Berita

Cara Turunkan Demam Anak Secara Alami dengan Propoelix™

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta apotek menghentikan penjualan obat cair seperti paracetamol sirup maupun obat sirup lainnya karena diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal akut misterius pada anak. Lalu bagaimana cara turunkan demam anak secara alami?

 

Demam pada dasarnya merupakan kondisi alami yang menandakan bahwa tubuh tengah berjuang melawan berbagai patogen yang masuk ke dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh sedang menjalankan tugasnya, yang kemudian menyebabkan tubuh demam.

 

Suhu tubuh normal pada anak berkisar di antara 36-37 derajat Celcius. Disebut demam jika suhu tubuh telah mencapai lebih dari 37,8 derajat Celcius dalam pengukuran di mulut.

 

Gangguan ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak di Indonesia menjadi perhatian masyarakat belakangan ini. Sebelumnya di Gambia terdapat kasus serupa, tetapi penyebabnya karena obat sirup parasetamol yang mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG).

 

Lalu bagaimana cara turunkan demam anak secara alami? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

 

Mandi Air Hangat

Coba mandikan anak dengan air hangat atau ruam-ruam kuku, akan membantu turunkan demam si kecil.  Jangan memandikannya dengan air dingin karena akan membuatnya kedinginan.

 

Jika tidak mungkin untuk memandikannya, lap tubuh anak dengan handuk hangat basah.

 

Pijat dengan Ramuan Herbal

Campurkan minyak kayu putih dengan 2-3 parutan bawang merah, ditambah seiris jeruk nipis. Bila minyak kayu putih terlalu keras, dapat diganti dengan minyak kelapa.

 

Pijat tubuh si kecil dengan ramuan herbal ini, terutama pada punggung, dada, dan perut anak.

 

Kompres

Cara ini adalah yang paling umum dilakukan sejak dulu, karena paling mudah dilakukan dan efektif.

 

Kompres dahi si kecil dengan handuk basah yang sudah direndam di air hangat.

 

Perbanyak Cairan

Salah satu efek demam pada anak adalah dehidrasi atau kurangnya cairan pada tubuh.

 

Cobalah untuk memberi si kecil minum air mineral yang banyak. Memberikannya sup ayam juga terbukti efektif menurunkan demam. Bisa juga dengan memberikannya teh herbal, seperti teh jahe atau madu.

 

Perbanyak Tidur atau Istirahat

Istirahat membuat suhu tubuh mudah reda. Jika si kecil terus aktif bergerak, tubuh akan lelah dan temperatur tubuh akan meningkat.

 

Berikan Makanan Bergizi

Berikan makanan bergizi tinggi agar daya tahan tubuh si kecil membaik.

 

Tidak mudah memberi makan anak yang sedang demam, karena selera makannya jadi menurun. Jadi pastikan apa yang ia makan benar-benar bergizi. Kuah kaldu dari rebusan ayam atau daging bisa jadi alternatif untuknya.

 

Berikan PropoelixTM

Propoelix™ memiliki kandungan CAPE (Caffeic Acid Penethyl Ester), yaitu senyawa yang terbukti mampu menghambat peradangan (antiinflamasi).

 

Selain itu, Propoelix™ juga memiliki nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) hingga 21.921, dimana kandungan antioksidannya 913 kali lebih banyak dari buah Jeruk yakni 24.

 

Dengan kandungan antioksidan sebesar itu, Propoelix™ terbukti mampu melawan proses oksidasi yang merugikan.

 

Anjuran minum untuk anak saat demam adalah 3x1 kapsul sehari. Untuk anak di bawah 2 tahun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke Medical Consultan HDI apabila ada kondisi tertentu.

 

Dapatkan Propoelix™ di HDI Store dengan klik di sini atau kunjungi Center terdekat di kotamu.

 

Sumber Artikel:

https://kesehatan.kontan.co.id/news/selain-paracetamol-ini-alternatif-obat-demam-di-apotek

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221019103852-255-862491/5-alternatif-paracetamol-alami-ampuh-bikin-demam-si-kecil-mereda

https://www.kompas.com/tren/read/2022/10/19/113000965/apa-obat-penurun-panas-untuk-anak-selain-parasetamol-ini-kata-ahli?page=all

https://www.tribunnews.com/kesehatan/2022/10/20/apa-alternatif-obat-demam-dan-nyeri-untuk-anak-selain-parasetamol-sirup-ini-kata-pakar-farmasi-ugm?page=2

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/maey/cara-mengatasi-demam-pada-anak-dengan-bahan-alami?page=all

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com