Berita

Memprihatinkan, Kesehatan Anak Indonesia Peringkat 117 di Dunia

Hari Anak Internasional dirayakan pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Perayaan tersebut mengingatkan kita akan pentingnya perlindungan anak demi tumbuh kembang mereka yang sehat, terutama dalam aspek kesehatan.

 

Untuk menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas dan berdaya saing, tentu saja harus dipersiapkan sejak masa kanak-kanak. Bahkan, kualitas masa depan generasi muda sangat ditentukan dari tumbuh kembang sejak 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu sembilan bulan dalam kandungan hingga usia dua tahun setelah lahir.

 

Ironisnya, anak Indonesia masih dilanda masalah kesehatan yang kronik. Berdasarkan peringkat yang dirilis WHO-UNICEF, indeks perkembangan anak yang menunjukkan kesehatan dan kesejahteraan anak Indonesia ada di peringkat 117 dari 180 negara yang diteliti.

 

WHO atau World Health Organization mempublikasikan laporan indeks perkembangan anak di seluruh dunia dalam jurnal The Lancet. Indeks ini mengukur kesehatan dan kesejahteraan anak berdasarkan sejumlah faktor yang meliputi pertumbuhan anak, tingkat kelangsungan hidup anak, tahun sekolah, tingkat kelahiran remaja, kematian ibu, prevalensi kekerasan, serta pertumbuhan dan gizi.

 

Indonesia menduduki peringkat ke 117 dengan klasifikasi pendapatan berpenghasilan rendah ke menengah. Kesehatan dan kesejahteraan anak Indonesia ini jauh tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga.

 

Dilansir dari CNN Indonesia, Malaysia berada di peringkat 44 dunia, Vietnam 58 dunia, Thailand 64 dunia, Filipina 110 dunia, dan Kamboja 114 dunia. Singapura bahkan memiliki peringkat lebih baik dengan menduduki posisi 12 terbaik dunia.

 

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan anak sedari dini. Mulailah dari keluarga Anda. Untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang secara normal bagi kesehatan dan kesejahteraannya, orang tua dapat membantu anak melakukan beberapa hal berikut ini:

 

Cukup Istirahat

Setiap anak memiliki pola tidur berbeda menurut usianya. Kebanyakan membutuhkan 10 hingga 12 jam tidur setiap malam. Tidur membantu tubuh anak yang sedang tumbuh beristirahat, agar tumbuh dengan baik.

 

Olahraga Teratur

Bantu anak berolahraga teratur atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya yang memotivasi mereka untuk bergerak, agar meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat, sehingga terhindar dari obesitas yang dialami banyak anak.

Dibanding bermain gadget, atau menonton TV, anak-anak sebaiknya menghabiskan lebih banyak waktu untuk aktif bergerak. Hal ini sangat penting untuk kesehatan, kesejahteraan, dan perkembangannya.

 

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Untuk membantu anak mencapai potensi pertumbuhan secara maksimal, perhatikan pola makannya agar bergizi seimbang. Asupan gizi yang tercukupi dapat menjaga sistem pencernaan anak menjadi sehat dan membantu memperlancar proses buang air besar. Asupan makan teratur juga membantu anak tidur nyenyak, serta segar saat bangun.

 

How HDI Helps?

Selain dari makanan utama, orang tua dapat memberikan anak HDI KidsTM Kids 3 yang dapat membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan pada masa tumbuh kembangnya, meningkatkan sistem kekebalan alami anak, serta membantu anak tumbuh cerdas, aktif, sehat, dan ceria.

 

Spesial di bulan Juni 2021 untuk merayakan Hari Anak Internasional, HDI menghadirkan promo khusus KidsTM Special Set. Optimalkan imunitas anak dengan produk perlebahan alami HDI. Cek info selengkapnya dibawah ini.

 

Promo Juni kids min

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200219120306-284-476063/kesehatan-anak-indonesia-peringkat-117-di-dunia

https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/physical-activity/physical-activity-how-much

https://tirto.id/who-kesehatan-dan-kesejahteraan-anak-indonesia-peringkat-117-dunia-eBc4

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]