Berita

HDI Hive Menteng Raih Sertifikat Greenship Existing Building

Isu perubahan iklim semakin marak beberapa tahun belakangan ini dengan berbagai dampaknya untuk lingkungan dan makhluk hidup di bumi. Tak heran kampanye peduli lingkungan gencar dilakukan.

 

Salah satunya, tepat pada 10 Januari, kita memperingati hari gerakan satu juta pohon. Gerakan satu juta pohon diperingati setiap tanggal 10 Januari sebagai salah satu upaya penyelamatan hutan dan pelestarian lingkungan.

 

Tujuan peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia ini adalah untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, sejuk dan juga asri. Peringatan ini mengajak kita untuk terus melestarikan pohon yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia.

 

Dilansir dari Knowledge Centre Perubahan Iklim milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim.

 

Seperti spons/busa, pohon menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lainnya. Melalui gerakan menanam pohon ini, permasalahan pemanasan global diharapkan dapat teratasi.

 

Karena itu pula, Gedung HDI Hive Menteng turut berperan aktif mengurangi efek buruk pemanasan global dengan menjadikan gedung ini sebagai ‘gedung hijau’ atau green building.

 

Hal ini menjadi salah satu langkah yang dilakukan untuk mengurangi sumbangan emisi ke lingkungan sekitar dengan mengubah dari bangunan existing menjadi bangunan hijau, yang diharapkan dapat meminimalisir pengalihan lahan hijau, penggunaan sumber daya alam, energi, dan air.

 

Gedung bersertifikat Greenship menjadi tolok ukur dalam perwujudan gerakan green building. Untuk itu HDI Hive Menteng mengikuti kegiatan Sertifikasi Greenship, sebuah produk sistem rating yang dikeluarkan organisasi nonprofit, Green Building Council Indonesia (GBCI).

 

Dengan melewati berbagai proses selama kurang lebih 9 bulan, HDI Hive Menteng akhirnya berhasil mendapat Sertifikat Greenship Existing Building dengan pencapaian gold.

 

Acara seremoni penyerahan sertifikat dan plakat dilakukan pada 29 Agustus 2022 yang dihadiri Ibu Setyawati Susantio, Key Leader Treasury HDI Indonesia, Ibu Fitri Agustini, Team Leader Building Management HDI Hive Menteng, Bapak Iparman Oesman, Sekretaris Jenderal GBCI, dan Bapak Nugroho, Manager PT. Sertifikasi Bangunan Hijau.

 

Fakta Sertifikat Greenship HDI Hive Menteng

• > 30% dari luas Gedung HDI Hive Menteng merupakan area Hijau Terbuka

Gedung HDI Hive Menteng

 

• Membuat Urban Farming (Hidroponik) untuk mengubah kebiasaan konsumsi sayur-sayuran penghuni Gedung HDI Hive Menteng

Hidroponik

 

• Membuat tangki pemanfaatan air hujan.
Inovasi Pengurangan beban volume limpasan air hujan sebesar 50% dari total volume limpasan air hujan.

 

• Pemakaian listrik yang lebih hemat.
Intensitas Konsumsi Energi (IKE) di Gedung HDI Hive Menteng adalah 73 kWh/m2/year, atau 70% lebih rendah dari standard IKE GBCI ( 250 kWh/m2/year).

 

Air

• Menghemat pemakaian air.
80% dari total unit keran air di Gedung HDI Hive Menteng pada area publik menggunakan fitur auto stop.

Berdasarkan data 2021 pemakian di Gedung HDI Hive Menteng 28,73 Liter/orang per hari, jauh lebih hemat dibawah Standard SNI yakni 50 Liter/orang per hari.

 

• Melakukan pemilahan sampah terpisah

Sampah

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com