Berita

HDI Berkolaborasi dengan Jurnal Dukung Regulatory Compliance

Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi setahun belakangan menyebabkan perubahan perilaku bisnis di banyak Perusahaan sehingga Perusahaan perlu melakukan adaptasi.

 

PT Harmoni Dinamik Indonesia (HDI), mengemban misi untuk membantu masyarakat menjadi wirausaha (enterpriser) yang memiliki kesehatan, finansial yang lebih baik, serta memberi dampak positif ke masyarakat sekitarnya.

 

Aplikasi akuntansi Jurnal by Mekari turut serta membantu HDI untuk mengatasi tantangan-tantangan bisnis dalam hal regulatory compliance, terutama dalam masalah pengelolaan keuangan dan siklus akuntansi yang dihadapi para enterpriser tersebut sebagai pemilik Center HDI.

 

HDI merupakan perusahaan social network marketing yang berdiri sejak 1986 di Singapura dan 1993 di Indonesia. Sampai saat ini, HDI telah memiliki lebih dari 142 Center dengan 500.000 Enterpriser serta kurang lebih 50 SKU produk dengan bahan alami perlebahan, mulai dari suplemen, personal care, hingga skin care yang telah teruji klinis dan memiliki sertifikat kesehatan dari berbagai instansi terkait.

 

Proses bisnis HDI dimulai dari mendistribusikan produk-produknya dari kantor pusat yang bertempat di Jakarta ke seluruh Center. Kemudian, Center mendistribusikan kepada para Enterpriser yang ada di masing-masing wilayah untuk kemudian dipasarkan kepada para pelanggan. 

 

Pandemi Covid-19 ini kemudian meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan menjaga kesehatan. Permintaan produk alami untuk kesehatan meningkat signifikan dan menjadi momentum perkembangan bisnis HDI.

 

Kapasitas penjualan, distribusi produk, dan pendapatan di seluruh Center pun otomatis meningkat pesat. Namun, perkembangan yang terjadi tentu saja tak terlepas dari sejumlah tantangan bisnis, antara lain: persoalan pengelolaan keuangan dan akuntansi di masing-masing Center, digitalisasi laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi, serta penghitungan dan pembayaran pajak.

 

Untuk menghadapi tantangan bisnis ini, HDI mendukung dan memfasilitasi para pemilik Center untuk memiliki laporan keuangan yang terintegrasi, tepat dan akurat dengan menyediakan Jurnal by Mekari sebagai software akuntansi online.

 

Pengelolaan penjualan, pengeluaran, dan laba dapat dilakukan dengan memasukkan data ke dalam aplikasi secara berkala. Terintegrasi dengan sistem di kantor pusat, pemilik Center maupun perusahaan dapat mengetahui perkembangan bisnis secara real time.

 

Aplikasi Jurnal membantu HDI mengelola dan memantau keuangan bisnis secara akurat dengan meminimalisasi resiko human error, agar kantor pusat maupun pemilik Center dapat membuat keputusan bisnis dengan cepat dan tepat. Misalnya, mengetahui total utang yang harus dibayar, strategi mengatur cash flow dan lain sebagainya.

 

“Manajemen berinisiatif membantu para pemilik Center HDI dengan software akuntansi Jurnal karena penyimpanan data on cloud, ringan, user friendly dan terhubung dengan klikpajak sehingga memudahkan dalam penghitungan pajak. Sehingga, Center HDI sangat terbantu dalam meningkatkan compliance dengan peraturan akuntansi dan perpajakan di Indonesia,” ujar Lilianti Hiri, Key Leader Operations HDI kepada Jurnal by Mekari.

 

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, pengelola Center HDI juga dapat mengelola stok barang secara otomatis, bahkan bisa dilakukan melalui ponsel pintar.

 

“Aplikasi Jurnal by Mekari membantu Center HDI memiliki standarisasi. Kalau sebelumnya perhitungan bisa berbeda-beda, sekarang sudah seragam semua. Akun-akunnya pun sudah terstandarisasi,” ungkap Fenny Valencia, Team Leader Finance Accounting & Tax HDI.

 

Dengan inovasi strategi bisnis tersebut, HDI berupaya untuk terus mengembangkan jaringan Enterpriser dan Center yang lebih besar lagi di seluruh Indonesia, dengan tetap secara konsisten menyediakan produk-produk kesehatan berkualitas. HDI berharap dapat membantu masyarakat agar lebih berdaya dan mampu turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]