Berita

Pentingnya Imunitas untuk Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi

Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas adalah kewajiban setiap orang, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Meski angka kasus positif sudah menurun, namun bukan berarti kita lengah, karena masih ada resiko terpapar virus dan penyakit lainnya.

 

Selain orang dewasa, imunitas anak-anak juga perlu diperhatikan demi tumbuh kembang potimalnya. Membantu menjaga daya tahan tubuh atau imunitas mereka menjadi kewajiban orang tua dan keluarga agar tetap aktif dan terlindungi dari penyakit.

 

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua atau keluarga untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, dilansir dari berbagai sumber:

 

Jangan biarkan anak murung

Dikutip dari Kompas.com, WHO dalam laman resminya mendorong para pengasuh anak untuk dapat membantu mereka menemukan cara positif untuk mengekspresikan perasaan yang menganggu, seperti ketakutan dan kesedihan.

Bicara baik-baik pada mereka dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Ajari mereka juga untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dengan cara yang menyenangkan. Pasalnya, kurang bersosialisasi dapat berdampak penurunan dan gangguan pada kesehatan fisik serta mental.

 

Ajak anak aktif atau berolahraga

Berdiam di rumah bukan berarti tidak beraktivitas. Di tengah pandemi, sangat penting untuk sebisa mungkin menjaga anak-anak tetap aktif setiap hari.

WHO merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik selama 1 jam per hari bagi anak-anak.

 

Pastikan anak cukup tidur

Kurang tidur atau terlalu letih dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan resiko terserang penyakit. Tidak hanya kurang tidur, terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh.

 

Menjaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan anak perlu diperhatikan, dari proses pembersihan bahan makanan, pembuatan hingga penyajian. Perlengkapan makan dan air minum juga perlu diperhatikan.

 

Berjemur

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menyarankan, berjemurlah hanya pada sekitar pukul 09.00 pagi. Sebaiknya, berjemur 5 menit dahulu, kemudian naikkan secara bertahap maksimum 15 menit. Lakukan kegiatan berjemur ini 2-3 kali seminggu.

 

Penuhi asupan nutrisi, vitamin, dan mineralnya

Kekuatan imunitas secara menyeluruh tergantung dari pasokan vitamin dan mineral yang optimal.

 

Oleh karena itu, nutrisi untuk imunitas anak harus selalu diperhatikan. Namun, faktanya tak semua anak  terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Beberapa anak ada yang berkekurangan hidupnya, dan membutuhkan uluran tangan untuk membantu pemenuhan nutrisi  yang dibutuhkan.

 

HDI pun mengajak Anda semua dalam  “Gerakan HDI Sahabat Nutrisi Anak Indonesia”, untuk membantu memenuhi nutrisi, khususnya anak-anak di panti asuhan. HDI akan menyalurkan 45 ribu boks HDI Propoelix™ 30 vegecaps ke 15 ribu anak panti asuhan di Indonesia.

 

Berbagai bahan alami yang terkandung dalam Propoelix™  dengan manfaat utamanya membantu meningkatkan  daya tahan tubuh, diharapkan bermanfaat dan bantu  memenuhi nutrisi anak-anak yang menerima bantuan.

 

Setiap pembelian HDI Propoelix™️ ukuran apa saja, berarti Anda turut mengikuti gerakan ini. Yuk, sebarkan semangat berbagi ini untuk masa depan anak bangsa yang lebih baik.

 

Picture1.jpg

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]