>> Artikel Medis

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Dyspepsia

lebah madu dyspepsia perut sakitBeberapa hari lalu, seorang teman mengalami rasa tidak enak di bagian perutnya. Setelah mendatangi dokter, teman tersebut pun mengetahui kalau ia mengalami sindrom dyspepsia. Karena baru kali pertama mendengar istilah itu, maka ia pun mencari tahu mengenai dyspepsia.

Ternyata dyspepsia itu adalah penyakit yang menyerang usus dan mengindikasikan abnormalitas dalam sistem pencernaan. Dyspepsia lebih sering dikenal dengan nama indigestion (gangguan pencernaan).

Pada umumnya, dyspepsia merupakan sekumpulan sindrom yang mengindikasikan suatu masalah di kerongkongan, perut, atau usus duabelas jari. Gejala utamanya adalah rasa sakit atau tidak nyaman di perut bagian atas. Tetapi, ada pula gejala-gejala lain yang menyertai gejala utama tersebut, seperti:
  • heartburn (rasa panas seperti terbakar di dada bagian bawah)
  • kembung
  • sendawa
  • cepat merasa kenyang
  • mual atau muntah
Dyspepsia disebabkan oleh beragam hal yang dapat ditelusuri berdasarkan kategorinya.
  1. Non-ulcer dyspepsia adalah dyspepsia yang tidak diketahui penyebabnya karena - bila diendoskopi - bagian kerongkongan, perut, atau duodenum terlihat normal, tidak menunjukkan borok sama sekali. Diperkirakan 6 dari 10 penderita dyspesia tergolong dalam kategori ini.
  2. Duodenal and stomach (gastric) ulcers yakni dyspesia yang disebabkan oleh borok di usus duabelas jari atau lambung. Jenis ini kerap dinamai peptic ulcer.
  3. Duodenitis and gastritis atau radang di usus duabelas jari dan/atau lambung. Radang tersebut bisa saja ringan atau parah, tergantung boroknya.
  4. Acid reflux, oesophagitis and GORD. Acid reflux terjadi ketika zat asam keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan. Acid reflux bisa menyebabkan esofagitis (radang kerongkongan) atau gastro-oesophageal reflux disease (GORD - acid reflux, dengan atau tanpa esofagitis).
  5. Hiatus hernia atau lambung bagian atas menekan dada bagian bawah melalui bagian diafragma yang bermasalah. Biasanya hiatus hernia hanya menyebabkan GORD.
  6. Infeksi bakteri H. pylori.
  7. Efek samping obat-obatan tertentu, misalnya obat-obatan anti peradangan atau obat-obatan lain (misalnya antibiotik dan steroid).

Bila Anda merasakan sakit yang tidak biasa di bagian perut Anda, segera temui dokter Anda. Sebaiknya jangan mengonsumsi obat secara sembarangan. Bisa jadi Anda mengalami apa yang dialami oleh seorang teman itu: sindrom dyspepsia.

Untuk mempercepat proses penyembuhan maupun pencegahan, HD Dynamic Trio + Enzymeminerals sangat dianjurkan. Alasannya, produk ini sangat berkhasiat membantu memperbaiki sistem pencernaan, membantu mengatasi masalah pencernaan, membantu mendetoksifikasi sistem pencernaan, membantu meningkatkan penyerapan nutrisi secara efektif, membantu memberikan nutrisi yang penting bagi tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

INFO KESEHATAN >>  
 
Sebagian besar orang yang diabetes tidak menyadarinya karena tidak pernah melakukan pemeriksaan.Saatnya Sadar Diabetes
Sebagian besar orang yang diabetes tidak menyadarinya karena tidak pernah melakukan pemeriksaan.
...Selengkapnya
Menyediakan camilan sehat untuk anak-anak pasti menjadi suatu tantangan untuk para kaum ibu.Ajari Anak Suka Camilan Sehat
Menyediakan camilan sehat untuk anak-anak pasti menjadi suatu tantangan untuk para kaum ibu.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
TIPS SEHAT >>
 
Waspadai kemungkinan beras tersebut telah memakai pemutih.Pilih Beras, Jangan Asal Putih!
Waspadai kemungkinan beras tersebut telah memakai pemutih....Selengkapnya

Penelitian terbaru menunjukkan, asap rokok justru meningkatkan risiko kegemukan.Hindari Gemuk dengan Jauhi Asap Rokok
Penelitian terbaru menunjukkan, asap rokok justru meningkatkan risiko kegemukan....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B9, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.