Berita

Cara Menghadapi Penolakan dan Tips Anti Minder ala Leader HDI

Menjadi leader atau pemimpin memang tidak mudah jalannya. Ada banyak tantangan untuk bisa menjadi leader yang baik. Tidak hanya tantangan dari luar, namun juga hambatan dari dalam diri. Misalnya saja, menghadapi penolakan orang lain merupakan tantangan dari luar, sedangkan rasa minder atau kurang percaya diri adalah hambatan dari dalam.

 

Menghadapi penolakan dan rasa minder atau kurang percaya diri bisa jadi saling berkesinambungan. Contoh, ketika kita sudah mencoba dan ditolak oleh orang lain, akibatnya kita jadi minder, menyalahkan diri sendiri ataupun murung, dan kemudian jadi susah untuk kembali mencoba.

 

Hal ini tentunya menjadi tantangan sendiri untuk menjadi leader yang baik, seperti, karena kepribadian yang kuat adalah salah satu syaratnya. Berikut ini cara menghadapi penolakan dan tips anti minder ala leader HDI yang dirangkum dalam sesi LIVE acara EVOLVE di bulan September 2022 lalu.

 

HDI TALK LIVE

 

Cara Menghadapi Penolakan ala Jihan Luthfiya

Sebagai seorang yang baru bergabung di HDI, Jihan telah mencapai posisi Stakeholder dan peraih status Star Crown dalam waktu yang singkat. Tentunya, kesuksesan ini tidak mudah ia dapatkan. Penolakan adalah tantangan yang kerap ia terima.

 

“Ya. tetep aja nggak langsung sukses menjalankan bisnis tersebut, pasti ada namanya penolakan. Tapi, gimana caranya untuk kita mau (berusaha), sebenernya kan itu,” ujarnya di sesi LIVE pada EVOLVE hari kedua.

 

Namun, ditolak bukan berarti ia langsung menyerah. Penolakan tersebut malah memotivasinya untuk mencari tahu lebih banyak lagi dan memperbaiki apa yang menjadi kekurangannya.

 

“Jujur saya yang masih banyak kekurangan, apalagi di dunia network marketing gitu, ya pastinya saya harus banyak belajar.  Saya harus terus mau banyak mendengarkan orang lain, khususnya mentor-mentor kita, itulah yang terus saya lakukan. Sehingga ketika saya terus melakukan, saya jadi merasa, oh mudah, gitu kan, ditolak udah biasa,” ceritanya.

 

Jihan juga percaya, sekecil apapun usaha yang kiita lakukan, jika kita konsisten, pasti akan memberikan hasil yang baik.

 

“Sekecil apapun action-nya kalau kita lakukan secara terus-menerus itu akan menghasilkan pastinya,” ucapnya dengan yakin.

 

HDI TALK LIVE 2

 

Tips Leader Anti Minder ala Tuti Kurniawan

Tuti Kurniawan menjalani bisnis HDI-nya lebih dari 15 tahun. Selama itu pula, pastinya beliau sudah melewati berbagai “asam dan garam” di bisnis ini. Hal itu kemudian yang juga membentuknya menjadi pribadi leader atau pemimpin yang baik.

 

“Saya bisa melakukan hal yang katanya susah, itu adalah proses, yang tadinya saya juga nge-gubrak,” katanya.

 

Nah, salah satu tantangan yang ia hadapi adalah, ketika banyak rekannya yang mengeluhkan bahwa mereka mengalami rasa minder atau kurang percaya diri. Ia meyakini bahwa rasa minder itu harus dihadapi dan diatasi. Salah satu caranya dengan self-branding yang benar dan baik.

 

“Kita harus profesional, cara berpakaian profesional, cara bicara profesional. Jangan bilang nggak bisa dulu, latihan aja terus,” ujarnya di sesi LIVE yang sama dengan Jihan Luthfiya.

 

"Jangan sampai Anda merasa bahwa kita tuh nggak bisa, karena, mau (berusaha) atau tidak mau (berusaha), yang jadi masalahnya,” tambahnya. Tuti Kurniawan meyakini, perubahan hanya bisa dilakukan berdasarkan kemauan dari dalam diri sendiri.

 

Yuk, rayakan perubahan menjadi diri yang lebih baik untuk menjadi pemimpin, baik untuk diri sendiri maupun sekitar kita.

 

Ingin tahu tips leader lainnya? Bergabung bersama HDI dalam kampanye The Leader Within untuk meraih kesuksesan dan berdampak bagi sesama.

 

Perubahan dimulai dari sekarang, untuk masa depan yang lebih baik.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com