itu dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan, yang kemudian menyebabkan terjadinya batuk.

 

Untuk batuk yang disebabkan oleh GERD ini, satu-satunya langkah penanganan yang dapat dilakukan adalah mengatasi GERD-nya terlebih dahulu.

 

Batuk Rejan

Batuk rejan atau pertusis merupakan jenis batuk yang seringnya menular dengan cepat di antara anak-anak dan remaja. Penyebabnya adalah infeksi bakteri Bordetella pertussis pada saluran pernapasan. Batuk rejan umumnya berlangsung selama 4-8 minggu sehingga dikenal juga dengan sebutan batuk seratus hari.

 

Batuk rejan perlu segera diobati setidaknya pada 1-2 minggu pertama sebelum gejala yang lebih serius muncul. Pengobatan batuk rejan yang efektif menggunakan antibiotik golongan macrolide, seperti azithromycin, clarithromycin, dan erythromycin.

 

Nah, itulah tipe-tipe batuk yang perlu kamu ketahui. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter, ya. Usahakan untuk meredakan batuk dengan produk berbahan alami dan teruji klinis.

 

Penasaran produk apakah itu? HDI akan meluncurkan produk alami terbaru untuk redakan batuk dan melegakan tenggorokan. Biar nggak penasaran, yuk, segera beli tiket EVOLVE dan jadi yang pertama menyambut peluncuran produk ini. Klik hdistore.com sekarang!

 

Source:
https://www.halodoc.com/artikel/7-jenis-batuk-yang-perlu-diketahui
https://hellosehat.com/pernapasan/pilek/jenis-batuk/

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com