Kenali Jenis Gangguan Pencernaan & Cara Mengatasinya

Sistem pencernaan pada lambung merupakan salah satu fungsi tubuh yang sangat penting. Jika salah satu organnya terganggu atau mengalami masalah, tentu proses pencernaan makanan di perut juga tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

 

Tak hanya itu, gangguan pada sistem pencernaan juga dapat menghambat proses penyerapan nutrisi makanan untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Jadi bisa dikatakan kalau gangguan pencernaan pada lambung dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

BACA JUGA: Sarapan Juga Penting Bagi Kesehatan Pencernaan Lho!

 

Jenis-jenis Gangguan Pencernaan & Cara Mengatasinya

 

Pada kenyataannya, terdapat beberapa jenis atau macam gangguan pencernaan pada manusia. Berikut ini beberapa penyakit dan gangguan sistem pencernaan yang umumnya terjadi:

 

1. Diare

 

gangguan pencernaan 1

 Sumber Gambar: Premier Health

 

Diare merupakan gangguan sistem pencernaan yang paling sering terjadi pada banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai lansia pasti pernah diare minimal sekali seumur hidup. Biasanya penyakit ini disebabkan karena keracunan makanan (kontaminasi bakteri), alergi makanan tertentu atau makan sesuatu di saat yang tidak tepat (misalnya makan pedas ketika perut kosong). 

 

2. Sembelit

 

Sembelit (konstipasi) terjadi apabila frekuensi BAB Anda tiba-tiba menjadi lebih jarang atau lebih sulit dari biasanya. Selain disebabkan karena perubahan pola serta asupan gizi atau nutrisi yang Anda makan, beberapa faktor berikut juga diduga menjadi penyebab sembelit, antara lain kurang makan serat, tidak aktif bergerak, kurang minum air serta mengalami stres.

 

3. Dispepsia (Maag)

 

gangguan pencernaan 2

Sumber Gambar: WebMD

 

Dispepsia adalah gangguan sistem pencernaan yang gejalanya berupa nyeri pada lambung dan sakit ulu hati. Orang awam lebih akrab menyebut kondisi ini dengan istilah maag. Maag sendiri sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan sekumpulan gejala gangguan pencernaan. Gaya hidup dan pola makan yang buruk, obat-obatan, hingga masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan kondisi ini.

 

4. Tukak Lambung

 

Tukak lambung merupakan gangguan sistem pencernaan yang disebabkan luka pada lapisan perut atau usus halus (duodenum). Gejala penyakit pencernaan ini dapat berupa nyeri di bagian perut, perut terasa panas, mual, muntah, serta sering bersendawa. 

 

Sekarang pertanyaannya, adakah produk/suplemen kesehatan yang dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan pada sistem pencernaan? Bukan jawaban ya atau tidak yang akan diberikan. Namun, lebih baik kita bahas secara singkat seputar HDI NaturalsTM Clover Honey.

 

HDI NaturalsTM Clover Honey* merupakan madu andalan dan terbaik di dunia yang berasal dari bunga Clover. Kandungannya memiliki nilai gizi yang tinggi dan lengkap, yang sudah dikenal sejak lama ampuh membantu proses penyembuhan dan mencegah infeksi pada tubuh.

 

*Dapatkan produk HDI NaturalsTM Clover Honey beserta varian paketnya di sini!

 

Referensi:

Gardner, Amanda. (2019). Health. 27 Causes of Stomachaches - And How to Get Rid of Each One.

Tulis Komentar

(*) Harus diisi

  • Banner Terupdate FB