Berita

Cara Melatih dan Meningkatkan Inisiatif Anak

Melatih inisiatif anak memberikan banyak manfaat untuknya hingga ia tumbuh dewasa kelak. Kemampuan dan kemauan untuk mengambil inisiatif juga dapat berkontribusi pada keberhasilan anak-anak dan orang dewasa, bahkan lebih dari kecerdasan.

 

Penelitian menunjukkan, kecerdasan intelektual berperan kurang dari 25% pada kesuksesan seseorang, sedangkan karakter pribadi seperti inisiatif, dapat menjadi salah penentu pencapaian yang penting.

 

Mampu mengambil inisiatif menjadi salah satu aspek positif untuk perkembangan anak yang membutuhkan peran pengasuhan, dukungan, dan keterlibatan orang tua di dalamnya.

 

Mengasuh secara positif dapat membantu anak mengembangkan inisiatif, termasuk dengan memberikan kasih sayang, dukungan, serta menerapkan disiplin yang tepat. Belajar mengambil inisiatif dapat membantu anak menjalani hidup mereka dengan keberanian, optimisme, memiliki tujuan hidup, dan membantu mengatasi rintangan.

Untuk menanamkan karakter penting ini, berikut tips yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih inisiatif anak.

 

Dorong Anak Membuat Keputusan Sendiri

Contohnya ketika memilih aktivitas atau permainan yang ingin dilakukan, merencanakan kegiatan, dan mencoba hal baru. Selama tahap ini, penting untuk mendorong anak bereksplorasi dan membantunya membuat pilihan yang tepat.

 

Jangan Meremehkan Pilihannya

Ketika pilihan atau masalah yang dipecahkan anak belum sepenuhnya berhasil, tak perlu mengecilkan hati atau meremehkan anak karena itu dapat membuatnya malu pada diri sendiri, dan jadi bergantung dengan bantuan orang lain.

 

Beri Dukungan Positif

Beri dukungan ketika anak mengalami kegagalan agar dapat belajar dan bangkit lagi.

 

Cari Tahu Apa yang Mereka Inginkan

Ketika anak menyalahkan atau merengek, jadikan itu kesempatan untuk mencari tahu apa yang mereka inginkan, dan dapat mendorong kemampuan mereka untuk mengambil inisiatif serta tindakan.

 

Jadilah Mentor Bagi Anak

Untuk menumbuhkan kemampuan anak berinisiatif, jadilah mentor bagi anak saat mereka belajar mengambil inisiatif, dan menemukan minat yang memotivasi mereka.

 

Berikan Contoh Sebagai Panutan

Anak-anak biasanya akan meniru apa yang ada di sekitarnya, karenanya jadilah panutan dengan menunjukkan bagaimana Anda menyelesaikan sesuatu yang dapat ditiru anak.

 

Beri Pujian

Beri apresiasi seperti pujian atas inisiatif yang sudah diambil anak, ini akan mendorongnya untuk lebih percaya diri.

 

How HDI Helps?

Paling penting, jangan lupa untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk anak.

 

WhatsApp Image 2021 02 05 at 13.36.29

 

Agar kemampuan berpikir dan konsentrasi anak meningkat, berikan HDI Kids™ HoneyBee PollenS selama masa pertumbuhannya yang diformulasikan khusus untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]