Berita

Jenis dan Manfaat Vaksin Booster untuk Daya Tahan Tubuh

Sejak 12 Januari 2022, Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan bahwa vaksin booster dapat diberikan secara gratis dan bertahap kepada masyarakat.

 

Pemberian vaksin ketiga atau booster ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam melindungi warga dari ancaman kasus varian Covid-19, yakni Omicron yang saat ini tengah mewabah.

 

Terdapat berbagai jenis vaksin booster, ada yang menggunakan vaksin berbeda dengan vaksin utama, ada juga yang sama.

 

Nah, sebelum Anda mengikuti program vaksin booster, wajib tahu nih apa saja jenis dan manfaat vaksin booster untuk daya tahan tubuh, dikutip dari corona.jakarta.go.id dan halodoc.com.

 

Jenis Vaksin Booster

 Sebelumnya, untuk mendapatkan vaksin booster, Anda harus memenuhi beberapa syarat diantaranya: memiliki KTP Indonesia, prioritas lansia dan penderita masalah kekebalan tubuh, berusia 18 tahun ke atas, telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2, serta minimal 6 bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

 

Perbedaan jenis vaksin booster dengan dosis 1 dan 2 mengacu pada kombinasi vaksin yang dianjurkan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Di Indonesia, pemberian vaksin booster dilakukan dengan homolog (sama dengan vaksin sebelumnya) dan heterologi (berbeda dari jenis vaksin sebelumnya.

 

Ada 3 jenis vaksin booster: AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer, direkomendasikan karena cukup efektif untuk meningkatkan antibodi dan berpotensi melindungi diri dari varian Omicron.

 

Berikut ketentuan dari Kementerian Kesehatan untuk memiliki vaksin booster, sebagai berikut:

• Vaksin primer (dosis 1 dan 2) Sinovac, akan mendapatkan setengah dosis booster vaksin Pfizer atau AstraZeneca.

• Vaksin primer AstraZeneca, akan mendapatkan setengah dosis booster vaksin Moderna.

 

Tidak bisa digunakan untuk semua orang, berikut kriterianya sesuai dengan kondisi kesehatan:

 

Vaksin AstraZeneca hanya boleh digunakan untuk usia 18 tahun ke atas, tidak memiliki riwayat penyakit pembekuan darah, tidak memiliki alergi dari vaksin sebelumnya, bukan ibu hamil, dan jika ada penyakit komorbid disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

Vaksin Pfizer boleh digunakan untuk orang usia 16 tahun ke atas, tidak memiliki alergi berat, bisa digunakan bagi ibu hamil di atas 12 minggu, serta yang memiliki penyakit komorbid.

 

Vaksin Moderna boleh digunakan untuk orang usia 18 tahun ke atas, dan diprioritaskan untuk kelompok orang yang memiliki penyakit komorbid dan autoimun.

 

Manfaat Vaksin Booster

Meski hanya setengah dosis, vaksin booster terbukti memiliki peningkatan level antibodi yang relatif sama dengan vaksin dosis penuh.

 

Berikut ini 4 manfaat dari pemberian vaksin booster Covid-19:

• Mencegah infeksi virus Corona

• Mempertahankan tingkat kekebalan tubuh

• Memperkuat antibodi yang sudah terbangun

• Memperpanjang masa perlindungan dari virus

 

Perlu diingat, kondisi tubuh dan daya perlindungan yang dihasilkan vaksin pada setiap orang bisa berbeda-beda. Faktor lain yang juga memengaruhi adalah kesehatan tubuh, jenis vaksin yang diperoleh, serta varian virus corona yang tengah beredar. Namun, penerimaan vaksin dosis ketiga dinilai jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

 

Dengan melakukan vaksinasi segera dan menerapkan prokes secara ketat, diharapkan penularan virus Covid-19 dapat segera dikendalikan. Selalu kenakan masker saat harus beraktivitas di luar rumah, hindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

 

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, jangan lupa untuk menjaga pola hidup yang sehat dan mengonsumsi suplemen perlebahan dari HDI. Spesial bulan ini, dapatkan penawaran khusus ImmUNITY Set berisi produk unggulan: HDI NaturalsTM Clover Honey dan HDI PropoelixTM.

 

Beli sekarang di HDI Store dengan klik di sini atau kunjungi Center terdekat di kota Anda.

 

immUNITY Set-min.jpg

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com