>> Artikel Kesehatan

Tetap sehat bersama Produk High-Desert

Bookmark and Share
Kenali Perkembangan Anak Anda

Secara statistik sekitar 3 persen balita tidak bisa mencapai perkembangan motoriknya tepat waktu. Tapi dari angka itu hanya sekitar 15-20 persen anak saja yang perkembangannya abnormal, selebihnya masih bisa berkembang normal meski sedikit lebih lambat.

Keterlambatan perkembangan motorik terjadi ketika anak tidak bisa mencapai satu atau lebih tonggak perkembangannya. Perkembangan motorik ini mencakup kemampuan berbicara dan berbahasa, keterampilan motorik halus atau kasarnya seperti jalan atau merangkak, keterampilan pribadi dan sosialnya seperti kemampuannya berinteraksi.

Beberapa tanda anak mengalami keterlambatan motorik adalah:

• Anak belum bisa berguling hingga usia 6 bulan

• Belum bisa duduk sendiri tanpa dibantu hingga berusia 8 bulan

• Belum bisa merangkak hingga usia 12 bulan

• Belum bisa berjalan hingga usia 15 bulan.

Jika anak mengalami banyak keterlambatan di semua bidang perkembangan penyebab antara lain:

• Encephalopathy (gangguan sebelum atau mendekati kelahiran) statis termasuk kelahiran prematur

• Kelainan otak

• Kelainan kromosom

• Infeksi.

• Encephalopathy progresif termasuk penyakit metabolik, sindrom neurocutaneous , sindrom Rett dan hydrocephalus .

Selain faktor kelainan di dalam tubuh si anak, keterlambatan perkembangan motorik anak juga bisa disebabkan oleh sedikitnya rangsangan yang diterima si kecil baik oleh pengasuh, orangtua atau melalui mainannya. Saat masih bayi, ia memiliki sedikit kesempatan untuk bergerak atau mengeksplorasi tubuhnya sehingga tidak belajar bagaimana caranya bergerak dengan baik.

Misalnya ia memiliki sedikit kesempatan untuk bermain dengan mainannya, jarang terlibat dengan anak-anak lainnya saat sedang bermain, tidak terlalu sering diajak berkomunikasi, serta tidak mendapatkan atau jarang diajak bermain secara sosial dan verbal dengan orang dewasa. Pola asuh dari orangtua juga berpengaruh. Orangtua yang sangat berhati-hati atau protektif bisa berkontribusi terhadap keterlambatan motorik anak, seperti tidak membiarkan anak bergerak dengan bebas atau terlalu sering menggendong anaknya terutama pada bayi yang sudah berusia 8 bulan. Kondisi ini akan membuat anak menjadi terlambat merangkak atau berjalan serta jika ia terjatuh akan takut untuk mencobanya lagi. Karenanya orangtua harus membiarkan anaknya untuk bergerak bebas serta tidak terlalu sering menggendong, sebatas tidak membahayakan si anak.

Tidak ada atau kurangnya pengalaman yang dialami si kecil bisa menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik baik yang ringan maupun yang signifikan. Jika keterlambatan motorik ini tidak segera diatasi, cenderung akan diikuti oleh keterlambatan motorik visual, motorik halus atau komunikasi. Namun jika penyebab keterlambatannya akibat kondisi penyakittertentu, maka orangtua sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa di deteksi secara dini sehingga dapat dilakukan terapi untuk mengatasinya.

Lindungi Masa Depan dengan Produk-produk HDI

Sangatlah penting untuk memberikan perhatian pada perkembangan anak di masa pertumbuhannya. Memang tidak diragukan bahwa keturunan genetik mempengaruhi kecerdasan anak. Tetapi perkembangan otak pada masa pertumbuhan juga ikut berperan dalam menentukan tingkat kecerdasan anak. Faktor lingkungan dan pengalaman anak memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan otak dan tingkat kecerdasannya.

HHDI Honeybee PollenS adalah bee pollen yang telah diformulasikan secara khusus untuk anak-anak. Seperti HDI Pollenergy 520, HDI Honeybee PollenS juga mengandung nutrisi penting untuk membantu perkembangan anak, serta dapat meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak. Untuk pertahanan tubuhnya percayakan pada HDI Clover Honey.

Manfaat dari HDI Honeybee PollenS

Membantu perkembangan otak dan tubuh anak: mengandung asam glutamat yang berfungsi untuk membawa mineral kalium ke otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi.

Membantu meningkatkan kecerdasan: Bee pollen telah terbukti dapat meningkatkan jumlah sel darah merah yang sehat dan hal ini menyebabkan konsentrasi meningkat hingga 25%.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Kaya akan nutrisi seperti protein, asam amino, mineral dan vitamin.

Agar optimal kombinasikan dengan mengonsumsi HDI Clover Honey. Produk ini merupakan madu asli yang berasal dari bunga clover, yang mana dinyatakan sebagai madu terbaik oleh peternak lebah di seluruh dunia. Lebah pengumpul menghisap nektar bunga dan kemudian menyimpannya di dalam kantung madu yang ada pada sarang lebah, sebagai makanan mereka. Madu kaya akan kandungan enzim, vitamin, dan mineralnya, menjadikannya sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh kita.

HDI Clover Honey juga dapat berperan sebagai sumber energi yang baik karena mengandung fruktosa dan glukosa di dalam madu yang sangat mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. Ia juga merupakan pengganti gula yang aman karena pengaruh terhadap kenaikan jumlah gula dalam darah relatif lebih rendah dibandingkan dengan gula biasa. HDI Clover Honey selain rasanya enak dan teksturnya lembut, juga mengandung royal jelly (warna putih pada permukaan) dan bee pollen (berbentuk butiran kecil) yang menjadikannya kaya akan nutrisi. Sehingga membuat orang tua tidak perlu khawatir anak-anak tidak menyukai produk unggulan HDI ini.

“Bee Pollen telah lama berhasil meningkatkan tingkat kecerdasan anak (I.Q), membantu perkembangan otak anak yang terbelakang, meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan untuk belajar dan bekerja.” Mme Aschenasy Leru, Ketua Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis di Paris.

INFO MEDIS >>  
 
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.Mau sehat? Hindari Nonton TV Berlebihan
Terlalu sering nonton TV memang diketahui merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.
...Selengkapnya
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.Kondisi Tubuh Saat Lapar dan Kenyang
Lapar tentu sudah menjadi respons yang kerap terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
...Selengkapnya

INFO PRODUK >>  
 
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.Tetap Langsing Pascalebaran
Lebaran selalu dimeriahkan dengan aneka makanan nikmat.

...Selengkapnya
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.Gali Bakat Anak Sejak Dini
Bakat anak perlu kita perlajari sejak kecil.

...Selengkapnya
TIPS SEHAT >>
 
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif.Jinakkan Gigi Sensitif Saat Puasa
Menu berbuka puasa yang seringkali berupa minuman dan makanan manis, dingin atau hangat memang sangat berpotensi memicu rasa ngilu pada gigi sensitif....Selengkapnya

Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas.Tips Rawat Luka Bernanah
Luka hingga bernanah biasanya sangat mengganggu aktivitas....Selengkapnya
 

ARSIP ARTIKEL >>
 
Copyright © 2014 by PT Harmoni Dinamik Indonesia. Red Top Square #B7-8, Jl. Pecenongan Raya No.72, Jakarta 10120.