Berita

×

Pemberitahuan

Simple Image Gallery Pro Notice: Joomla!'s /cache folder is not writable. Please correct this folder's permissions, clear your site's cache and retry.

5 Kuliner Khas Finlandia dan Swedia, Wajib Coba!

Tak hanya menawarkan keindahan pemandangan alam, negara Finlandia dan Swedia juga memiliki daftar kuliner khas yang unik dan lezat. Tak heran, kedua negara Skandinavia ini selalu jadi incaran para wisatawan dunia.

 

Nah, kira-kira apa saja sih kuliner khas Finlandia dan Swedia yang wajib coba ketika berkunjung kesana? Langsung saja kita cek daftarnya dibawah ini!

 

Swedish Meatball

 

dietdoctor

Sumber: dietdoctor.com

 

Swedia memiliki kuliner khas Bernama Swedish Meatball. Makanan ini jika dilihat sekilas mirip dengan bakso di Indonesia.

 

Bedanya Swedish Meatball disajikan dengan saus gravy, mashed potato, dan selai buah lingonberry. Anda akan merasakan sensasi rasa gurih dan manis bercampur jadi satu. Unik, bukan?

 

Pyttipanna

 

pinterest

Sumber: Pinterest.com

 

Makanan tradisional dari Swedia ini terdiri dari potongan daging, bakso, sosis, telur dadar, serta acar. Pyttipanna juga kerap disebut biksemad yang berarti mixed food.

 

Ostkaka

 

Picture2

Sumber: Pinterest

 

Ostkaka adalah cheesecake khas Swedia yang terbuat dari susu, krim, almond, dan telur. Perbedaannya, kue ini tidak benar-benar terbuat dari cream cheese seperti cheesecake pada umumnya, melainkan dari susu yang digumpalkan dengan rennet (sejenis enzim) sehingga membentuk curd.

 

Uniknya, Ostkaka biasanya dihidangkan dengan whipped cream, selai (biasanya stroberi), dan es krim. Hmm, membayangkannya saja sudah terasa enak, ya!

 

Karjalanpiirakka

 

wikipedia

Sumber: Wikipedia

 

Karjalanpiirakka sangat populer di Finlandia. Makanan ini berasal dari provinsi Karelia, provinsi timur Finlandia. Karelia sendiri merupakan kota kelahiran Kalevala, yakni puisi epic dan terkenal dari abad ke-19. Bisa dikatakan, Kalevala menjadi identitas dan bagian terpenting dari Finlandia itu sendiri.

 

Dikenal juga dengan sebutan pai Karelia, hidangan ini dibuat dari tepung gandum hitam yang kemudian diberikan isian berupa beras, kentang atau wortel. Pada bagian atas pai tersebut akan dibalurkan dengan lapisan telur. Rasanya memiliki perpaduan manis, gurih, dan lezat.

 

Rieska

 

priya suresh15222426585abb94614bc40

Sumber: upknorth.com

 

Roti khas Finlandia ini memiliki ciri tekstur yang renyah saat digigit dan juga bentuk bulat pipih. Disajikan dengan berbagai varian, salah satunya yang cukup terkenal dan mudah untuk ditemukan adalah perunarieska atau dikenal dengan rieska kentang. Selain itu, ada juga rye rieska dan barley rieska. Biasanya, penduduk Finlndia menikmatinya dengan olesan mentega di atasnya.

 

Fakta uniknya, roti ini lebih banyak digunakan sebagai bekal saat hiking. Orang Finlandia selalu bilang, makanan ini nikmat disantap di luar ruangan dekat dengan api unggun.

 

Wah, kuliner khas Skandinavia ini terlihat unik dan enak, ya? Penuhi rasa penasaran Anda dengan mencoba langsung makanan ini, yuk!

 

Anda bisa mencoba langsung makanan asli Finlandia dan Swedia ini dengan cara mengunjungi kedua negara tersebut. Mau liburan ke Skandinavia gratis? Bisa, dong!

 

Menangkan HDI Explore World 2022 dan dapatkan kesempatan trip bersama orang tersayang ke Finlandia dan Swedia. Syarat dan ketentuan bisa dicek di: bit.ly/CaraMenangExploreWorld.

 

Sampai jumpa di Finlandia dan Swedia!

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]