Kenali 3 Jenis Luka Bakar dari Tingkat Keparahannya!

Dalam hidup, kadang kala kita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya insiden atau kecelakaan yang berhubungan dengan api. Insiden atau kecelakaan tersebut biasanya menyebabkan cedera yang membekas dalam bentuk luka bakar.

 

Luka bakar sendiri adalah kerusakan lapisan kulit yang disebabkan oleh benda panas yaitu air panas, uap panas dan tentunya, api. Rusaknya kulit akibat luka bakar membuat penderitanya rentan mengalami infeksi karena kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh manusia.

 

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa Madu Ada di Sini!

 

Tingkat Keparahan Luka Bakar

 

Apa yang terjadi pada kulit yang mengalami luka bakar beserta bagiamana cara penanganannya bergantung pada seberapa tingkat keparahan luka bakar tersebut. Tingkat keparahan tersebut dibagi ke dalam tiga derajat (degree). Berikut tiga tingkat keparahan luka bakar:

 

1. Luka Bakar Derajat I (Superficial Burn)

 

luka bakar derajat 1

Sumber Gambar: Medical News Today

 

Luka bakar tingkat pertama ini menyebabkan kerusakan di lapisan kulit luar alias epidermis. Seperti terlihat pada gambar, tanda pada luka bakar di derajat pertama adalah kulit yang tampak merah, kering dan terasa sakit.

 

Hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami luka bakar derajat 1 antara lain terlalu lama terkena (berjemur) sinar terik matahari, menyentuh permukaan panci atau wajan panas dan beberapa insiden yang berhubungan dengan benda panas lainnya.

 

2. Luka Bakar Derajat II (Superficial Partial-thickness Burn)

 

luka bakar derajat 2

Sumber Gambar: Amino Apps

 

Luka bakar di tingkat selanjutnya yang menyebabkan kerusakan di lapisan kulit lebih dalam yaitu dermis. Secara tampilan, kulit yang mengalami luka bakar derajat 2 akan terlihat merah, lecet, melepuh, bengkak dan terasa sakit. Persis seperti yang tampak pada gambar di atas.

 

Untungnya, luka bakar yang sudah sampai pada tingkat keparahan ini dapat ditangani dengan beberapa metode pengobatan tanpa harus melalui operasi maupun pembedahan. Meski proses pemulihan kulit harus mendapatkan perhatian khusus agar lebih cepat kembali ke kondisi semula.

 

3. Luka Bakar Derajat III (Full Thickness Burn)

 

luka bakar derajat 3

Sumber Gambar: Healthline

 

Tingkat tertinggi atau yang terparah dari luka bakar ini menyebabkan kerusakan hingga mencapai lapisan lemak. Tidak hanya itu, luka bakar derajat 3 juga merusak saraf dan pembuluh darah. Secara klinis, diperlukan tindakan operasi atau pembedahan sebagai pilihan utama untuk menanggulangi luka bakar di tingkat ini.

 

Namun, ternyata ada metode lain yang juga dapat menjadi pilihan untuk menangani kasus luka bakar derajat 3. Bahkan sudah ada yang membuktikan dengan penanganan yang tepat dan cepat, tidak diperlukan operasi atau pembedahan untuk menyembuhkan luka bakar derajat 3.

 

Tangani Luka Bakar dengan Madu

 

WhatsApp Image 2019 04 10 at 09.59.52

 

Ya. Luka bakar bahkan yang sudah masuk pada derajat 3 sekalipun nyatanya dapat diatasi menggunakan madu. Salah satu dari banyak manfaat madu adalah dapat menyembuhkan luka. Dengan proses peramuan yang benar, penggunaan madu terbukti efektif menyembuhkan luka bakar.

 

Hal itulah yang dialami oleh Pak Suwito Soesilo. Beliau adalah salah satu peserta testimonial yang hadir pada BEST 46 lalu. Mengalami luka bakar akibat insiden yang menimpanya saat tengah membakar sebuah majalah bekas, pria yang akrab disapa Pak Wito ini mengalami luka bakar derajat 3.

 

Untungnya, beliau ditangani secara cepat dan tepat. Tidak hanya dibersihkan, luka bakarnya secara rutin diolesi ramuan HDI NaturalsTM Clover Honey dan HDI Bee BotanicsTM Aloe Propolis Cream. Selain dari luar, Pak Wito juga mengonsumsi HDI Origins™ Royale Jelly Liquid dan HDI Propoelix™ untuk membantu proses pemulihan luka dari dalam. Hasilnya, luka bakar derajat 3 beliau kini sudah membaik dan pulih 95%.

 

Referensi:

Dresden, Danielle. (2018). Medical News Today. What Is A First-degree Burn?

Ireland, K. (2017). Live Strong. How to Heal Scars & Wounds.

Tulis Komentar

(*) Harus diisi

  • Banner Terupdate FB