Fakta dan Manfaat Propolis yang Perlu Anda Ketahui

Lebah memang dikenal sebagai penghasil madu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hewan yang dikenal hidup berkoloni ini ternyata menghasilkan 'produk' lain selain madu yang juga bermanfaat bagi kesehatan. 'Produk' berupa zat yang kini populer dan banyak digunakan sebagai bahan untuk obat.

 

Zat yang dimaksud adalah propolis. Propolis adalah zat resin atau zat lengket (getah) yang dihasilkan secara alami melalui air liur lebah, lilin lebah dan bahan lain yang bersumber dari tanaman yang dibawa lebah. Zat yang satu ini digunakan koloni lebah untuk mempertahankan sarang dan lingkungan mereka dari ancaman luar semisal mikroba dan radikal bebas.

 

BACA JUGA: Madu Punya Manfaat Sedahsyat Ini?!

 

Kandungan dan Manfaat Propolis

 

manfaat propolis

Sumber Gambar: Vondi's

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, propolis yang juga dikenal dengan sebutan lem lebah ini ternyata memiliki kandungan-kandungan baik di dalamnya. Sejatinya, kandungan yang ada dalam propolis akan bergantung pada lokasi lebah dan jenis pohon atau bunga yang dihisap sebagai bahan dasarnya.

 

Meski begitu, secara umum para peneliti telah membuktikan bahwa dari setidaknya 300 senyawa yang terkandung dalam propolis, mayoritas adalah lilin, resin, balsam, minyak aromatik, serbuk sari dan antioksidan lainnya dalam bentuk polifenol (paling dominan). Lalu apa saja manfaat dari kandungan-kandungan propolis tersebut?

 

Berikut beberapa contohnya:

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Manfaat propolis yang pertama adalah sebagai stimulus yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan yang ada ditambah dengan sifat anti bakteri, anti jamur, antivirus dan anti radang propolis dapat membantu memberikan perlindungan bagi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

 

Menurunkan Kolesterol

 

Mengonsumsi propolis ternyata sangatlah baik untuk Anda yang memiliki kolesterol tergolong tinggi. Propolis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL yang ada dalam tubuh. Ditambah lagi, kandungannya juga sekaligus mampu menurunkan tekanan darah yang sedikit banyak bersinggungan dengan kolesterol.

 

Sumber Antioksidan

 

Manfaat yang ketiga adalah sebagai sumber antioksidan bagi tubuh. Beragam kandungan yang ada pada propolis seperti yang sudah disebutkan di atas menjadikannya sumber antioksidan yang baik jika dikonsumsi secara rutin oleh tubuh. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan berisiko menimbulkan berbagai penyakit.

 

Selain tiga di atas, masih banyak manfaat positif lain dari propolis. Bicara soal propolis, kata "propolis" sejatinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, khususnya para Enterpriser HDI. Pasalnya, HDI memiliki salah satu produk unggulan yakni HDI OriginsTM Bee Propolis. Tidak hanya memiliki manfaat alami propolis, produk yang satu ini TIDAK memiliki efek samping negatif yakni membuat bakteri kebal sekaligus melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

Referensi:

Group, Edward. (2014). Global Healing Center. What Is Bee Propilis? Great Uses.

Tulis Komentar

(*) Harus diisi

  • Banner Terupdate FB