Berita

Manfaat Propolis untuk Imunitas Tubuh

Propolis semakin dikenal luas, terutama pada saat pandemi seperti ini. Pasalnya, menjaga imunitas tubuh sangatlah penting agar tidak terpapar virus dan bakteri penyebab penyakit. Seperti yang kita ketahui, virus Covid-19 merupakan self-limiting disease yang mengandalkan kekuatan pertahanan tubuh. Mari cari tahu lebih dalam mengenai manfaat propolis untuk imunitas tubuh.

 

 Cara Kerja Propolis untuk Imunitas Tubuh

 

Propolis atau yang dikenal sebagai lem lebah, telah menjadi fokus perhatian para peneliti dalam beberapa dekade terakhir karena aktivitas biologis serta farmakologisnya yang bermanfaat untuk manusia.

 

Propolis adalah campuran resin alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari zat yang dikumpulkan dari beberapa bagian tumbuhan. Lebah mengumpulkan propolis dari berbagai tanaman di zona iklim yang berbeda dan menggunakannya sebagai produk alami untuk sistem pertahanan di sarang lebah.

 

Penggunaan propolis digunakan lebah untuk banyak hal, seperti mencegah pelapukan dan invasi oleh predator lain, merekonstruksi sarang lebah dari lubang atau retakan, serta membuat lingkungan internal sarang menjadi bersih.

 

Propolis teruji dengan nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) yang tinggi. Aktivitas antioksidannya terukur lebih tinggi dibanding buah Jeruk. Selain itu, Propolis juga mengandung zat penting seperti bioflavonoid, polifenol, asam fenolat ester dan flavon yang diketahui mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

 

 Seberapa Efektif Propolis untuk Imunitas Tubuh?

 

Menjadi produk yang paling dicari sepanjang tahun 2020, propolis terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

 

Hasil uji menyatakan propolis memiliki sifat antimikroba, antijamur, antivirus dan anti-inflamasi. Kandungan Caffeic Acid Phenethyl Ester (CAPE) mampu menghambat peradangan tinggi dalam tubuh. Dengan nilai ORAC yang berkali lipat lebih tinggi dari buah Jeruk, propolis terbukti sebagai sumber antioksidan untuk meminimalisir dampak radikal bebas.

 

HDI Origins™ Bee Propolis Tablet serta HDI Propoelix™ hadir untuk menjaga kekebalan dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan keluarga.

 

HDI Origins™ Bee Propolis Tablet mengandung Propolis 500 mg dengan kandungan ORAC dan polifenol yang tinggi sebagai antibiotik alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

 

HDI PropoelixTM adalah ekstraksi super dari propolis 200mg yang menggunakan proses ekstraksi unik yang disebut teknologi Continuous Multi-Stage Countercurrent Extraction (CMCE). Proses CMCE menghilangkan semua lilin dan resin dalam propolis, hanya menyisakan bahan aktif yang bermanfaat terdiri dari berbagai vitamin dan mineral penting.

 

HDI Propoelix™ juga telah teridentifikasi oleh Intertek Food Service GmbH, Jerman memiliki 7 komponen bioaktif: CAPE (Caffeic Acid Phenethyl Ester), Naringenin, Chrysin, Galangin, Cinnamic Acid, Pinocembrin dan Apigenin. 7 komponen ini memperkuat manfaat kesehatan HDI PropoelixTM untuk mencegah berbagai penyakit.

 

 Imunitas Lemah Dapat Sebabkan Penyakit Kulit?

 

Dilansir dari Medical News Today, gejala utama orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah adalah kerentanan terhadap infeksi. Selain penyakit dalam, infeksi yang terjadi juga dapat dirasakan pada bagian luar tubuh atau kulit.

 

Beberapa tanda imunitas tubuh lemah yang sebabkan gangguan kulit antara lain adalah penyembuhan luka berlangsung lama dan terjadinya ruam.

 

Kulit seharusnya mengalami fase penyembuhan saat setelah terbakar, terpotong, atau tergores. Tubuh bekerja untuk melindungi luka dengan menyalurkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk membantu regenerasi kulit baru. Namun, proses penyembuhan ini tergantung pada sel imun yang sehat. Jika sedang lemah, maka kulit tidak dapat beregenerasi, dan sulit sembuh.

 

Begitupun untuk kondisi ruam kulit, yang terasa gatal, kering, dan memerah sebagai gejala umumnya. Ruam yang terasa perih atau tak kunjung mereda juga menjadi tanda imunitas tubuh yang lemah karena tak mampu melawan bakteri penyebab infeksi.

 

Dilansir dari tirto.id, orang dengan sistem kekebalan yang lemah juga lebih berisiko mengalami gangguan autoimun. Gangguan autoimun juga dapat sebabkan berbagai penyakit kulit, diantaranya; lupus, psoriasis, skleroderma, dan vitiligo.

 

Penting menjaga kekebalan tubuh dari dalam dan luar tubuh. Andalkan rangkaian Bee Botanics™ yang mengandung bahan utama propolis untuk melindungi dan menutrisi kulit Anda dari serangan bakteri, virus, serta radikal bebas yang dapat melemahkan imunitas tubuh.

 

 

 

Sumber:

 

https://farmasi.ugm.ac.id/id/perlunya-peningkatan-sistem-imun-pada-pandemi-covid-19/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6335834/

https://www.ijpsonline.com/articles/immunomodulatory-effects-of-propolis-and-its-components-on-basic-immune-cell-functions-3658.html

https://tirto.id/tanda-sistem-imun-tubuh-lemah-dan-cara-mengatasinya-f45p

https://www.halodoc.com/artikel/waspada-ini-6-gejala-sistem-imun-tubuh-yang-melemah

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200220094602-255-476375/10-tanda-daya-tahan-tubuh-lemah

https://www.perdoski.id/article/detail/869-penyakit-autoimun-ternyata-juga-bisa-menyerang-kulit

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]