>> Artikel Tips Sehat

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Letih-Lesu-Lelah
Setiap reaksi di dalam tubuh membutuhkan energi, bila tak cukup energi maka tubuh akan menjadi cepat lelah.

Letih-lesu-lelah sering dikeluhkan banyak orang. Akan tetapi, istilah tersebut sangat sulit untuk didefinisikan. Setiap orang memiliki pendapat sendiri terhadap letih-lesu-lelah yang pernah mereka alami. Disamping itu, penyebab kelelahan mereka juga berbeda-beda. Letih-lesu-lelah, pada umumnya diartikan sebagai kondisi ketika seseorang merasa kekurangan energi, mengalami rasa kantuk yang berlebih atau sering juga digunakan untuk menggambarkan rasa berat pada tubuh akibat terlalu banyak bekerja.

Ada dua jenis kelelahan. Yang pertama adalah rasa berat pada bagian tubuh tertentu sehingga bagian tersebut tidak dapat digunakan. Yang kedua adalah kelelahan pada seluruh tubuh. Letih-lesu-lelah dapat berbahaya jika berlangsung lama dan menganggu konsentrasi saat beraktivitas, khususnya bila harus mengendarai kendaraan.

Secara umum, letih-lesu-lelah disebabkan: aktivitas tubuh yang terlalu banyak, stres, jet lag, kurang tidur, jenuh terhadap sesuatu (pekerjaan misalnya), penyakit tertentu yang sedang mengganggu tubuh, atau bisa jadi karena kurangnya asupan vitamin maupun mineral ke dalam tubuh.

Bila letih-lesu-lelah berlangsung lebih dari enam bulan, maka kemungkinan gejala tersebut muncul sebagai akibat dari adanya suatu penyakit yang sedang menyerang tubuh.

Penyebab Letih-lesu-Lelah

Ada beberapa penyebab letih-lesu-lelah yang paling sering ditemukan:

• Anemia
Anemia atau kurang darah adalah kondisi disaat tubuh memiliki jumlah sel darah merah berada di bawah batas normal. Anemia paling sering ditemukan pada wanita yang sedang menstruasi, hamil ataupun pada orang yang mengalami pendarahan. Sedangkan pada anak-anak, anemia sering muncul akibat kekurangan zat besi pada masa pertumbuhan.
• Infeksi atau serangan virus
Beberapa infeksi dan virus, seperti serangan flu dapat menimbulkan letih-lesu-lelah.
• Depresi
Keadaan tertekan, stres, dan depresi sangat memicu letih-lesu-lelah.
• Kanker
Hampir semua jenis kanker pada stadium tertentu menyebabkan letih-lesu-lelah. Karenanya, sangatlah penting untuk memeriksakan diri ke dokter bila letih-lesu-lelah berlangsung lebih dari enam bulan.
• Metabolisme Rendah
Metabolisme rendah adalah keterbatasan tubuh dalam mengubah nutrisi menjadi energi. Dalam keadaan ini, tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk proses metabolisme.
• Diabetes
Diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang dapat menyebabkan letih-lesu-lelah.
• Gejala penyakit kronis
Gejala penyakit kronis menimbulkan letih-lesu-lelah. Orang dengan penyakit kronis biasanya merasakan letih-lesu-lelah meskipun waktu tidur mereka cukup dan tidak melakukan banyak kegiatan.

Apa Yang Harus Dilakukan bila Letih-Lesu-Lelah Terus Berlanjut?
Pastikan dahulu penyebab letih-lesu-lelah. Jika hal tersebut tidak hilang dalam jangka waktu 3-4 minggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau melakukan check-up. Pemeriksaan sangat diperlukan khususnya bila Anda menderita beberapa gejala berikut ini: berkeringat di malam hari, perubahan berat badan, kesulitan bernapas, terdapat darah pada tinja atau urine, dan rasa haus terus menerus.

Mengatasi Letih-Lesu-Lelah

Hal yang paling penting dilakukan adalah menjaga pola hidup sehat, makanan yang sehat, olah raga, dan tidur yang cukup. Dengan demikian, risiko letih-lesu-lelah dapat diatasi. Jika tubuh melakukan banyak aktivitas, sebaiknya mengimbanginya dengan tidur yang cukup serta mengonsumsi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Usahakan menjaga pikiran tetap tenang dan menghindari stres.

Setiap reaksi di dalam tubuh membutuhkan energi. Bila tak cukup energi, maka tubuh akan menjadi cepat lelah. Energi yang dibutuhkan tubuh berasal dari makanan dan minuman, namun sering sekali makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak menghasilkan energi yang cukup bagi tubuh. Karenanya, sangat perlu mengonsumsi suplemen High-Desert Pollenergy 520 untuk membantu tubuh agar tidak cepat letih-lesu-lelah, serta menjaga tubuh tetap sehat.

Setiap tablet High-Desert Pollenergy 520 mengandung 520mg bee pollen yang sering disebut ‘roti lebah’, dikemas tanpa bahan pengawet, pewarna, pengharum ataupun bahan kimia lainnya. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, suplemen alami High-Desert Pollenergy 520 juga dapat membangun sel-sel tubuh. Jadi, High-Desert Pollenergy 520 dapat membantu Anda untuk tetap aktif dan enerjik.
INFO MEDIS >>  
 
Cahaya buatan mempengaruhi produksi melatoninBuruknya Cahaya Bagi Kesehatan
Cahaya buatan mempengaruhi produksi melatonin
...Selengkapnya
ukan tanpa sebab jika penyakit jantung dijuluki <em>the silent killer.</em>"Angin Duduk", Pembunuh yang Mematikan
ukan tanpa sebab jika penyakit jantung dijuluki the silent killer.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
INFO KESEHATAN >>
 
Cara ekstrim menurunkan berat badan tidak tahan lama.Diet Ekstrim Tidak Bermanfaat
Cara ekstrim menurunkan berat badan tidak tahan lama....Selengkapnya

Sebanyak 49,5% usia anak dan praremaja Indonesia diperkirakan mengalami dehidrasi ringan.Waspadai Gejala Dehidrasi pada Anak
Sebanyak 49,5% usia anak dan praremaja Indonesia diperkirakan mengalami dehidrasi ringan....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.