Berita

Waspadai Wabah DBD dengan 3M Plus

Nyamuk demam berdarah ternyata bersarang di sini..

 

Meski sudah banyak artikel maupun literasi yang membahas mengenai hal ini, faktanya masih banyak dari kita belum mengetahui dan menyadari di mana nyamuk Demam Berdarah Dengeu (DBD) atau Aedes aegypti bersarang. Sebagian besar orang masih mengira bahwa nyamuk DBD bersarang di tempat atau area yang kotor. Padahal, nyamuk jenis ini lebih menyukai tempat bersih khususnya air.

 

Ya! Nyamuk DBD ternyata lebih gemar bersarang di genangan air bersih. Bahkan, mereka juga berkembang biak di sana. Tidak melulu berada di luar rumah, genangan air bersih nyatanya bisa kita temukan di berbagai area dalam rumah. Tempat-tempat semisal bak mandi, bak penampungan air, dispenser tergenang hingga tempat atau wadah minum hewan peliharaan adalah contoh beberapa tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk DBD.

 

BACA JUGA: Perbedaan Obat dan Suplemen

 

Jadi, seharusnya Anda tidak lagi salah kaprah dengan hanya sekadar membersihkan tempat atau area kotor yang ada di rumah dan lingkungan sekitar Anda. Perhatian akan berbagai area dengan genangan air bersih patut Anda tekankan. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah wabah DBD? Salah satunya adalah dengan menggalakkan gerakan 3M Plus.

 

 

Apa itu 3M Plus?

 

cegah demam berdarah dbd 3m plus

Sumber: depkes.go.id

 

Dalam rangka pencegahan akan demam berdarah, Anda pasti pernah mendengar istilah 3M yang merupakan kepanjangan dari Menutup, Menguras dan Mengubur. Lebih dari sekadar 3M, Departemen Kesehatan (Depkes) Indonesia kini mengeluarkan gerakan baru yang dinamakan 3M Plus. 

 

Gerakan 3M Plus sendiri mengajurkan kita semua agar selain menutup, menguras dan mengubur, perlu juga untuk kita menghindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu dan memakai obat nyamuk. Dengan mengimplementasikan gerakan 3M Plus secara konsisten, niscaya nyamuk DBD tidak lagi memiliki tempat berkembang biak dan tentunya menyulitkan mereka untuk menyebarkan wabah DBD. 

 

Selain itu, alangkah baiknya agar Anda juga mengonsumsi multivitamin dan suplemen kesehatan yang membantu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari wabah DBD. Tidak perlu bingung, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada HDI Propoelix dan HDI Propoelix Plus

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]