Berita

Ragam Festival Unik di Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan dunia. Pasalnya, selain terkenal akan dunia hiburan-nya, Korea Selatan memiliki tradisi dan budaya yang unik. Misalnya saja, negeri Ginseng ini kerap mengadakan berbagai festival unik untuk memperkenalkannya.

 

Selain menikmati sejarah, budaya, seni, hingga kuliner asli Korea Selatan, dengan menghadiri berbagai festival ini dijamin wisata Anda akan semakin berkesan dan bermakna. Berikut ini adalah beberapa festival unik di Korea Selatan yang bisa Anda kunjungi.

 

Jindo Miracle Sea Road

 

Pulau Jindo mungkin kalah populer dari Jeju atau Nami, tapi tidak berarti tidak ada yang istimewa disini. Setiap bulan April, terdapat sebuah fenomena pasang surut air laut diantara pulau Jindo dan pulau Modo.

 

Di saat lautan surut, Anda bisa melihat sebuah jalan kecil yang menghubungkan kedua pulau ini. Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh seorang duta besar Prancis pada tahun 1975. Sejak itu, penduduk Jindo selalu menyambut hari di mana air laut surut dengan merayakan sebuah festival bernama Jindo Miracle Sea Festival. Meski terjadi di bulan April, namun tidak ada tanggal pasti kapan air laut akan surut.

 

Setiap kali fenomena ini terjadi, penduduk akan memakai sepatu boot karet oranye atau kuning dan berjalan melintasi jalanan ini sambil mencari kepiting, udang, atau ikan yang terdampar di sepanjang jalan rahasia yang muncul sekali dalam setahun ini.

 

Jinhae Cherry Blossom

 

Faktanya, bunga Sakura tidak hanya tumbuh di Jepang, tapi juga bisa Anda temui di Korea Selatan. Nikmati indahnya bunga Sakura bermekaran selama bulan April dan Mei di kota Jinhae. Setiap tahunnya, festival ini berhasil menarik ratusan ribu orang termasuk turis asing untuk datang dan menikmati fenomena ini.

 

Tidak hanya berpusat pada satu lokasi saja, Anda bisa mengunjungi area Stasiun Kereta Gyeonghwa dan Jembatan Bunga Sakura Yeojwacheon. Selain menikmati pemandangan indah, Anda dapat mencicipi aneka jajanan di festival ini, salah satunya hotteok (panekuk manis).

 

Terakhir, pastikan Anda menangkap kelopak sakura yang jatuh dari pohonnya ya! Di Korea Selatan ada sebuah kepercayaan bahwa siapa pun yang berhasil menangkap kelopak sakura yang gugur, maka keinginannya akan tercapai.

 

Seoul International Firework

 

Setiap tahun, akan selalu diadakan festival kembang api paling besar di ibukota Seoul. Acara ini dilaksanakan di sungai Hangang. Tak hanya kembang api, festival ini juga menampilkan permainan pencahayaan buatan laser dan pertunjukan yang meriah.

 

Pada kali pertama diadakan tahun 2000, festival ini menjadi semakin meriah seiring jalannya waktu dengan melibatkan banyak negara untuk berpartisipasi dengan ikut terlibat atupun hadir menjadi penonton.

 

Nikmati pemandangan indah nan momentum kala Anda mengunjungi Yeouido Hangang Park di Seoul pada bulan Oktober.

 

Jeju Fire

 

Jeongwol Daeboreum Field-Burning Festival, juga dikenal dengan Jeju Fire Festival yang diadakan selama 3 hari dari akhir Februari hingga awal Maret di tiap tahunnya. Acara ini merupakan festival utama yang mewakili kota Jeju.

 

Di festival ini, nantinya sebuah bukit di kota Jeju (Saebyeol Oreum) dibakar untuk memanjatkan harapan, terkait kesehatan dan hasil panen yang baik untuk tahun baru. Selain pertunjukan api yang megah, Festival Api Jeju juga mempunyai kegiatan lain seperti permainan rakyat, parade obor, dan masih banyak pertunjukan lainnya.

 

Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan kembang api di akhir festival yang membuat pemandangan pulau Jeju semakin indah.

 

Selain festival tersebut di atas, masih banyak festival-festival lainnya yang juga diadakan di berbagai kota di Korea Selatan. Terbukti Korea Selatan merupakan negara yang sangat bangga akan tradisi dan budayanya, ya.

 

Melihat keunikan budaya Korea Selatan secara langsung? Bisa banget, dong! Yuk, menangkan trip ke Korea Selatan bersama HDI Explore Summit 2022.

 

Nah, bagaimana cara supaya bisa menang? Klik link berikut ini untuk info selengkapnya: bit.ly/CaraMenangExploreSummit.

 

Semoga beruntung dan sampai jumpa di Korea Selatan!

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]