Berita

Ketahui Status Gizi Anda Lengkap dengan Klasifikasinya

Tahukah jenis status gizi yang sesuai dengan Anda?

 

Selain satu-satunya penghujung bulan selain tanggal 30 atau 31, tanggal 28 Februari juga diperingati di Indonesia sebagai Hari Gizi Nasional. Meski begitu, gizi hingga kini masih jadi salah satu persoalan pelik di Indonesia. Berbagai persoalan gizi buruk yang masih terjadi nyatanya disebabkan berbagai faktor yaitu ekonomi, sosial, budaya, pola pengasuhan, lingkungan dan pendidikan.

 

Jadi bukan hanya karena faktor ekonomi atau kemiskinan, masalah gizi juga disebabkan banyak hal, termasuk pendidikan. Hal terakhir yang disinggung pada paragraf sebelumnya ini jadi salah satu faktor paling penting. Ketidaktahuan masyarakat akan gizi bisa menjadi pemicu buruknya kualitas gizi. Salah satunya adalah status gizi.

 

BACA JUGA: Apa Itu Immune Booster?

 

"Status Gizi"

 

Sebagai lembaga atau organisasi kesehatan dunia, WHO, telah menetapkan standar untuk membuat klasifikasi status gizi seseorang berdasarkan berat badan, tinggi badan dan usia. Status gizi sendiri adalah kondisi kesehatan yang dipengaruhi oleh penggunaan dan asupan berbagai zat gizi.

 

Lalu apa saja status gizi yang sudah ditetapkan WHO sebagai salah satu indikator kesehatan seseorang? Berikut ini tiga pembagian klasifikasinya:

 

Anak di Bawah Usia 5 Tahun

gizi anak usia 5 ke bawah

1. Berat Kurang (Underweight)

Status ini melekat pada anak jika memiliki berat badan di bawah rata-rata anak seusianya. Meski begitu, indikator ini sejatinya tidak menunjukkan indikasi adanya masalah gizi yang berat pada anak. 

 

2. Pendek/Kuntet (Stunting)

Anak dikatakan masuk dalam status yang satu ini jika memiliki tinggi yang tidak sama (lebih pendek) dari rata-rata anak seusianya. Hal ini disebabkan kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup panjang sehingga terhambat pertambahan tingginya. 

 

3. Kurus (Wasting)

Status berikutnya hampir sama dengan yang ada di nomor 2. Bedanya, seorang anak dikatakan kurus apabila memiliki berat badan di bawah rata-rata anak yang sepantar dengannya. Selain kurang asupan gizi, hal ini juga bisa disebabkan adanya penyakit semisal infeksi pencernaan. 

 

4. Gemuk

Ketika si anak memiliki berat badan yang lebih besar dari rata-rata anak lainnya, maka ia masuk dalam status gizi yang satu ini. Tak perlu khawatir karena di usianya yang masih sangat belia, perubahan pola makan dan asupan gizi yang lebih teratur dapat memperbaiki berat badannya.

 

Tentu Anda tidak ingin sang buah hati masuk dalam kategori status gizi yang tidak normal, bukan? Tak perlu khawatir karena Anda bisa membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan gizi mereka dengan memberikan HDI KIDSTM Kids3

 

Anak Usia 5-18 Tahun

gizi remaja

1. Pendek/Kuntet (Stunting)

Di usia 5-18 tahun, tinggi anak masih terus bertambah. Jadi tak perlu terlalu panik jika Anak di usia ini terlihat lebih pendek. Perbaiki pola asupan gizi dan anjurkan mereka untuk rajin berolahraga, maka kesempatan untuk bisa mencapai tinggi badan normal sangatlah besar.

 

2. Kurus, Gemuk dan Obesitas

Secara umum, penjelasan untuk status gizi yang satu ini sama seperti yang berlaku bagi anak usia di bawah 5 tahun. Hanya saja, perbaikan asupan gizi dan pola hidup anak harus lebih diperketat untuk bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal.

 

Di usia yang mulai beranjak remaja, menjaga agar gizi mereka tetap baik bukanlah perkara mudah. Terlebih dengan pergaulan dan pola hidup mereka yang kadang terkesan sembarangan. Mengonsumsi HDI NaturalsTM Clover Honey jadi salah satu solusi tepat untuk menjaga agar gizi mereka tetap terjaga. 

 

Dewasa (Usia di Atas 18 Tahun)

gizi orang dewasa

 

Khusus untuk orang dewasa, ada satuan bernama IMT atau indeks massa tubuh untuk mengklasifikasi status gizi. IMT sendiri adalah hasil penghitungan yaitu membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (m2). Berikut klasifikasinya:

 

1. Kurus

Jika IMT Anda kurang dari 18,5.

 

2. Normal

Jika IMT Anda berada di kisaran 18,5-24,9.

 

3. Overweight

Jika IMT Anda berkisar antara 25-27.

 

4. Obesitas

Jika IMT yang Anda miliki lebih dari 27.

 

Bagi Anda yang usianya sudah cukup lanjut, pola hidup yang teratur dan rutin berolahraga dapat menjadi beberapa contoh yang bisa diterapkan untuk bisa mencapai status gizi normal. Mengonsumsi HDI OriginsTM Dynamic 3 juga jadi salah satu pilihan tepat untuk membantu menjaga gizi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh.

 

Jadi, masuk dalam golongan status gizi manakah Anda dan anak Anda? 

 

Referensi:

WHO. (2016). Nutrition Landscape Information System (NLIS) Country Profile Indicators: Interpretation Guide.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]