Berita

Good Leader VS Bad Leader, Ini 7 Kebiasaan yang Jadi Perbedaan!

Menjadi Leader atau pemimpin memang bukan hal yang mudah. Karakter Leader atau pemimpin harus dimiliki dan dibina sedemikian rupa agar dapat berdampak bagi diri sendiri dan sesama. Ada banyak karakter pemimpin, namun Anda perlu tahu seperti apa perbedaan antara Good Leader dan Bad Leader.

 

Good Leader atau pemimpin yang baik dapat berdampak positif bagi diri sendiri dan sesama, bertolak belakang dengan karakter Bad Leader atau pemimpin yang buruk. Yuk, kenali perbedaannya, agar Anda bisa menjadi Good Leader dan terhindar dari karakter Bad Leader!

 

Pemimpin yang baik atau Good Leader memiliki 7 kebiasaan utama yang dapat membantu karakter seorang pemimpin tersebut menjadi lebih baik dan produktif. Berikut 7 kebiasaan tersebut:

 

Jadilah Proaktif

Anda adalah orang yang bertanggung jawab. Ambillah inisiatif dengan berdasarkan pada pertimbangan tindakan, sikap, dan suasana hati Anda. Ingatlah untuk tidak menyalahkan orang lain atas tindakan Anda yang salah. Lakukan hal yang benar tanpa diminta, bahkan ketika tidak ada yang melihat.

 

Mulai Sesuatu dengan Memperkirakan Hasil Akhirnya

Susun rencana ke depan dan tetapkan tujuan. Lakukan hal-hal yang memiliki makna dan membuat perbedaan. Ingatlah bahwa Anda adalah bagian penting dari komunitas dan berkontribusi pada misi dan visinya.

 

Susun Prioritas

Habiskan waktu untuk mengerjakan hal-hal yang penting terlebih dahulu. Tetapkan prioritas, buat jadwal, dan konsisten mengikuti rencana tersebut. Bentuk kepribadian disiplin dan terorganisir.

 

Peka dan Peduli Terhadap Kebutuhan Orang Lain

Seimbangkan keberanian untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dengan pertimbangan dengan apa yang diinginkan orang lain. Ketika konflik muncul, selalu putuskan alternatif yang menguntungkan bagi semua pihak, tidak hanya diri sendiri.

 

Berusaha Memahami Terlebih Dulu, Kemudian Dimengerti

Dengarkan ide dan perasaan orang lain sebelum Anda berbicara. Cobalah melihat sesuatu dari sudut pandang mereka. Biasakan untuk mendengarkan orang lain tanpa menyela. Percaya diri untuk menyuarakan ide-ide Anda dan tatap mata lawan bicara saat berbicara.

 

Bersinergi

Together is Better. Hargai kekuatan orang lain dan belajar dari mereka. Jangan pilih-pilih rekan, bersinergilah dengan orang lain bahkan orang yang berbeda dari Anda. Jangan ragu untuk berdiskusi dalam mencari solusi dalam permasalahan, karena dengan bekerjasama, kita dapat menciptakan solusi yang lebih baik daripada yang bisa dilakukan sendirian. Keep humble.

 

Kembangkan Diri Anda

Rawat tubuh dengan makanan sehat, minum suplemen perlebahan HDI, berolahraga, dan tidur yang cukup. Jangan lupa untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman Anda. Terus belajar dalam banyak cara dan banyak tempat, tidak hanya saat Anda bekerja saja. Temukan cara yang berarti untuk membantu orang lain.

 

The Leader Within adalah tema yang diangkat HDI tahun 2022 untuk membantu Anda merefleksikan aspirasi pribadi, semangat, keinginan, serta mencapai tujuan dalam mengembangkan kepribadian seorang pemimpin dalam mencapai kesuksesan.

 

Tema tahun ini menitikberatkan bagaimana Anda menemukan passion, tujuan, menghadapi tantangan, serta kiat mengembangkan karakter kepemimpinan. HDI adalah sarana untuk menumbuhkan karakter kepemimpinan Anda. Bersama HDI, Anda dapat mengembangkan karakter kepemimpinan melalui pembelajaran dan pengalaman untuk lebih produktif dan menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Apakah Anda siap untuk bertumbuh lebih lagi bersama HDI? Jadilah seorang pemimpin dalam The Leader Within di tahun 2022!

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com