>> Artikel Produk

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Ukur Akurat Suhu Tubuh Dengan NexTemp
Sebagai indikator kondisi tubuh, suhu tubuh harus selalu terpantau. Dengan NexTemp, kita dapat mengukur dan mengetahui suhu tubuh kita atau orang-orang terdekat kita. Selain praktis, termometer ini juga terbukti akurat untuk mengukur suhu tubuh.

Saat suhu tubuh kita naik, muncul kekuatiran jika tubuh kita terkena penyakit. Padahal, tidak setiap kali suhu tubuh naik pertanda kita sedang sakit. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan suhu tubuh naik. Pertama, karena metabolisme (proses pertukaran zat dalam sel tubuh) meningkat. Kedua, adanya peningkatan proses pembentukan kekebalan sehubungan dengan masuknya kuman atau antigen asing. Ketiga, suhu tubuh juga sebagai mekanisme pertahanan tubuh.

Suhu tubuh normal orang dewasa berkisar antara 36-37oC. Suhu terendah terjadi pada pagi hari, sesaat setelah kita bangun tidur, sedangkan suhu tertinggi biasanya terjadi pada malam hari, terutama saat kita tertidur. Pada anak-anak, kondisi normal suhu tubuhnya (kurang dari 38oC) lebih tinggi daripada orang dewasa (kurang dari 37oC). Sebab, anak yang sedang bertumbuh tingkat metabolismenya lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Setiap proses pertumbuhan membutuhkan kalori dan menghasilkan panas.

Suhu Tubuh Sebagai Indikator Sistem Imun

Saat ada bagian tubuh kita yang terluka, suhu badan kita akan cenderung naik. Jangan kuatir. Kenaikan suhu tubuh ini disebabkan karena meningkatnya sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman yang masuk dari luka tersebut.

Begitu pula pada tubuh anak-anak, perkembangan sistem imun dapatan belum sempurna sehingga masih mengandalkan sistem imun bawaan untuk melawan kuman yang masuk ke tubuh. Proses penyempurnaan sistem imun dapatan pada anak, yang salah satunya diperoleh dari imunisasi, banyak membentuk sel kekebalan dan kemudian bersintesis dengan berbagai jenis antibodi yang sudah ada. Secara otomatis, proses itu akan meningkatkan suhu tubuh.

Namun, jika suhu tubuh meningkat secara abnormal (lebih dari 38oC), hal itu berarti jumlah antigen asing yang masuk ke tubuh lebih banyak dan ganas daripada ketangguhan sistem imun tubuh. Suhu tubuh yang tinggi juga dapat diakibatkan oleh keadaan dehidrasi karena diare atau muntah-muntah. Suhu tubuh yang lebih dari 38oC itu menjadi indikasi perlunya pemberian obat penurun panas (anti pyretica). Apabila panas tidak segera turun, dibutuhkan antibiotik untuk melawan sel penyakit (patogen) yang masuk ke tubuh terlalu kuat.

NexTemp, Termometer Akurat Nan Praktis

Dengan mengontrol suhu tubuh secara teratur, kita bisa mengetahui apakah kenaikan suhu tubuh kita termasuk normal atau abnormal sehingga bisa menentukan tindakan lebih lanjut. Tidak cukup dengan telapak tangan, kita membutuhkan alat ukur suhu tubuh alias termometer yang bisa mengukur secara akurat, aman, sekaligus praktis.

NexTemp adalah termometer oral yang tersedia dalam tipe sekali pakai (single use) dan tipe berulang kali pakai (reuseable). Termometer ini memiliki bintik-bintik hijau sebagai indikator yang akan berubah menjadi hitam jika terkena panas. Produk yang banyak digunakan di rumah sakit-rumah sakit Eropa ini terbukti aman karena bebas dari merkuri, tidak beracun, dan tidak mudah pecah.

Selain digunakan di mulut (bawah lidah), termometer ini juga dapat digunakan di bawah lengan. Setelah kurang lebih 3 menit, segera lihat bintik yang terdapat di termometer. Bintik terakhir yang berubah warna menjadi hitam mengindikasikan temperatur yang sebenarnya. Bacalah tanda itu sesegera mungkin karena bintik tersebut akan segera kembali ke warna semula secara otomatis dalam waktu 30 detik.

Dengan NexTemp, kita bisa mengetahui suhu tubuh sewaktu-waktu. Jika kenaikan suhu tubuh masih dalam ambang normal, tidak perlu kita buru-buru mengkonsumsi obat penurun panas. Kita mungkin hanya membutuhkan cukup istirahat dan minum air putih yang banyak. Beres kan?
INFO KESEHATAN >>  
 
Sebanyak 49,5% usia anak dan praremaja Indonesia diperkirakan mengalami dehidrasi ringan.Waspadai Gejala Dehidrasi pada Anak
Sebanyak 49,5% usia anak dan praremaja Indonesia diperkirakan mengalami dehidrasi ringan.
...Selengkapnya
Rasa pedas ternyata memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.Manfaat Pedas Bagi Tubuh
Rasa pedas ternyata memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.
...Selengkapnya

INFO MEDIS >>  
 
ukan tanpa sebab jika penyakit jantung dijuluki <em>the silent killer.</em>"Angin Duduk", Pembunuh yang Mematikan
ukan tanpa sebab jika penyakit jantung dijuluki the silent killer.
...Selengkapnya
Anak kegemukan diketahui meningkatkan risiko mengidap diabetes,Kegemukan Pengaruhi Performa Anak di Sekolah
Anak kegemukan diketahui meningkatkan risiko mengidap diabetes,
...Selengkapnya

TIPS SEHAT >>
 
Usia masih muda bukan berarti membuat seseorang aman dari serangan asam urat tinggi.Begini Cara Normalkan Asam Urat
Usia masih muda bukan berarti membuat seseorang aman dari serangan asam urat tinggi....Selengkapnya

Memasak sendiri di rumah memang memberi banyak keuntungan disbanding membeli di luar.Ganti Bahan Masakan Agar Lebih Sehat!
Memasak sendiri di rumah memang memberi banyak keuntungan disbanding membeli di luar....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.