Berita

Sering Merasa Lelah Karena Virtual Meeting? Ini Penyebabnya!

Era pandemi virus Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan gaya hidup, yang kemudian kita sebut sebagai New Normal atau Adaptasi Kehidupan Baru. Salah satunya, adalah penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang juga berpengaruh pada kehidupan pekerjaan. WFH (Work from Home) pun menuntut pekerja untuk bekerja di rumah, sehingga pertemuan dialihkan menjadi virtual meeting.

 

Faktanya, virtual meeting ternyata tak hanya menyita waktu namun juga lebih banyak energi. Tanpa sadar, ternyata virtual meeting terasa lebih melelahkan dibanding pertemuan langsung. Padahal, pada prakteknya lebih sederhana, hanya tinggal menyambungkan video konferensi dengan gadget.

 

Apakah Anda sering merasa lelah karena virtual meeting? Atau Anda merasa aneh padahal hanya duduk dan berdiskusi tapi seperti sehabis melakukan pekerjaan berat? Sebelumnya mari mencari tahu lebih dalam apa itu virtual fatigue.

 

Virtual Fatigue

 

Kondisi Anda sering merasa lelah karena virtual meeting disebut pula sebagai Virtual Fatigue. Kondisi tersebut muncul setelah melakukan aktivitas secara daring. Dilansir dari Kompas.com, Situs National Geographic pada 24 April 2020 menuliskan bahwa pandemi Covid-19 telah membuktikan apa yang selama ini diprediksikan: interaksi virtual bisa jadi sangat melelahkan bagi otak.

 

Virtual fatigue bisa muncul karena adanya perubahan kebiasaan. Jika biasanya Anda bisa bertemu langsung dengan atasan maupun rekan kerja lewat rapat atau meeting tatap muka langsung, kini semua hanya lewat laptop atau ponsel.

 

Gejala Virtual Fatigue

 

Tidak disadari, virtual fatigue juga menunjukkan beberapa tanda yang bisa Anda diagnosa secara dini.  Virtual fatigue bukan gangguan psikologi, namun kalau berkepanjangan juga dapat mengganggu produktivitas dan kesehatan mental.

 

- Fokus berkurang

 

- Kemampuan mengolah informasi melambat

 

- Motivasi menurun

 

- Otot terasa pegal dan kaku

 

- Reflek atau respon melambat

 

- Mudah tersinggung

 

- Sulit membuat keputusan

 

- Koordinasi tangan dan mata menurun

 

Penyebab Virtual Fatigue

 

Pemicu utama tentu karena Adaptasi Kebiasaan Baru, namun ternyata ada beberapa faktor yang juga memengaruhi rasa lelah akibat meeting online ini.

 

- Harus Lebih Fokus Pada Ekspresi

Rasa lelah akibat virtual meeting terjadi karena Anda diharuskan berfokus pada ekspresi selama pertemuan daring berlangsung. Anda dituntut harus memperhatikan seluruh ekspresi termasuk nada suara, body language, dan ekspresi wajah.

 

- Perasaan Diawasi Kamera

Penyebab lainnya adalah secara tidak langsung ada perasaan selalu diawasi kamera. Jadi Anda merasa tegang dan tidak bebas untuk bergerak. Kemudian Anda juga jadi lebih fokus melihat diri sendiri, memperhatikan gestur sendiri, sehingga rasa insecure ini membuat Anda menjadi lelah.

 

- Terlalu Lama Fokus Pada Layar

Ketika virtual meeting, Anda dituntut untuk selalu berfokus pada layar, baik memperhatikan lawan bicara maupun melihat presentasi yang sedang di-share screen. Terlalu lama berfokus melihat atau memproses informasi melalui daring tersebut tentu membuat Anda merasa jauh lebih lelah.

 

- Kendala Teknologi

Syarat untuk melakukan virtual meeting yang lancar tentunya adalah koneksi internet yang lancar dan kuat. Namun, seringkali hal teknis seperti ini terjadi karena gangguan yang tak bisa dihindari. Terlalu khawatir akan kendala ini kemudian mendominasi perasaan Anda dan mengakibatkan Anda menjadi lebih lelah.

 

How HDI Helps?

 

Ketahuilah, rasa lelah akibat meeting online kerap terjadi dan normal adanya. Solusinya, Anda bisa mempersiapkan diri dan teknisnya terlebih dahulu. Persiapkan diri lebih baik lagi dengan penampilan yang rapi dan istirahat yang cukup sebelum meeting online. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat dan tentunya, mengonsumsi produk HDI seperti Four Star agar nutrisi terpenuhi dan daya tahan tubuh lebih kuat.

 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]