5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Jantung

Untuk dapat hidup dan beraktivitas, manusia membutuhkan aliran darah yang dipompa keseluruh tubuh sehingga terbentuk sebuah sistem peredaran darah. Di sinilah peran vital jantung. Jantung yang notabene adalah salah satu organ tubuh terpenting manusia bertugas untuk memompa aliran darah hingga ke seluruh tubuh.

 

Namun, jantung juga jadi salah satu organ tubuh yang berisiko terkena penyakit. Mulai dari serangan jantung hingga penyakit jantung koroner, organ tubuh yang satu ini rawan terserang penyakit jika tidak dijaga kesehatannya dengan baik. Padahal, menjaga kesehatan jantung tak melulu harus memakan biaya mahal.

 

BACA JUGA: Manfaat Madu Lainnya Ada di Sini!

 

Manfaat Penting Madu Bagi Jantung Anda

 

Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dari pola dan gaya hidup sehari-hari Anda. Mulai dari menjaga asupan makanan dengan menghindari junk food atau makanan mengandung lemak tinggi, menjaga pola tidur tetap teratur, hingga rajin berolahraga.  Selain itu, mengonsumsi madu nyatanya juga mampu jadi salah satu pilihan untuk menjaga kesehatan jantung.

 

Ya. Kandungan yang ada dalam madu ternyata memiliki banyak manfaat positif organ penting yang satu ini. Berikut lima manfaat yang dihasilkan oleh madu bagi kesehatan jantung:

 

1. Menjaga Stabilitas Denyut Jantung

 

madu kesehatan jantung 1 
Sumber Gambar: Dr. Whitaker

 

Tak sedikit orang yang mengeluhkan sering mengalami jantung terlalu berdebar secara tiba-tiba. Hal itu menandakan denyut jantung yang tidak stabil dan jika dibiarkan, bukan tidak mungkin menimbulkan risiko hadirnya penyakit pada jantung. Untuk itu, stabilitas denyut jantung perlu dijaga.

 

Madu sendiri memiliki berbagai kandungan yang mampu menjaga denyut jantung tetap stabil. Mengonsumsi madu secara rutin setiap sebelum sarapan membuat nutrisi yang ada dalam madu dapat menstabilkan detak jantung. Dengan terjaganya stabiitas detak dan denyut jantung, maka kesehatan organ tersebut juga ikut terjaga.

 

2. Membersihkan Kolesterol Jahat dari Jantung

 

Memiliki kandungan polifenol menjadikan madu memiliki fungsi sebagai antioksidan. Fungsi tersebut memungkinkan madu untuk dapat membersihkan segala racun yang ada dalam tubuh termasuk kolesterol jahat yang ada di jantung. Kolesterol jahat yang ada di jantung sendiri memang menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit.

 

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

 

madu kesehatan jantung 2
Sumber Gambar: Dr. Whitaker

 

Peredaran darah yang tidak lancar alias terhambat juga menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung. Kandungan yang ada pada madu, salah satunya asam amino, merupakan zat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menormalkan fungsi jantung. Manfaat tersebut akan berdampak pada peredaran darah yang lebih lancar ke seluruh tubuh.

 

4. Menurunkan Kadar Homocysteine

 

Kadar Homocysteine adalah kadar yang menurut penelitian memiliki risiko paling besar dalam menghadirkan penyakit bagi jantung. Kadar Homocysteine dapat diturunkan atau dikurangi dengan mengonsumsi Vitamin B6, B12 dan folid acid. Kabar baiknya, seluruh kandungan tersebut ada dalam madu yang jika dikonsumsi secara rutin, mampu menurunkan kadar jahat tersebut.

  

5. Menjadi Pelumas untuk Jantung

 

Terhambatnya peredaran darah akibat katup pada jantung yang sulit terbuka jadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung. Untuk itu, dibutuhkan asupan dari luar yang dapat menjadi pelumas bagi jantung untuk melancarkan buka-tutupnya katup tersebut. Banyak cara untuk mendapat pelumas yang dibutuhkan, salah satunya dengan mengonsumsi madu.

 

Pastikan Anda mengonsumsi madu baik dalam bentuk cair seperti HDI NaturalsTM Clover Honey, maupun dalam kemasan tablet/kapsul semisal HDI PropoelixTM. Ya, pastinya Anda tahu kalau HDI memiliki berbagai produk perlebahan yang tentunya mengandung madu dan kesemuanya memiliki manfaat positif untuk kesehatan jantung.

 

Referensi:

Gunnars, Kris. (2018). Healthline. Surpirising Health Benefits of Honey.

Harrar, Sari. (2011). Prevention. Honeybees Guard Your Heart.

Tulis Komentar

(*) Harus diisi

  • Banner Terupdate FB