Berita

Berita

×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 618

5 Sifat Istimewa Lebah

Membicarakan lebah madu seolah tak ada habisnya. Selalu ada hal menarik yang bisa dibicarakan dari hewan yang memiliki lima mata ini. Dari lebah pula banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti enam sifat berikut ini.

 

1. Bermanfaat untuk Banyak Orang

Dari berbagai produk perlebahan yang dihasilkan seperti madu, bee propolis, bee pollen, dan royal jelly, semuanya bermanfaat terutama untuk kesehatan manusia. Begitulah lebah mengajarkan kita untuk bisa menjadi manusia yang bermanfaat pula untuk sekelilingnya. Kebaikan yang dihasilkan lebah tidak hanya berguna bagi dirinya, tapi juga yang lainnya.

 

2. Bekerja Sama

Lebah madu terbagi menjadi tiga kasta berbeda yaitu, lebah pekerja, lebah jantan, dan ratu lebah. Mereka bertanggung jawab menjalankan tugasnya masing-masing agar menghasilkan berbagai produk perlebahan yang sudah dinikmati manusia sejak ribuan tahun lalu. Dengan bekerja sama, lebah menunjukkan, pekerjaan mereka dapat mereka selesaikan.

 

3. Tidak Merusak dan Tidak Egois

Lebah tidak merusak yang ada pada bunga ketika mencari serbuk sari dan nektar. Artinya, lebah tetap menjaga kelestarian dan memanfaatkan sesuatu tidak hanya untuk kepentingannya saja karena ia juga membuat subur tanaman yang dihinggapi. Begitu pula sebaiknya kita manusia tetap menjaga diri ketika memanfaatkan sesuatu dari alam agar jangan berlebihan dan merugikan yang lainnya.

 

4. Hidup Bersih

Ketika lahir, tugas pertama lebah pekerja adalah membersihkan sarang lebah dari kotoran agar ratu lebah dapat bertelur kembali. Tak hanya itu, tempat hidup lebah biasanya di pepohonan, perbukitan, dan tempat-tempat yang sengaja dibuat manusia yang bersih dan dekat dengan sumber bahan madu atau nektar.

 

5. Tidak Melukai Kecuali Diganggu

Ketika merasa diri dan koloninya terancam atau terganggu, lebah baru akan menyerang dengan sengatannya. Itupun, setelah menyengat lebah akan mati karena sebagian saluran pencernaan, otot dan syarafnya terlepas dari tubuhnya. Karenanya, jangan coba mengganggu lebah dan dari sini kita belajar untuk tidak mencari musuh apalagi sampai mengganggu orang lain yang memang tidak mengganggu kita. (*)

Tulis Komentar

(*) Harus diisi

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com