Berita

Rayakan Pekan ASI Sedunia, Ini 5 Fakta Menakjubkan Tentang ASI

Pekan ASI Sedunia dirayakan pada tanggal 1 – 7 Agustus setiap tahunnya. Perayaan ini dilakukan untuk mendukung dan mengedukasi pentingnya pemberian ASI kepada bayi untuk kesehatan bumil dan masyarakat.

 

Ada beragam bukti ilmiah bahwa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya untuk tumbuh dan berkembang. Kemudian berlanjut setidaknya selama 12 bulan bersama dengan makanan padat (MPASI).

 

MPASI disebut menjadi momen yang tepat bagi bayi untuk mendapat manfaat dari ASI secara optimal. Manfaat ini bisa didapatkan oleh bayi karena kandungan dan kemampuan ASI serta fakta-fakta menarik lainnya.

 

Pengen tau apa saja? Cek di bawah ini, ya.

 

ASI mudah dicerna oleh bayi dibanding susu formula

ASI mengandung dua jenis protein yang cukup seimbang, yaitu whey sekitar 60 persen dan kasein 40 persen. Keseimbangan protein inilah yang memungkinkan ASI lebih mudah dicerna oleh bayi.

 

ASI berbeda dengan susu sapi dan susu formula bayi yang mengandung protein kasein lebih tinggi. Misalnya, susu sapi mengandung sekitar 80% protein kasein dan 20% whey

 

ASI bisa mencegah infeksi

Pasalnya, sekitar 60-80% protein pada ASI adalah whey, yang memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari infeksi.

 

Lebih spesifik, protein IgA sekretori dalam ASI dapat melindungi bayi dari infeksi virus dan bakteri, sedangkan lysozyme dapat melindungi bayi dari infeksi bakteri E. Coli dan Salmonella yang menyerang pencernaan.

 

ASI mengandung semua nutrisi yang bayi butuhkan

Bukan cuma protein, faktanya, ASI mengandung berbagai nutrisi lain yang bayi butuhkan, terutama untuk perkembangan bayi baru lahir.

 

Ini termasuk lemak untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi, karbohidrat (terutama laktosa) untuk mengurangi bakteri tidak baik di perut dan meningkatkan penyerapan kalsium, fosfor, dan magnesium.

 

Tak lupa, ada pula berbagai jenis vitamin untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

 

ASI bisa meningkatkan IQ

Berdasarkan penelitian pada jurnal BMC Pregnancy and Childbirth, bayi yang mendapat ASI eksklusif memiliki IQ sekitar 2,1 poin lebih tinggi dibandingkan bayi yang hanya mendapat susu formula saat usianya 8 tahun.

 

Sementara bayi yang mendapat campuran ASI dan susu formula memiliki IQ 1,5 poin lehih tinggi dibandingkan bayi yang hanya mendapat susu formula.

 

Namun, ada faktor lainnya juga yang bisa meningkatkan IQ anak, seperti pendidikan ibu dan ayah, berat badan lahir yang lebih tinggi, serta faktor lingkungan tempat tinggal/

 

Vitamin dalam ASI tergantung pada asupan ibu

American Pregnancy Association menyebut bahwa jumlah dan jenis vitamin dalam ASI tergantung pada apa yang ibu makan.

 

Itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan asupan dan nutrisi ibu menyusui agar vitamin untuk bayi bisa terpenuhi, misalnya vitamin A, B, C, D, E, dan K

 

Penuhi nutrisi dengan mengonsumsi suplemen alami yang teruji klinis, yaitu HDI Origins™ Royal Jelly Liquid.

 

HDI Origins™ Royale Jelly merupakan royal jelly cair murni dicampur dengan madu murni sebagai pengawet alami. Faktanya, royal jelly adalah makanan utama ratu lebah dan merupakan rahasia umur panjangnya.

 

HDI Origins™ Royale Jelly mengandung berbagai nutrisi alami, termasuk protein, asam amino, vitamin B (B1, B2, B6, B12, Biotin dan Asam Folat), juga mineral (Potasium, Kalsium Sodium, Zinc, Besi, Tembaga dan Manganese) dan enzim penting.

 

Penelitian menunjukkan Royal Jelly tidak hanya memberi asupan protein susu, lemak, dan antioksidan alami untuk ASI, tapi juga meningkatkan produksi ASI.

 

RJL Awards Pregnancy 2022

 

HDI Origins™ Royal Jelly tersedia dalam bentuk liquid ukuran 150 gram/jar. Beli sekarang di sini atau kunjungi Center HDI terdekat di kotamu, cek listnya di sini.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com