Berita

Cara Kerja Sistem Imunitas Tubuh Manusia

Tahun 2020, kita dihadapkan dengan merebaknya virus Corona atau Covid-19 di seluruh dunia, tak luput Indonesia. Virus ini diketahui menyerang sistem imunitas tubuh manusia, sehingga sangatlah penting untuk menjaganya tetap optimal.

 

Mengetahui bagaimana cara kerja sistem kekebalan tubuh adalah strategi terbaik untuk menjaga kesehatan diri seiring bertambahnya usia. Imun tubuh yang kuat berperan penting untuk melawan infeksi virus. Pasalnya, tanpa sistem imun, berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan kelainan tertentu akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh mudah sekali jatuh sakit.

 

Yuk, cari tahu cara kerja sistem imunitas tubuh manusia selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Sistem Imunitas Tubuh?

 

Dikutip dari Hello Sehat, sistem imunitas tubuh adalah sekelompok sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang berbahaya bagi tubuh.

 

Sistem ini terdiri dari banyak struktur dan proses biologis dalam suatu organisme yang melindungi tubuh dari penyakit. Salah satu jenis sel yang paling penting dalam jaringan tersebut adalah sel darah putih (leukosit).

 

Sistem imun tubuh bekerja saat mikroorganisme (bakteri maupun virus) terdeteksi masuk menyerang tubuh maka “kesatuan” sel-sel dari sistem imun segera membentuk semacam barikade untuk menghalangi serangan berbahaya tersebut.

 

Pada proses tersebut, beberapa macam sel bekerja sama untuk mengenali antigen dan memberikan respon. Kemudian sel-sel ini merangsang limfosit B untuk untuk menghasilkan antibodi yang tak lain adalah protein yang nantinya akan menempel pada pemicu penyakit (antigen). Selanjutnya, limfosit T akan menuju antigen yang telah ditunggangi oleh limfosit B, lalu menghancurkan antigen tersebut.

 

Begitu antibodi telah diproduksi, antibodi akan berada dalam tubuh dalam beberapa waktu. Sehingga apabila bibit penyakit (antigen) kembali, antibodi sudah tersedia untuk melakukan perannya.

 

Selain itu, antibodi juga berperan dalam menetralisir racun yang dibawa oleh mikroorganisme serta meransang protein komplemen untuk melawan virus dan bakteri.

 

Nah, semua sel-sel khusus dan bagian sistem imun menghasilkan perlindungan bagi tubuh terhadap penyakit, yang kemudian proteksi ini dinamakan sistem imunitas.

 

Cara Kerja Sistem Imunitas

 

Sistem imunitas tubuh manusia sangat kompleks dan terintegrasi di hampir setiap organ tubuh. Memiliki beberapa komponen, sistem ini termasuk dalam bagian lapisan internal dan eksternal tubuh dengan kinerja yang cukup kompleks.

 

Dikutip dari Kompas.com, sistem imunitas manusia bekerja dengan respon yang beragam, salah satunya respon cepat yang dikenal sebagai sistem imunitas tubuh bawaan. Sedangkan, respon yang lebih spesifik dikenal dengan sistem imunitas tubuh adaptif.

 

Ketika sistem imunitas tubuh bawaan tidak cukup mampu dalam melawan patogen penyebab penyakit, maka sistem imunitas adaptif akan mengambil peran tersebut.

 

Sistem imunitas tubuh adaptif ini membentuk respon spesifik untuk menargetkan sinyal bahaya dengan presisi dan akurasi yang tinggi, dan bereaksi dengan berbagai cara untuk menyingkirkan ancaman berbahaya bagi tubuh kita.

 

Reaksi yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

  • Ketika terjadi infeksi lokal yang disebabkan bakteri, maka sistem imunitas merespon dengan membentuk peradangan seperti bisul.
  • Ketika terjadi infeksi umum seperti flu, sistem kekebalan tubuh menghasilkan respon peradangan seperti demam.

 

Peradangan yang terjadi dalam tubuh membantu kita melawan ancaman penyakit. Namun, peradangan yang terjadi dalam jangka panjang juga menimbulkan berbagai risiko kesehatan.  Faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, obesitas dan gaya pasif bisa membuat memperburuk peradangan. Akibatnya, tubuh akan mengalami peradangan kronis yang memicu penyakit kardiovaskular, penurunan kognitif dan penuaan dini.

 

Terkadang respons imun tidak cukup kuat untuk sepenuhnya melawan infeksi. Kondisi ini bisa disebut dengan defisiensi imun. Sebaliknya, sistem kekebalan tubuh manusia bisa mengalami gangguan sehingga tidak dapat membedakan antara sel dalam tubuh dan sel dari patogen penyebab penyakit, yang kemudian disebut dengan penyakit autoimun.

 

How HDI Helps?

 

Tetap jaga kesehatan sistem imunitas tubuh Anda dengan bahan perlebahan alami yakni Propolis. Propolis telah terbukti bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan penyakit.

 

Andalkan HDI OriginsTM Bee Propolis dan HDI PropoelixTM untuk melindungi sistem imunitas tubuh dari dalam, yang terbukti memiliki nilai ORAC lebih tinggi 913 kali lipat dibanding buah Jeruk. Untuk perlindungan imunitas kulit, gunakan rangkaian produk Bee BotanicsTM yang juga mengandung Propolis sebagai bahan utama.

 

 

Sumber:

 

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-cara-kerja-antibodi-dalam-melawan-virus-covid-19

 

https://www.farmaku.com/artikel/cara-kerja-imun-tubuh/, https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/sistem-imun-manusia/

 

https://health.kompas.com/read/2020/04/24/120149068/bagaimana-sistem-imunitas-membantu-tubuh-melawan-infeksi?page=all

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]