>> Artikel Kesehatan

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Tentang Rambut


Perhatikan semua bagian kulit Anda. Rambut tumbuh hampir di semua bagian, kecuali telapak tangan dan kaki, kelopak mata, serta bibir.

Mungkin, ada di antara kita yang diam-diam tidak suka dengan rambut yang tumbuh di tubuh kita ini. Walaupun demikian, kita tidak dianjurkan untuk membabat habis rambut-rambut kita, karena fungsi rambut bukan untuk kecantikan belaka.

Rambut di kepala membuat kita tetap merasa hangat. Rambut (terkadang kita sebut bulu) di hidung, kuping, dan sekitar mata melindungi organ-organ tersebut dari debu dan partikel-partikel lainnya. Alis dan bulu mata melindungi mata dengan cara mengurangi cahaya dan partikel yang mungkin menerpa organ penglihatan tersebut. Demikian juga dengan rambut-rambut halus yang ada di tubuh yang menyediakan kehangatan dan perlindungan bagi kulit. Rambut juga menjadi bantalan yang melindungi tubuh dari luka.

lebah madu royal sampo shampoo anatomi rambut sehat bersih tips

  • Hair shaft atau batang rambut adalah bagian rambut yang keluar dari dan berada di atas permukaan kulit.
  • Arrector pili muscle atau otot arektor pili adalah otot kecil yang menempel di folikel rambut.
  • Sebaceous gland atau kelenjar minyak adalah kelenjar mikroskopis yang berfungsi mengeluarkan sebum (minyak) dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap kuman.
  • Hair follicle atau folikel rambut adalah kantung kecil tempat akar satu helai rambut berada.
  • Hair bulb atau bulbus rambut adalah bagian akar yang menggelembung dan mengandung sel-sel aktif yang membentuk rambut.
  • Hair papilla atau papila rambut adalah bagian yang berada di folikel paling bawah dan bertugas menerima nutrisi dari folikel. Di sinilah tempat rambut sesungguhnya bertumbuh. Ketika sel-sel bertambah dan memproduksi keratin untuk mengeraskan strukturnya, sel-sel itu didorong ke luar folikel dan kemudian muncul di permukaan kulit sebagai batang rambut.

Setiap helai rambut memiliki tiga lapisan, yaitu medula di bagian lembut di tengah, korteks yang melingkari medula dan merupakan bagian utama rambut, serta kutikula yaitu bagian luar yang keras dan bertugas melindungi batang rambut.


Pertumbuhan Rambut
Proses pertumbuhan rambut dimulai dengan pembentukan sel-sel baru di bagian akar rambut. Sel-sel tersebut kemudian membentuk batang yang kemudian tumbuh ke luar kulit. Saat tumbuh ke luar, sel-sel itu berhenti menyerap nutrisi dan mulai menghasilkan keratin (sejenis protein). Proses ini dinamai keratinisasi. Saat keratinisasi, sel-sel rambut pun mati. Bersama keratin, sel-sel mati itu kemudian membentuk batang rambut.

Sebenarnya, rambut tumbuh lebih cepat di cuaca panas dibanding di cuaca dingin, tumbuh lebih lambat di malam hari daripada siang hari.

Setiap helai rambut tumbuh sepanjang 6 milimeter dalam satu bulan dan akan tetap bertumbuh hingga 6 tahun. Lalu rambut akan rontok dengan sendirinya dan kemudian digantikan oleh rambut baru.

Panjang rambut seseorang tergantung pada fase pertumbuhan folikelnya. Folikel biasanya aktif sekitar 2 hingga 6 tahun, lalu kemudian beristirahat selama 3 bulan. Bila folikel tidak lagi aktif dan tidak memproduksi rambut baru, maka kebotakan akan terjadi.


lebah madu royal sampo shampoo anatomi rambut sehat bersih tipsRambut Setiap Orang Berbeda
Setiap orang memiliki ketebalan rambut yang berbeda. Rambut yang tebal berasal dari folikel yang besar, sedangkan rambut yang tipis memiliki folikel yang kecil.

Tekstur rambut seseorang, entah lurus, ikal, atau keriting, ditentukan oleh bentuk lubang folikel di permukaan kulit dan penyebaran keratin.

