Berita

Peran Microbiome untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum bahas lebih lanjut, pernahkah kamu mendengar kata Microbiome? Apa sih Microbiome itu?

 

Ternyata, selain dari sel-sel, tubuh kita 50%-nya dihuni oleh sekumpulan Microbiome yang memiliki peran penting untuk meningkatkan imunitas.

 

Microbiome merupakan sekumpulan makhluk hidup yang terdiri dari bakteri, virus, jamur, fungi, dan mikroorganisme lainnya. Tidak hanya sekadar hidup dalam tubuh manusia, ternyata tanpa disadari microbiome pun sangat berperan penting bagi kesehatan kita, salah satunya meningkatkan imunitas tubuh.

 

Tubuh manusia dipenuhi oleh bakteri yang umlahnya 10 kali lebih banyak dari sel manusia itu sendiri. Nah microbioma ini tinggal di kulit, saluran pernapasan, dan pencernaan kita. Di pencernaan saja, jumlahnya bisa mencapai 500 atau 1000 spesies, loh!

 

Jenis Bakteri

Relasi bakteri dan manusia bisa sangat menguntungkan. Contohnya mengentalkan susu menjadi yoghurt dan membantu menjaga pencernaan. Namun, tidak semua bakteri menguntungkan yah, ada juga bakteri jahat penyebab penyakit.

 

Bakteri pun dibagi menjadi dua jenis:

 

Bakteri patogen: Bakteri yang hidup bersama makhluk hidup lain yang dapat menimbulkan penyakit pada inangnya/organisme yang ditempelinya. Disebut juga mikroorganisme parasit. Misalnya bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, TBC dan penyakit lainnya.

 

Bakteri komensal: Bakteri yang hidup bersama mikroorganisme lain yang lain, tetapi tidak merugikan.

 

Cara Kerja Microbiome Meningkatkan Imunitas Kita

Nah, bakteri baik alias bakteri komensal- lah yang dapat membantu manusia meningkatkan imun tubuh. Setidaknya ada 100 triliun bakteri baik yang bersarang di tubuh manusia, banyak di antaranya hidup di dalam usus.

 

Bakteri baik adalah kawan manusia dalam tubuh yang rajin membantu memperkuat pertahanan sistem kekebalan untuk memerangi infeksi. Jadi, makin banyak bakteri baik yang bersarang di tubuh seseorang, maka kesempatan kekebalan tubuh makin kuat juga terbuka lebar.

 

Bakteri baik membantu tubuh manusia mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Tak hanya itu, peran mereka juga penting menghasilkan beberapa vitamin di saluran usus. Misalnya asam folat, niasin, dan vitamin B6 dan B12.

 

Hal ini juga berlaku untuk microbiome yang berada di kulit. Semakin banyak bakteri baik, maka kesehatan dan imunitas kulit pun akan lebih optimal.

 

Nah, jadi sudah tahu kan pentingnya Microbiome dan perannya untuk meningkatkan imunitas tubuh kita?

 

Yuk, sama-sama jaga keseimbangan Microbiome di tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat, pola makan teratur, kurangi stres, dan gunakan produk-produk berbahan alami serta teruji klinis.

 

Andalkan beragam produk perlebahan HDI untuk bantu keseimbangan mikrobioma tubuh kamu! Spesial di bulan ini, belanja produk HDI apa saja min. 300 BP (termasuk di dalamnya Propoelix™️), Gratis HDI Naturals™️ Clover Honey!

 

Selengkapnya di bawah ini. Belanja sekarang, klik hdistore.com atau kunjungi Center terdekat di kotamu. Sehat dimulai hari ini.

 

WhatsApp Image 2022 06 06 at 5.51.35 PM

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com