>> Artikel Kesehatan

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Waspadai Gusi Berdarah

Untitled Document

Gusi yang sehat berwarna merah muda dan keras. Bila gusi terlihat meradang, lunak, mudah berdarah, dan warnanya merah tua, ada kemungkinan Anda menderita radang gusi.

Pada umumnya orang baru menyadari ada masalah dengan gusinya ketika mendapati darah saat menyikat gigi. Sayangnya sebagian besar orang menganggap ringan gejala tersebut.

Gusi berdarah sebagian besar disebabkan karena penumpukan plak di sekitar gusi. Pemicu utamanya adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi sehingga bakteri menumpuk dan terjadi plak.

Tumpukan bakteri tersebut akan mengeluarkan racun-racun yang akan menyebabkan efek peradangan, gusi berwarna kemerahan, dan mudah berdarah. Kerusakannya bukan hanya pada gusi tetapi juga jaringan penyangga gigi sehingga akhirnya menyebabkan gigi tanggal.

Peradangan gusi (gingivitis) bisa diderita orang berbagai usia, termasuk ibu hamil dan anak-anak. Tapi pada anak tidak separah pada orang dewasa. Di Indonesia, penyakit radang gusi bersama dengan penyakit gigi berlubang diderita hampir 80 persen penduduk.

Gingivitis adalah penyakit kronik yang berarti perjalanan penyakit lama. Kondisi tersebut bisa dicegah dengan melakukan perawatan gigi yang benar dan rutin ke dokter gigi untuk mencegah plak. Jangan abaikan gusi berdarah.

Selain malas membersihkan gigi, mereka yang beresiko tinggi menderita gingivitis adalah pasien diabetes dan para perokok. Merokok akan mengubah komposisi bakteri di mulut. Selain itu merokok memengaruhi respon imun tubuh sehingga membuat kerusakan gigi terjadi lebih cepat.

INFO MEDIS >>  
 
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.Mau sehat? Hindari Nonton TV Berlebihan
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.
...Selengkapnya
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.Kondisi Tubuh Saat Lapar dan Kenyang
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
TIPS SEHAT >>
 
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif.Jinakkan Gigi Sensitif Saat Puasa
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif....Selengkapnya

Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas.Tips Rawat Luka Bernanah
Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.