Berita

Manfaat Mencuci Tangan yang Harus Anda Ketahui

Seruan rajin mencuci tangan belakangan semakin gencar dilakukan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan di era pandemi ini. Tidak hanya untuk kebersihan, namun mencuci tangan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

 

Tanpa disadari, kadang kita menyentuh mata, hidung, dan mulut dalam keadaan tangan tidak bersih. Bayangkan jika benda-benda yang sering kita pegang seperti, gagang pintu, meja, sakelar lampu, keran air, atau uang, terpapar kuman dari tangan orang yang tidak dicuci dan sedang mengalami batuk atau bersin.

 

Pasalnya, hal itu dapat menjadi salah satu jalan kuman atau virus penyakit masuk ke tubuh, dan berpotensi menularkan kembali orang lain. Kuman yang terdapat pada permukaan benda, dapat menyebar ke orang lain yang menyentuhnya, dan kepada kita ketika menyentuh wajah.

 

Tak hanya itu, kuman dapat berkembang biak pada beberapa jenis makanan atau minuman pada kondisi tertentu. Karenanya, kuman dari tangan yang tidak dicuci juga bisa masuk ke makanan dan minuman ketika orang sedang menyiapkan atau mengonsumsi.

 

Oleh sebab itu, meski terlihat sederhana, rajin mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan agar terhindar dari infeksi beberapa kuman dan virus penyakit. Contohnya, penyakit diare dan infeksi saluran pernapasan, atau COVID-19 yang diketahui virusnya dapat menempel pada benda di sekitar kita.

 

Berikut ini adalah manfaat dari mencuci tangan yang wajib Anda ketahui, dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC):

 

Lebih Efektif Membunuh Kuman di Tangan

 

Manfaat utama dari mencuci tangan dengan air mengalir adalah menghilangkan kuman dan virus yang mungkin menempel di tangan. Air dan sabun efektif menyingkirkan kuman, virus, kotoran, dan partikel-partikel kecil lain yang mungkin menempel di tangan atau sembunyi di sela-sela jari.

 

Rutinitas mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun juga membantu seseorang mencegah infeksi yang menyebabkan masalah kesehatan seperti diare dan infeksi saluran napas. Mencuci tangan secara berkala juga melindungi seseorang dari infeksi kulit dan mata.

 

Sering mencuci tangan akan mencegah kuman dan virus bersarang di tangan dan berpindah saat seseorang memegang benda lain atau bahkan orang lain. Kebiasaan ini baik dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

 

Aman Dilakukan untuk Anak

 

CDC mencatat sekitar 1,8 juta anak dibawah usia 5 tahun meninggal akibat penyakit diare dan pneumonia. Kandungan zat kimia pada sabun pun disebut lebih aman pada kulit anak daripada hand sanitizer.

 

Karena itu mencuci tangan dengan sabun dan air kerap lebih disarankan untuk melindungi anak-anak dari kedua penyakit berbahaya tersebut, mengingat anak-anak rentan tertular kuman dan virus dari lingkungan sekitar.

 

Ajarkan kebiasaan mencuci tangan sedari dini kepada anak-anak Anda agar terbiasa menjaga kebersihan dimanapun ia berada.

 

Mencegah Resistensi Antibiotik

 

Manfaat lain dari mencuci tangan dengan air dan sabun bagi tubuh adalah dapat mencegah timbulnya iritasi dan resistensi antibiotik. CDC mencatat, penggunaan hand sanitizer secara berlebihan dapat menurunkan imun tubuh, menyebabkan bakteri kebal antibiotik dan iritasi.

 

Kebiasaan mencuci tangan dengan air dan sabun secara teratur dapat mengurangi infeksi dan mencegah penggunaan antibiotic berlebihan yang justru berbahaya untuk kulit.

 

HOW HDI HELPS?

 

Selain rajin mencuci tangan dengan benar, penting untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan di manapun kita berada di masa pandemi ini.

 

Agar stamina tubuh terjaga dan tidak mudah tertular penyakit, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, rajin olahraga, dan konsumsi suplemen yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan alami seperti HDI Propoelix™. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak mulai usia 2,5 tahun juga dapat mengonsumsi HDI Propoelix™ setengah kapsul per hari

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • [email protected]