Warna asli rambut tiap orang juga berbeda karena tergantung pada jumlah dan penyebaran melanin di korteks. Rambut pirang atau merah mengindikasikan jumlah melanin yang sangat sedikit di rambutnya. Rambut juga mengandung pigmen kuning-merah. Rambut menjadi abu-abu di usia tua karena pigmen tidak lagi terbentuk.

Kesehatan Rambut
Untuk menjaga kesehatan rambut, kita dianjurkan untuk:

  • Menghindari sampo yang memiliki kandungan kimia yang tidak jelas.
  • Menghindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas.
  • Berhenti, atau setidaknya kurangi, penggunaan pengering rambut. Usahakan agar selalu mengeringkan rambut secara alami dengan menggunakan handuk dan mengangin-anginkannya di udara terbuka. Saat mengeringkan, gosokkan handuk Anda dengan lembut.
  • Menyisir rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
  • Mengurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut, dan spray rambut.
  • Melindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung, misalnya dengan menggunakan topi atau scarf.
  • Menghindari ikatan yang kencang pada rambut Anda. Pun, hentikan kebiasaan menarik-narik rambut tanpa alasan yang jelas.
  • Saat memotong rambut ke salon atau tukang cukur, pastikan mereka menggunakan gunting yang tajam. Gunting yang kurang tajam hanya akan berefek negatif pada akar rambut dan merusak struktur rambut Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung protein dan zat besi. Bila Anda sedang mengikuti program pengurangan berat badan, perhatikan kandungan nutrisi diet Anda. Kurangi konsumsi kafein dan hentikan kebiasaan merokok. Keduanya memang terbukti tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  • Menjauhi obat obatan yang berpotensi menganggu pertumbuhan rambut Anda.
    Rajin berolah raga karena olah raga yang teratur akan memperlancar peredaran darah, termasuk peredaran darah ke kulit kepala yang dapat menutrisi akar rambut dan memperlancar pertumbuhan rambut. Beristirahat dengan cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
  • Menghindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang berpotensi mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda.


Produk HDI untuk Rambut Sehat

lebah madu royal sampo shampoo anatomi rambut sehat bersih tipsUntuk membersihkan dan menyehatkan rambut Anda, Anda dapat menggunakan HDI Royale Shampoo. Produk ini mengandung bee propolis, teh hijau, dan multivitamin yang terbukti berguna bagi kesehatan dan keindahan rambut.

HDI Royale Shampoo bermanfaat untuk:

  • Membersihkan rambut secara efektif dan mengangkat kotoran atau sisa-sisa produk kosmetika rambut.
  • Meredakan gatal dan iritasi di kulit kepala.
  • Mencegah infeksi di kulit kepala.
  • Memperbaiki, menguatkan, meremajakan, menyehatkan, dan menutrisi rambut sehingga menjadikannya halus, indah, bersinar, dan mengembang alami.

Bila Anda bermasalah dengan kerontokan berlebihan, Anda dapat menggunakan rangkaian produk HDI Opti-Hair. Kerontokan dibahas secara spesifik di artikel berjudul Mengurangi Helaian Rambut Rontok.


INFO MEDIS >>  
 
Tulang rawan ini memiliki permukaan yang licin sehingga memuluskan gerakan tulang dalam persendian.Gaya Hidup Pengundang Osteoartritis
Tulang rawan ini memiliki permukaan yang licin sehingga memuluskan gerakan tulang dalam persendian.
...Selengkapnya
Gangguan bipolar merupakan salah satu jenis gangguan mental yang cukup banyak dialami.Bipolar pada Wanita Lebih Sulit Didiagnosis
Gangguan bipolar merupakan salah satu jenis gangguan mental yang cukup banyak dialami.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
TIPS SEHAT >>
 
erlari tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan memperbaiki metabolisme tubuh.Berikut Alasan Anda Harus Berlari
erlari tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan memperbaiki metabolisme tubuh....Selengkapnya

Setiap orang mungkin pernah merasakan panik yang dipicu oleh hal yang berbeda-beda.Begini Caranya Kelola Panik
Setiap orang mungkin pernah merasakan panik yang dipicu oleh hal yang berbeda-beda....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.