Berita

Apa Itu Bipolar?

Sejak merebaknya pemberitaan mengenai artis Marshanda yang didiagnosis menderita Bipolar Disorder, nama penyakit yang tidak cukup umum sebelumnya ini pun mulai banyak dibicarakan orang-orang. Sebenarnya apakah Bipolar Disorder itu?


Bipolar disorder atau gangguan bipolar adalah salah satu jenis gangguan kejiwaan di mana seseorang memiliki periode-periode bergantian antara sangat bahagia atau sangat berenergi yang disebut manik dengan periode depresi. Masing-masing periode bisa berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu, bisa juga berganti secara ekstrim hanya dalam beberapa detik saja.

Kata bipolar sendiri berasal dari bi (dua) dan polar (kutub) yang berarti memiliki dua kutub yang berlainan, yaitu kutub manik dan kutub depresi. Sebelum disebut bipolar disorder, penyakit ini juga disebut manic depressive.


Gangguan bipolar bisa terjadi pada pria ataupun wanita, biasanya mulai terjadi pada umur antara 15 sampai 25 tahun. Diagnosa pada wanita terutama yang masih berumur sangat muda, biasanya lebih lama, karena adanya perubahan hormon dan episode yang muncul seringkali depresinya saja sehingga sering didiagnosa sebagai gangguan depresi mayor. Sampai saat ini, penyebab dari gangguan ini belum diketahui, meskipun rata-rata pengidap gangguan bipolar memiliki anggota keluarga lain yang mengalami hal yang sama.

Ciri-ciri ketika seseorang sedang mengalami episode depresi adalah: merasa sedih, tidak mood, susah berkonsentrasi dan mengingat sesuatu, tidak nafsu makan, letih, lesu, merasa tidak berharga, merasa tidak memiliki harapan, tidak berminat melakukan aktivitas yang biasanya ia nikmati, tidak percaya diri, susah tidur atau terlalu lama tidur, tidak ingin bertemu teman-teman, dan memiliki keinginan untuk bunuh diri.


Orang-orang yang memiliki gangguan bipolar memiliki risiko tinggi untuk bunuh diri. Mereka bisa terjerumus kepada alkohol atau obat-obatan terlarang, yang akan membuat gejala tambah buruk dan risiko bunuh diri tambah tinggi.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]