Berita

5 Akibat yang Akan Menimpa Manusia Jika Lebah Punah

Lebah adalah makhluk kecil yang keberadaannya sangat penting bagi manusia dan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, produk-produk perlebahan sangat baik untuk kesehatan manusia.

 

Saat ini, terdapat sekitar 20.000 spesies lebah di dunia. Menjadi hewan yang paling penting dalam proses penyerbukan tanaman, ternyata populasi lebah mengalami penurunan jumlah setiap tahunnya.

 

Lebah pun terancam punah. Hal ini dikarenakan penggunaan insektisida dan herbisida, hilangnya habitat, juga pemanasan global.

 

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana jadinya jika lebah benar-benar punah? Berikut 5 akibat yang akan menimpa manusia jika lebah punah:

 

Hilangnya Pasokan Madu di Bumi

 

Tentu saja, jika lebah punah, maka tak akan ada lagi pasokan madu di dunia. Padahal, madu telah membantu meningkatkan kesehatan manusia sejak 9.000 tahun silam.

 

Saat madu hilang, maka manusia akan kehilangan bahan dengan segudang manfaat untuk kesehatan, kecantikan, bahan makanan, dan bahan dasar pembuatan lilin.

 

Sayuran dan Buah Gagal Panen

 

Selain menghasilkan madu, lebah juga memiliki peran penting dalam ekosistem dunia. Menurut sebuah laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dari 100 spesies tanaman yang menyediakan 90 persen pasokan makanan dunia, lebih dari 70 persen-nya diserbuki oleh lebah.

 

Maka, kemungkinan jika lebah punah,separuh dari  makanan di toko kelontong juga akan hilang. Termasuk di dalamnya makanan sehari-hari seperti almond, apel, alpukat, kacang mete, blueberry, anggur, persik, paprika, stroberi, jeruk, semangka dan lain sebagainya.

 

Kapas Juga Akan Gagal Panen

 

Lebah tidak hanya melakukan penyerbukan pada tanaman yang menghasilkan buah dan sayuran saja, tapi juga pohon kapas.

 

Jika lebah punah, pakaian berbahan katun dan sutra akan sulit sekali didapatkan, karena kapas adalah bahan dasarnya.

 

Malnutrisi Menyerang Seluruh Dunia

 

Akibat pasokan pangan yang mengalami hambatan karena kepunahan lebah, tubuh manusia akan mengalami malnutrisi. Pertumbuhan organ pada anak-anak pun akan terhambat dan daya tahan tubuh manusia tidak lagi optimal.

 

Kriminalitas Meningkat

 

Dengan berbagai sektor kebutuhan hidup yang jadi langka akibat lebah punah, maka perusahaan-perusahaan pangan, pakaian, atau yang terkait dapat mengalami kebangkrutan karena dampak tersebut. Akibatnya, pengangguran terjadi dimana-mana, sehingga angka kriminalitas pun akan meningkat.

 

Hii… Ngeri, ya! Ternyata lebah berperan sangat penting tidak hanya untuk kesehatan tapi kesejahteraan manusia dan lingkungan. Tanpa sadar, kita begitu bergantung pada lebah dalam kehidupan sehari-hari kita.

 

Maka dari itu, mari sama-sama tingkatkan kepedulian dengan melindungi populasi lebah. Memperingati World Bee Day pada tanggal 20 Mei, #SaveTheBees dimulai dari diri kita sendiri. Yuk, kita jaga kelestarian lebah dan bagikan info ini ke teman-temanmu, ya!

 

Sumber Artikel:

https://www.idntimes.com/science/discovery/m-tarmizi-murdianto/akibat-lebah-punah

https://www.liputan6.com/global/read/3669726/5-hal-buruk-yang-akan-menimpa-manusia-jika-lebah-punah

https://kumparan.com/dasar-binatang/apa-yang-terjadi-jika-lebah-tak-ada-1uh8vdRZr39

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com