Berita

Kenapa Ya, Sarang Lebah Bentuknya Hexagon?

Lebah adalah hewan terpenting di bumi yang harus kita jaga kelestariannya. Pasalnya, lebah membantu penyerbukan tumbuhan sehingga tumbuhan bisa menjadi sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya.

 

Tidak hanya itu, lebah juga menghasilkan madu yang kaya manfaat untuk bisa dikonsumsi manusia. Tapi, penasaran nggak sih, kenapa sarang lebah bentuknya hexagon, ya?

 

Yuk, kita bahas di bawah ini!

 

Fungsi Sarang Lebah

 Dikutip dari bobo.grid.id, lebah sangat melindungi sarangnya karena ini adalah tempat tinggal dan tempat penyimpanan madu bagi seluruh koloni.

 

Di dalam sarangnya, lebah membangun struktur yang sesuai untuk fungsi tersebut. Meski terlihat seperti lingkaran, sebenarnya itu adalah ruang-ruang berbentuk segi enak yang berjajar rapi.

 

Lebah membutuhkan tempat yang bisa menyimpan nektar dari bunga tumbuhan yang diambilnya. Nektar tersebut kemudian akan diolah menjadi madu. Madu tidak hanya untuk konsumsi manusia tapi juga untuk dikonsumsi seluruh koloni lebah.

 

Agar bisa menjadi solusi yang bisa memenuhi kebutuhan lebah, dibangunlah ruang-ruang kecil di dalam sarang lebah. Ruangan itu harus cukup untuk seekor lebah dan bisa jadi tempat menyimpan nektar juga.

 

Mengapa Sarang Lebah Bentuknya Segi Enam

 Dalam hal membuat sarang, lebah menggunakan wax atau lilin. Memproduksinya pun membutuhkan waktu yang lama.

 

Setidaknya, lebah harus mengonsumsi sekitar 240 militer madu untuk bisa memproduksi 30 mililiter wax.

 

Jika ruangan di dalam sarang lebah dibentuk lingkaran, maka akan ada sisa ruang yang tidak terpakai di antara lingkaran-lingkaran yang padat.

 

Karenanya, lebah membangun ruang-ruang di dalam sarangnya dengan bentuk heksagon atau segi enam, yang memaksimalkan luas ruangan dan tidak menghabiskan banyak wax.

 

Segi enam memiliki struktur yang mirip dengan lingkaran, dibandingkan dengan segi tiga, segi empat, atau segi lima.

 

Namun, bedanya, segi enam yang disusun tidak menyisakan ruang seperti lingkaran, sehingga penggunaan wax jadi lebih efektif.

 

Hebat ya, ternyata lebah juga merupakan arsitek yang handal!

 

Nah, begitu pentingnya peran lebah dalam hidup kita, merupakan tugas kita sebagai manusia yang juga menikmati manfaatnya untuk menjaga kelestarian lebah.

 

Yuk, rayakan hari lebah sedunia dengan meningkatkan kepedulian dan wawasan akan lebah, sambil meningkatkan kesehatan dengan konsumsi produk perlebahan terbaik.

 

Spesial di bulan Mei, ada promo World BEE Day di HDI! Beli produk perlebahan favorit Anda sekarang, dengan min. belanja 150 BP atau 300 BP dapatkan doorprize produk GRATIS.

 

World Bee Day

 

Belanja sekarang jangan sampai kehabisan, klik di sini atau kunjungi Center terdekat di kota Anda.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]