Berita

Jangan Salah, Ini Kombinasi Vaksin Booster yang Wajib Anda Ketahui!

Meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi adalah hal yang wajib dilakukan. Selain menjalani protokol kesehatan dan gaya hidup sehat, Anda juga perlu mendapatkan vaksin Covid-19. Setelah mendapatkan vaksin primer 1 dan 2, Anda dianjurkan untuk mengikuti program vaksin booster.

 

Pemerintah mulai memberlakukan pemberian vaksin booster gratis untuk masyarakat umum mulai 12 Januari 2022. Semua masyarakat berhak mendapatkan vaksin booster. Namun untuk tahap pertama, vaksinasi booster untuk masyarakat umum diperuntukkan bagi orang lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan (penderita imunokompromais).

 

Anda tidak dapat memilih jenis vaksinasi booster. Jenis vaksin akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksin dosis 1 dan 2 serta ketersediaan vaksin di tempat layanan.

 

Jenis Kombinasi Vaksin Booster

 

Dikutip dari situs kemkes.go.id per tanggal 28 Februari 2022, kombinasi vaksin booster yang saat ini diberikan berdasarkan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri serta sudah dikonfirmasi oleh Badan POM dan ITAGI, meliputi:

 

• Untuk sasaran dengan vaksin primer Sinovac akan diberikan separuh dosis Astra Zeneca (0,25 ml), separuh dosis Pfizer (0,15 ml), atau dosis penuh Moderna (0,5 ml)

• Untuk sasaran dengan vaksin primer Astra Zeneca akan diberikan dosis penuh Astra Zeneca (0,5 ml), separuh dosis Pfizer (0,15 ml), atau separuh dosis Moderna (0,25 ml)

• Untuk sasaran dengan vaksin primer Pfizer akan diberikan dosis penuh Pfizer (0,3 ml), separuh dosis Moderna (0,25 ml), atau dosis penuh Astra Zeneca (0,5 ml)

• Untuk sasaran dengan vaksin primer Moderna akan diberikan separuh dosis Moderna (0,25 ml)

• Untuk sasaran dengan vaksin primer Janssen (J&) akan diberikan separuh dosis Moderna (0,25 ml)

• Untuk sasaran dengan vaksin primer Sinopharm akan diberikan dosis penuh Sinopharm (0,5 ml)

• Jika ada regimen dosis lanjutan yang baru akan di-update kembali oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

 Untitled-2-01-min.jpg

 

Cara Mendapatkan Vaksin Booster

 

Anda bisa mendapatkan vaksin booster setelah 3 bulan mendapatkan vaksin dosis kedua. Jadwal dan tiket vaksinasi akan muncul di aplikasi PeduliLindungi pada menu “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”.

 

Masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi. Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

 

Melalui website, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id dan mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan “Nama Lengkap” dan “NIK”, lalu klik periksa. Jika melalui aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

 

• Buka aplikasi PeduliLindungi

• Masuk dengan akun yang terdaftar

• Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”

• Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun

• Untuk cek tiket, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”

 

Jika termasuk kelompok prioritas (lansia dan PBI) dan sudah vaksin dosis kedua minimal 3 bulan tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, Anda bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

 

Sudah vaksin bukan berarti kebal, masih ada resiko terpapar virus. Tetap patuhi protokol kesehatan, jalani gaya hidup sehat, serta konsumsi suplemen perlebahan HDI yang alami dan teruji klinis.

 

How HDI Helps?

 

Spesial di bulan Maret 2022, ImmUNITY Set diperpanjang untuk menjaga daya tahan tubuh Anda dan keluarga. Beli sekarang sebelum kehabisan, klik di sini untuk belanja di HDI Store, atau kunjungi Center terdekat di kota Anda.

 

ImmUNITY Set.jpeg

 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com